Fakta Unik Madu dan 26 Jenis Madu Terbaik di Dunia - INIRUMAHPINTAR.com

Fakta Unik Madu dan 26 Jenis Madu Terbaik di Dunia

INIRUMAHPINTAR.COM - Inilah Fakta Unik Madu dan 26 Jenis Madu Terbaik di Dunia yang Jarang Diketahui Orang - Madu selalu menjadi salah satu suplemen kesehatan alami yang paling banyak dicari. Tidak hanya memiliki rasa yang enak tetapi juga memberikan nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Selain itu, madu menjadi sumber gula alternatif yang alami. Madu juga memberi dorongan energi yang sangat dibutuhkan pada tubuh. Madu berasal kata Ibrani yang berarti mempesona dan memang memiliki banyak sifat menakjubkan yang membuat orang-orang mempesona di seluruh dunia.

Apa saja fakta unik tentang madu yang jarang diketahui orang?

Fakta-Fakta Unik tentang Madu

1. Madu adalah satu-satunya makanan yang diciptakan oleh serangga.

Madu adalah satu-satunya makanan yang diciptakan oleh serangga. Madu tidak hanya memiliki nilai pengobatan dan gizi yang hebat, tetapi juga memiliki nilai kosmetik yang besar. Lebah harus bekerja sangat keras untuk menghasilkan sedikit madu. Lebah pekerja dikatakan bekerja sepanjang waktu. Untuk menghasilkan satu pon madu, koloni lebah harus mengumpulkan nektar dari sekitar dua juta bunga dan terbang di atas 55.000 mil. 

Secara total, sarang lebah bisa menghasilkan sekitar 100 pon madu dalam setahun. Menurut para ilmuwan, lebah madu tidak bisa tidur atau beristirahat sama sekali. Mereka berkomunikasi satu sama lain dengan menari dan melepaskan feromon setiap saat.

2. Madu tidak merusak

Madu memiliki masa simpan yang kekal. Karena itu, madu disebut makanan yang tidak manja karena bisa dikonsumsi lama setelah tanggal kadaluarsa yang disebutkan. Senyawa kimia madu memungkinkannya terbebas dari bakteri dan karenanya seseorang dapat menikmati kapan pun mereka mau. 

Sambil mengumpulkan madu, lebah menarik kelebihan kelembaban dari nektar dengan mengepakkan sayapnya dengan sangat keras dan membantu menarik air berlebih. Dengan demikian, kekurangan air meningkatkan umur panjang madu pada umumnya. Lebah juga memiliki enzim yang ada di perut mereka yang mampu memecah nektar menjadi asam glukonat dan hidrogen peroksida, yang mencegah pertumbuhan organisme.

3. Madu alami memiliki rasa dan warna yang berbeda

Madu mentah dan alami datang dalam berbagai warna dan rasa. Kedalaman, tekstur dan warna madu ditentukan oleh sumber nektar. Jika madu telah diekstraksi dari pepohonan dan bunga berbayu, maka rasanya sangat berbeda dari buahnya. Madu alami dikatakan sangat lembut. Begitupun soba madu sangat kuat dan ampuh sehingga banyak digunakan untuk keperluan pengobatan. 

Untuk madu organik, sarangnya dijauhkan dari pestisida dan tempat lebah mengekstrak madu bersih dari kandungan kimiawi. Lebah dikatakan memiliki lebih dari 100 odorant reseptor yang membuatnya lebih mudah bagi mereka untuk membedakan antara bunga yang berbeda.
Fakta Unik Madu dan 26 Jenis Madu Terbaik di Dunia

Jenis-Jenis Madu


1. Akasia

Akasia dikenal sebagai salah satu varietas madu terbaik di dunia. Sebagian besar berasal dari pohon belalang hitam, yang merupakan penduduk asli Eropa dan Amerika Utara. Ini berwarna kuning pucat dan memiliki cita rasa ringan yang menjadikannya pilihan yang baik untuk memasak. Akasia memiliki kandungan sukrosa yang sangat rendah dan kadar fruktosa tinggi dan dikatakan baik untuk penderita diabetes. Hal ini juga dikenal dengan sifat penyembuhannya karena membersihkan hati dan usus dan membersihkan sistem pernapasan.

2. Alfalfa

Alfalfa madu diekstrak dari bunga biru tanaman Sativa yang banyak ditemukan di AS. Warna kuning terang dengan cita rasa ringan dan memiliki berbagai manfaat kesehatan di bawah ikat pinggangnya. Ini memiliki berbagai aset probiotik, anti bakteri dan anti jamur, peradangan yang membuatnya harus ada di kebanyakan rumah tangga. Alfalfa madu juga menjaga gula darah dan hipoglikemia.

