5 Manfaat Mewah Penghematan Energi bagi Kehidupan - INIRUMAHPINTAR.com

5 Manfaat Mewah Penghematan Energi bagi Kehidupan

INIRUMAHPINTAR.COM - Apa saja manfaat mewah penghematan energi bagi Kehidupan? Sebelum membahasnya lebih jauh, mari kita pahami dulu apa pengertian energi itu sebenarnya. Ternyata, energi adalah sumber daya yang jumlahnya terbatas. Artinya, energi tidak dapat diperbaharui sehingga jika jumlahnya telah habis, butuh waktu berjuta-juta tahun untuk memproduksinya kembali.

Contoh energi di sekitar kita meliputi bahan bakar minyak, seperti bensin, solar, minyak tanah, gas alam, aspal, dan kebanyakan barang-barang tambang lainnya.

Coba bayangkan jika di dunia ini tidak ada lagi bahan bakar minyak. Pasti semua kendaraan bermotor tidak akan bisa lagi beroperasi. Dan jika manusia pada masa itu belum juga mandiri dengan kendaraan berbahan bakar listrik atau bahan bakar nabati, maka manusia mungkin saja kembali menggunakan tenaga hewan seperti kuda, unta, gajah, atau sapi sebagai alat transportasi.

Menyadari bahwa jumlah energi yang akan habis, umat manusia seharusnya mengubah pola hidup dan cara berpikirnya saat ini. Energi perlu kita hemat sebaik-baiknya, baik dalam skala kecil misalnya di lingkungan rumah, maupun dalam skala besar misalnya dalam suatu negara.

Inilah 5 Manfaat Mewah Penghematan Energi bagi Kehidupan yang saya maksud:

1. Mengurangi Dampak Lingkungan

Beberapa metode pembangkit energi menghasilkan sejumlah besar bahan bakar fosil. Semakin sedikit yang kita gunakan, semakin sedikit yang kita butuhkan untuk menghasilkan. Artinya lebih sedikit menimbulkan kerusakan pada planet ini. Polusi yang dikeluarkan dari pembangkit listrik berkontribusi terhadap perubahan iklim. Jadi jangan heran, saat ini musim hujan dan panas menjadi tidak menentu. Akibatnya, banjir dan kekeringan di suatu wilayah semakin sulit diprediksi. Ditambah lagi dengan radiasi yang bisa ditimbulkan misalnya pada pembangkit listrik tenaga batubara.
5 Manfaat Mewah Penghematan Energi bagi Kehidupan
Masalah lainnya yaitu pada sumber energi yang tidak terbarukan misalnya penggunaan air dalam proses pembangkitan. Pada saat kekeringan, pembangkit tersebut tidak dapat difungsikan dengan baik. Akibatnya, stok pasokan listrik akan berkurang sehingga pemerintah biasanya melakukan pemadaman bergilir. Jadi, jauh-jauh hari sebelum itu terjadi sebaiknya kita menghemat menggunakan listrik, terutama pada malam hari. Matikan lampu yang tidak perlu.

2. Mengurangi Tagihan Bulanan

Memiliki sisa uang di akhir bulan merupakan keuntungan nyata mengurangi penggunaan energi di lingkungan rumah tangga. Tabungan dapat bertambah dengan cepat dari tindakan sederhana seperti memasang lampu LED dan membuat jadwal pemadaman pada ruangan tertentu di malam hari, terutama ketika tidak ada lagi aktivitas di dalamnya.

Selain itu, memaksimalkan kontrol dan sirkulasi udara di dalam rumah misalnya memanfaatkan sistem buka tutup jendela dapat menghemat lebih banyak uang. Hal itu dikarenakan kita tidak lagi bergantung pada perusahaan energi sepenuhnya. Dengan kata lain, penggunaan kipas angin, AC, atau mesin penghangat ruangan dikurangi, sehingga tagihan pun berkurang.

Lagipula harga energi (listrik, gas dan air) tidak stabil dan bisa naik kapan saja. Dan Karena ktia tidak memiliki kendali atas hal ini, penting untuk tetap mengendalikan tagihan energi sebanyak yang kita bisa yakni dengan mengurangi jumlah gas dan listrik yang digunakan dalam lingkungan rumah tangga.

3. Meningkatkan Perekonomian Negara

Jika semua masyarakat di sebuah negara menghemat energi di rumah dan di kantor, maka beban negara untuk memasok energi dapat berkurang. Dengan demikian, negara dapat memaksimalkan cadangan pasokan energinya.

Hasilnya, efisiensi penggunaan energi ini berhasil meningkatkan perekonomian dalam skala besar. Dengan kata lain, negara tidak perlu menyediakan energi yang banyak dan memaksimalkan penggunaan dana untuk pembangunan sektor-sektor fungsional lainnya.

Contoh terkecil, negara tidak perlu meningkatkan subsidi BBM kepada rakyatnya. Coba bayangkan berapa banyak dana segar yang dapat dihemat oleh pemerintah. Dan jika dimanfaatkan dengan baik ke sektor lain, negara dan masyarakat dapat menikmatinya bersama.

4. Meningkatkan Lapangan Kerja

Adanya upaya penghematan energi secara bersama, memotivasi para produsen produk-produk hemat energi untuk memperbesar jumlah produksi. Misalnya, perusahaan lampu LED. Dengan demikian, jumlah pekerja yang dibutuhkan pun semakin besar. Artinya, kesempatan kerja di negara tersebut meningkat. Hasilnya, jumlah pengangguran dapat ditekan dan stabilitas nasional pun semakin terjaga.

5. Meningkatkan Kemandirian Bangsa

Bangsa yang berhasil meyakinkan masyarakatnya untuk hemat energi berpeluang besar menjadi negara mandiri. Dalam hal ini, negara tersebut tidak perlu lagi mengekspor lebih banyak bahan bakar minyak untuk mendukung kinergi pembangkit-pembangkit listrik yang ada. Di samping itu, negara tersebut memiliki kesempatan untuk mengembangkan produk-produk hemat energi, misalnya mobil listrik atau mobil berbahan bakar minyak nabati. Dan yang tak kalah pentingnya, negara tersebut lebih mandiri untuk menjamin kebutuhan energi para generasi-generasinya yang akan datang.

Penutup dan Kesimpulan

Setelah kita membaca artikel di atas, moga-moga kita semakin menyadari betapa pentingnya untuk menghemat energi karena ternyata ada banyak manfaat di dalamnya. :)

No comments:

Post a Comment

Terimakasih atas kepatuhannya melakukan komentar yang sopan, tidak menyinggung S4R4 dan p0rnografi, serta tidak mengandung link aktif, sp4m, iklan n4rk0ba, senj4t4 ap1, promosi produk, dan hal-hal lainnya yang tidak terkait dengan postingan. Jika ada pelanggaran, maaf jika kami melakukan penghapusan sepihak. Terimakasih dan Salam blogger!