Penyebab Tangan Berkeringat dan Cara Mengatasinya - INIRUMAHPINTAR.com

Penyebab Tangan Berkeringat dan Cara Mengatasinya

INIRUMAHPINTAR.COM - Banyak yang bertanya apa sih Penyebab Tangan Berkeringat dan Bagaimana Cara Mengatasinya? Tangan berkeringat yang berlebihan bisa sangat parah, mempengaruhi kehidupan sehari-hari pasien baik secara fungsional dan sosial. Kegiatan sehari-hari, seperti menggunakan komputer, alat musik, dan bahkan mengemudi dapat menjadi tugas yang sulit karena keringat tangan yang berlebihan.

Telapak Tangan yang berkeringat dikenal secara medis sebagai hiperhidrosis palmar. Telapak tangan berkeringat adalah bentuk hiperhidrosis yang paling umum bagi mereka yang menderita keringat berlebih. Telapak tangan berkeringat adalah kondisi medis klinis yang mempengaruhi pasien dalam kehidupan sehari-hari mereka dengan kegiatan sosial dan fungsional. Kondisi ini memengaruhi 1-2% populasi dunia.

Seiring waktu, kondisi ini dapat berdampak besar dan negatif terhadap kehidupan masyarakat. Selain mengganggu aktivitas yang berkaitan dengan diri sendiri, tangan berkeringat juga mengurangi kepercayaan diri untuk berinteraksi dengan orang lain, misalnya berjabat tangan.

Keringat tangan yang berlebihan bisa menjadi masalah serius, baik dalam pengaturan sosial, dan kegiatan fungsional sehari-hari. Ketika sedang menulis di kertas, mengemudi, menggunakan komputer, atau membuat tanda tangan misalnya, ketika tangan berkeringat, susahnya minta ampun. Ini hanyalah beberapa contoh bagaimana hiperhidrosis palmar dapat mempengaruhi seseorang.

Anda mungkin bertanya apa yang harus saya lakukan ketika terkena masalah kesehatan ini? langkah pertama yaitu diskusikan terlebih dahulu dengan dokter Anda, dan kemudian pertama-tama mencoba langkah-langkah perawatan hiperhidrosis konservatif yang tersedia. Jika langkah-langkah tersebut tidak memberikan bantuan yang memuaskan, maka silahkan pertimbangkan pilihan perawatan bedah hiperhidrosis.

Kabar baiknya, adalah bahwa ada solusi bedah rawat jalan yang terbukti bisa mengatasi telapak tangan berkeringat. Pasien dapat kembali ke rumah pada hari yang sama dan melanjutkan aktivitas normal dalam waktu singkat.

Di bawah ini Anda akan menemukan informasi lebih lanjut tentang kondisi dan solusi bedah tersebut.

Penyebab Telapak Tangan Berkeringat

Sekitar 50% atau lebih dari pasien dengan telapak tangan berkeringat adalah turunan atau pengaruh genetik. Telapak tangan yang berkeringat biasanya mulai muncul di awal masa kanak-kanak, dan bisa menjadi lebih parah menjelang akhir masa remaja. Dalam beberapa kasus langka, hiperhidrosis dimulai, setelah cedera fisik yang pasti, baik di dalam rongga dada atau dalam beberapa kasus karena tersengat listrik.

Istilah lain tentang tangan berkeringat adalah aktivitas hypersympathetic, yakni istilah tentang keringat berlebih yang disebabkan oleh aktivitas yang meningkat dalam rantai simpatik. Rantai simpatis adalah bagian dari sistem saraf otonom, yang terletak di dalam rongga dada. Ini tidak ada hubungannya dengan fungsi motorik atau sensorik, yang merupakan bagian dari sistem saraf sukarela.

Dalam sub-kelompok pasien yang lebih kecil, keringat tangan yang berlebihan dikaitkan dengan serangan panik, yang dapat dikaitkan dengan ketakutan mereka terhadap situasi sosial yang sederhana.

Kasus semacam ini jarang terjadi tetapi menunjukkan kemungkinan langka lainnya sebagai penyebab hiperhidrosis.

Gejala Telapak Tangan Berkeringat

Gejala yang agak salah paham dalam hiperhidrosis palmar, adalah fakta bahwa berkeringat pada hiperhidrosis palmar terbatas dari pergelangan tangan, ke jari. Penyakit lain yang menyebabkan berkeringat tidak akan terbatas hanya pada segmen tubuh itu. Penyakit lain yang dapat menyebabkan keringat, seperti diabetes, kanker, dan situasi demam yang akan menyebabkan keringat tubuh secara keseluruhan.

Perbedaan yang sangat halus ini tidak selalu dapat didiagnosa dengan tepat oleh dokter. Tidak sedikit yang justru sering mencari alasan lain untuk jenis keringat yang sangat spesifik ini, sehingga banyak waktu dan uang terbuang sia-sia karena kehilangan penyebab sebenarnya.

Cara Jitu Mengatasi Tangan Berkeringat

Sejak tahun 1990-an, kemajuan penting telah dibuat, dan banyak operasi sekarang dilakukan dengan bantuan kamera miniatur (Bedah Endoskopi). Dalam operasi ini, masuk ke dalam rongga tubuh, seperti perut atau dada, dilakukan melalui sayatan miniatur yang menghasilkan kerusakan bedah minimal dan memungkinkan pemulihan cepat.

Hari ini, simpatektomi dilakukan secara endoskopi. Satu atau dua sayatan kecil dibuat di setiap sisi rongga dada melalui kamera serat optik dan instrumen lainnya dimasukkan. Rantai simpatis kemudian direseksi, dikoagulasi, atau dijepit. 

Telapak tangan yang berkeringat sembuh di lebih dari 98-99% kasus. Kenapa tidak 100%? Ada beberapa kasus langka di mana kelainan anatomi dapat ditemukan, mencegah kemampuan ahli bedah untuk menyelesaikan operasi dengan aman. Juga, dalam beberapa kasus yang jarang, jaringan parut yang parah dari infeksi yang sebelumnya tidak dikenal di dalam rongga dada dapat mencegah ahli bedah menyelesaikan operasi dengan aman.

Tingkat keberhasilan dengan semua metode untuk perawatan tangan berkeringat adalah sekitar 98%.

Operasi saat ini dilakukan secara rawat jalan (pasien kembali ke rumah pada hari yang sama), mencapai hasil yang sama dengan operasi terbuka di masa lalu. Prosedur hari ini dapat dilakukan tanpa lama tinggal di rumah sakit, sakit parah, dan mengganggu jaringan parut secara berlebihan.

Namun tugas sederhana, seperti membuka kenop dapat menjadi sulit. Hubungan pribadi juga dapat terpengaruh secara negatif. (Lihat Testimonial Hyperhidrosis)

Seperti itulah penjelasan tentang Penyebab Tangan Berkeringat dan Cara Mengatasinya. Semoga bermanfaat!

No comments:

Post a Comment

Terimakasih atas kepatuhannya melakukan komentar yang sopan, tidak menyinggung S4R4 dan p0rnografi, serta tidak mengandung link aktif, sp4m, iklan n4rk0ba, senj4t4 ap1, promosi produk, dan hal-hal lainnya yang tidak terkait dengan postingan. Jika ada pelanggaran, maaf jika kami melakukan penghapusan sepihak. Terimakasih dan Salam blogger!