3. Aster

Aster adalah varietas madu manis yang banyak tersedia di Amerika Serikat. Aster rentan terhadap kristalisasi cepat tetapi memiliki konsistensi yang tebal lagi halus dan karenanya banyak digunakan pada makanan. Varietas ini  juga sangat aromatik karena diambil dari tanaman tulip, makanya sangat populer.

4. Alpukat

Tidak hanya alpukat sebagai buah yang populer tapi juga madunya sangat diminati karena manfaat kesehatannya yang menakjubkan. Madu ini, yang diekstraksi oleh lebah dari bunga alpukat berwarna gelap dan rasanya sedikit berasap. Tidak hanya itu, jenis madu ini penuh dengan mineral dan nutrisi. Bahkan madu alpukat diyakini bermanfaat sebagai pelembab kulit sekaligus antioksidan yang hebat.

5. Basswood

Sayap Basswood, variatas madu asli Kanada, dikenal dengan rasa yang berbeda dan tajam. Warnanya sangat ringan dan diperoleh dari bunga pohon Basswood di hutan. Juga dikenal sebagai madu kapur, Basswood sangat bagus dan bermanfaat untuk kesehatan yakni dalam penyembuhan sakit tenggorokan, infeksi antibakteri dan perlindungan hati.

6. Beechwood

Beechwood atau Honeydew madu berasal dari hutan lebat di Selandia Baru dan sangat populer di seluruh dunia. Madu aromatik adalah probiotik yang terkenal, yang membantu menjaga pencernaan tetap utuh. Madu Beechwood juga memiliki mineral dan vitamin yang membantu menjaga kulit tetap bersinar dan halus.

7. Permen biru

Permen biru adalah madu pohon eucalyptus yang populer yang memiliki rasa kaya dan banyak sifat antioksidan. Madu ini berwarna kuning dan memiliki tekstur yang lebat dan tebal sehingga menjadikannya sebagai bahan pembuatan roti yang populer. Madu ini diekstraksi dari lambang bunga hutan Tasmania yang dikenal sebagai eucalyptus globules dan memiliki rasa minty, yang menyerupai permen karet.

8. Blueberry

Blueberry sebagai tanaman bersifat steril dan bersih sehingga sangat bergantung pada lebah untuk mentransfer serbuk sari. Madu yang terbuat dari buah ini kaya akan rasa dan warna. Madu blueberry banyak digunakan sebagai sirup pada pancake meski memiliki beberapa khasiat obat juga.

9. Soba

Madu ini memiliki rasa yang manis, berwarna gelap dan tebal dengan tekstur yang kuat. Madu ini digunakan terutama untuk tujuan pengobatan seperti pilek dan batuk. Inilah cara alami untuk mengalahkan infeksi dan virus.

10. Madu Kemanggi

Madu Kemanggi dipanen dari nektar pohon Clover yang ringan dan rapuh, memiliki warna dari gelap hingga kuning terang. Madu kemanggi juga tinggi antioksidan sehingga membantu dalam menghilangkan bakteri berbahaya dan radikal penyebab kanker lainnya dari tubuh. Madu ini juga adalah antiseptik dan membantu mengobati sakit tenggorokan dan luka luar.

11. Dandelion

Lebah menyukai dandelion sehingga dapat menghasilkan madu Dandelion dalam jumlah besar setiap tahunnya. Madu ini mengandung mineral melimpah, vitamin, zat besi dan potassium. Madu ini juga mengandung flavonoid yang merupakan penguat kesehatan. Madu ini dapat bekerja sebagai obat pencahar diuretik dan ringan dan juga memperbaiki pencernaan.

12. Eucalyptus

Madu Eucalyptus berwarna gelap dan ringan serta memiliki rasa kayu yang kuat dan sangat populer. Meski memiliki kandungan mineral rendah, madu Eucalyptus mengandung enzim tinggi, yang dapat membantu pencernaan. Manfaat kesehatan utamanya yaitu melawan infeksi organ pernapasan dan saluran kemih serta meningkatkan kekebalan tubuh.

13. Fireweed

Madu Fireweed membantu dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh sekaligus menyembuhkan banyak masalah internal. Madu ini memiliki rasa yang sangat baik dan warnanya tergantung pada jenis bunga yang diekstraksi. Dikatakan sebagai penyembuh utama penyakit kulit dan infeksi seperti  bisul, lecet dan radang lainnya.

