Dampak Pertumbuhan Jumlah Penduduk di Berbagai Bidang - INIRUMAHPINTAR.com

Dampak Pertumbuhan Jumlah Penduduk di Berbagai Bidang

INIRUMAHPINTAR.COM - Coba sebutkan apa saja Dampak Pertumbuhan Jumlah Penduduk di Berbagai Bidang? Tentu kita bertanya-tanya apa yang akan terjadi jika jumlah populasi manusia di suatu wilayah atau negara mengalami penambahan yang pesat. 

Pemukiman semakin padat dan ruang-ruang terbuka semakin sempit. Ternyata, meningkatnya pertumbuhan jumlah penduduk benar-benar berdampak di sejumlah bidang kehidupan. Berikut penjelasannya:

1. Bidang Pangan

Dampak Pertumbuhan Jumlah Penduduk di Berbagai Bidang
Peningkatan jumlah penduduk yang tidak terkendali akan menimbulkan ledakan penduduk. Ledakan penduduk sulit diimbangi dengan peningkatan produksi pangan. 

Menurut asumsi thomas robert malthus, produk pangan tidak dapat meningkat lebih cepat daripada deret hitung yaitu (1,2,3,4,5,....), sedangkan jumlah penduduk meningkat menurut deret ukur yaitu (1, 2, 4, 8, 16). Akibatnya, hal itu mengakibatkan terjadi bencana kelaparan.

2. Bidang lingkungan hidup

Ledakan penduduk akan mempengaruhi kondisi lingkungan hidup. Jumlah penduduk yang makin meningkat akan menambah jumlah polutan yang dihasilkan. 

Peningkatan jumlah polutan menimbulkan berbagai macam polusi baik polusi udara polusi air maupun polusi tanah. Selain itu, pusatnya pertambahan penduduk akan makin mendorong pembukaan lahan untuk pertanian atau untuk permukiman. 

Penebangan hutan untuk membuka lahan pertanian ataupun untuk permukiman yang tidak terkendali akan menimbulkan bencana banjir atau kekeringan.

3. Bidang Perumahan

Pertambahan penduduk yang pesat menunjukkan kepadatan penduduk semakin besar. Kepadatan penduduk yang makin besar disebabkan oleh peningkatan jumlah penduduk pada luas lahan yang tetap. Perbandingan antara jumlah penduduk dan luas lahan yang makin besar akan mengakibatkan lahan untuk perumahan makin sulit didapat. 

Oleh sebab itu, di kota-kota besar yang sangat padat penduduknya banyak didirikan bangunan dealer resmi. Bahkan, ada pula yang membuat tempat tinggal sementara dari plastik atau dari karton di pinggir sungai atau di bawah kolong jembatan.

4. Bidang Kesehatan

Kekurangan bahan pangan, kerusakan lingkungan, dan perumahan penduduk yang terlalu berdesak-desakan akan menimbulkan akibat negatif terhadap kesehatan. Pada kondisi seperti itulah, penyakit akan mudah berjangkit dan menular.

5. Pendidikan dan Lapangan Pekerjaan

Jumlah penduduk yang makin bertambah akan meningkatkan kebutuhan gedung sekolah atau sarana pendidikan yang lain. Pada gilirannya, kebutuhan lapangan pekerjaan juga akan makin banyak. 

Apabila kemampuan negara dalam menyediakan gedung sekolah dan sarana pendidikan yang lain tidak mencukupi akan banyak anak yang tidak tertampung di sekolah-sekolah. Begitu juga, jika jumlah lapangan kerja tidak sebanding dengan jumlah pencari kerja akan timbul banyak pengangguran.

No comments:

Post a Comment

Terimakasih atas kepatuhannya melakukan komentar yang sopan, tidak menyinggung S4R4 dan p0rnografi, serta tidak mengandung link aktif, sp4m, iklan n4rk0ba, senj4t4 ap1, promosi produk, dan hal-hal lainnya yang tidak terkait dengan postingan. Jika ada pelanggaran, maaf jika kami melakukan penghapusan sepihak. Terimakasih dan Salam blogger!