14. Heather

Karena memiliki rasa yang enak, madu Heather sangat populer di kalangan muda. Seseorang bisa memadukanya dengan es krim dan juga dengan keju. Dan selain rasanya, madu ini juga dikenal dengan manfaat kesehatannya. Madu ini adalah unsur penting di Skotlandia untuk membuat malt dan wiski.

15. Kulit besi

Madu kulit besi teksturnya hangat, menyerupai mentega dan rasanya sangat manis. Madu ini memiliki warna emas yang indah dan ringan serta tekstur yang lembut dan berair. Diekstraksi dari pohon Besi Bark, madu ini asli dari Australia.

16. Jarrah

Madu Jarrah diekstrak dari Pohon Eucalyptus Marginata asli Australia dan juga sangat populer. Ini adalah madu berwarna kuning terang dengan cita rasa ringan dan pedas. Terlepas dari rasanya yang menakjubkan, Jarrah honey juga menawarkan berbagai khasiat obat seperti kestabilan kadar diabetes.

17. Leatherwood

Madu Leatherwood yang kekuningan dan ditemukan secara eksklusif di wilayah Tasmania di Australia memiliki rasa lezat dan enak. Hal ini dikarenakan madu ini mengandung asam rendah. Madu ini dimanfaatkan untuk menyembuhkan perasaan mabuk di Tasmania. Madu ini juga mendetoksifikasi hati dan digunakan untuk pengobatan luka bakar. Madu Leatherwood rendah vitamin sehingga umumnya hanya digunakan untuk penggunaan luar.

18. Linden

Madu ini diekstrak dari bunga Linden yang sangat aromatik. Madu ini memiliki rasa yang kaya dan sejumlah manfaat kesehatan berkhasiat sebagai antibakteri dan antivirus serta menjaga hati tetap baik. Sebagai produk asli Eropa, madu Linden berwarna citrusy dan memiliki cita rasa ringan.

19. Macadamia

Madu Macadamia adalah madu yang sangat populer dan sangat manis yang memiliki manfaat kesehatan yang sangat besar pula. Diekstraksi dari pohon Macadamia, madu ini memiliki rasa luhur dan berwarna kuning muda. Madu ini juga kaya antioksidan dan flavonoid.

20. Manuka

Madu Manuka diekstraksi dari pohon Manuka, yang asli Selandia Baru dan Australia. Madu ini sebagian besar merupakan madu organik mentah sehingga banyak dimanfaatkan untuk penyembuhan dan perawatan Herpes. Madu ini umumnya dijual sebagai obat alternatif, karena sifat antibakterinya. Madu ini berwarna kecoklatan gelap dengan rasa kuat.

21. Bunga limau

Madu Bunga Limau memiliki rasa unik yang membuatnya sangat populer. Madu ini dikenal dengan khasiat obat yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Madu ini kaya dengan sifat anti-alergi, anti-kanker dan anti-inflamasi juga.

22. Pohon pinus

Juga dikenal sebagai madu pohon cemara, madu ini sangat bermanfaat bagi kesehatan baik secara internal maupun eksternal. Madu ini diekstraksi dari pohon cemara atau pinus di Amerika Serikat dan juga Eropa. Serangga yang hidup di pohon ini mengeluarkan zat lengket dengan rasa manis yang diambil oleh lebah dan diubah menjadi madu. Pohon pinus madu juga dikenal karena khasiat penyembuhan dan energinya.

23. Sage

Sage adalah salah satu madu paling beraroma saat ini. Madu ini memiliki rasa dan warna yang unik dan diekstraksi dari tanaman Sage yang banyak digunakan sebagai ramuan herbal terkenal.

24. Sourwood

Madu Sourwood berasal dari pohon Sourwood yang terkenal di Georgia. Warnanya kuning terang dan mengkristal. Aroma madu ini sangat aromatik dan memiliki rasa pedas yang menyerupai adas manis. Madu Sourwood banyak digunakan sebagai zat yang dapat menyulap kulit sehingga terlihat lebih muda dan lembut.

25. Tulip Poplar

Madu Tulip Poplar berwarna kuning gelap dan memiliki tekstur yang kaya rasa. Karena itulah madu ini digunakan sebagai ramuan populer di banyak hidangan daging di seluruh AS dan Eropa. Diambil dari pohon Tulip Poplar yang tinggi di Amerika Utara, madu ini juga menjadi hits dalam resep kue, seperti iringan keju dan saus vinaigrette.

26. Tupelo

Madu Tupelo sangat harum, dengan rasa pedas. Madu ini diproduksi oleh lebah dari bunga pohon Tupelo. Madu Tupelo adalah salah satu varietas madu yang paling manis karena kandungan fruktosa yang tinggi. Hal ini juga dikenal sebagai "Champagne" atau "Ratu Madu".

Tanya Jawab terkait dengan Manfaat Madu


1. Kapan waktu terbaik untuk mengonsumsi madu?

Madu adalah makanan super dan bisa didapat kapan saja hari ini. Tidak hanya itu madu telah lengkap dengan nutrisi yang dibutuhkan untuk tubuh, rasanya juga enak baik tanpa campuran maupun dengan  dicampurakn dengan bahan lainnya. Ada berbagai jenis madu yang bekerja dengan fungsi berbeda. Biasanya para dokter menganjurkan agar madu diminum saat perut kosing di pagi hari karena memberi dorongan instan dan energi yang cukup untuk beraktivitas satu hari penuh. Selain itu, sesaat sebelum tidur, sesendok madu tidak hanya menyenyakkan tidur tapi juga membantu pencernaan serta relaksasi pikiran dan tubuh.

2. Terbuat dari apa madu itu?

Madu pada dasarnya adalah nektar bunga mekar yang dikumpulkan oleh lebah dan kemudian ditransformasikan menjadi gula sederhana di sarang lebah mereka. Lebah bekerja sangat keras untuk membentuk madu yang setelah diekstraksi dari bunga yang diendapkan di sarang. Kemudian lebah mengipas sayapnya dengan kuat untuk mengeringkan kelembapan berlebih pada hasil ekstraksi tersebut. 

Setelah itu, nektar tersebut masuk ke dalam beberapa gula termasuk glukosa dan fruktosa dan akhirnya terbentuk menjadi madu emas yang lengket. Setelah produksi madu selesai, lebah menutup sel sarang lebah dengan lilin dan menyegelnya.

Setelah menjadi kuning keemasan dan lengket,  saat itulah madu telah siap. Setelah itu kolektor madu mengeluarkan sisir dan mengambil madu dari mereka.

Karena kurang kelembaban, madu tidak berfermentasi dan memiliki ketahanan waktu simpan yang panjang.Terlepas dari lebah, tawon Amerika juga terlibat dalam produksi madu. Tawon juga memakan nektar untuk membuat madu.

3. Dimana bisa membeli madu?

Ada ratusan varietas madu yang memenuhi berbagai keperluan. Beberapa memiliki rasa enak dan lain-lainnya untuk tujuan pengobatan. Jadi sangat penting untuk membeli madu sesuai kebutuhan. Meskipun sebagian besar toko dan supermarket menjual madu dengan mudah, banyak varietas eksotis dapat diperoleh dari toko online. Selain itu, banyak peternak lebah di Indonesia yang menyimpan varietas pilihan rasa dan tekstru berbeda. 

Untuk memastikan Anda mendapatkan yang terbaik dari yang terbaik, pilih madu yang telah bersumber secara alami dan diuji untuk kemurniannya.

4. Bagaimana cara makan madu yang dianjurkan?

Meskipun konsumsi madu dalam bentuk apapun bermanfaat bagi tubuh, ada banyak cara untuk memberi madu paling efektif dan bermanfaat. Dokter biasanya menyarankan minum setidaknya 50gms madu dengan air suam-suam kuku pagi-pagi sekali. Hal ini dapat membersihkan sistem pencernaan dan membantu memberi energi. Madu juga cocok untuk sarapan pagi, Anda bisa makan satu sendok makan madu dengan buah dan susu atau bahkan mengolesikannya pada roti. Biasanya, madu harus dikonsumsi satu atau dua jam sebelum makan sehingga membantu makanan yang dikonsumsi sebelumnya untuk menetap terlebih dahulu. Juga disarankan untuk tidak merebus madu karena suhu tinggi menghancurkan semua nutrisi dan vitamin.
***
Demikianlah  pembahasan lengkap tentang Fakta Unik Madu dan 26 Jenis Madu Terbaik di Dunia. Semoga bermanfaat!

No comments:

Post a Comment

Terimakasih atas kepatuhannya melakukan komentar yang sopan, tidak menyinggung S4R4 dan p0rnografi, serta tidak mengandung link aktif, sp4m, iklan n4rk0ba, senj4t4 ap1, promosi produk, dan hal-hal lainnya yang tidak terkait dengan postingan. Jika ada pelanggaran, maaf jika kami melakukan penghapusan sepihak. Terimakasih dan Salam blogger!