5 Manfaat Kewirausahaan (Menjadi Wirausahawan) - INIRUMAHPINTAR.com

5 Manfaat Kewirausahaan (Menjadi Wirausahawan)

INIRUMAHPINTAR.COM - Sebutkan 5 Manfaat Kewirausahaan (Menjadi Wirausahawan)? Ada sebuah survei yang menyebutkan bahwa orang-orang yang bekerja sebagai wirausahawan, mengelola perusahaan sendiri memiliki tingkat kebahagiaan lebih besar ketimbang orang-orang yang memilih bekerja pada orang lain. Dan semakin banyak jumlah wirausahawan pada sebuah wilayah atau negara, maka semakin besar peluang wilayah atau negara tersebut meraih kemajuan pesat. Jiwa kewirausahaan menaikkan roda perekonomian sekaligus meningkatkan taraf hidup banyak orang dalam siklus yang sehat. 


Nah, sebelum memilih jalan hidup sebagai wirausahawan, sedikitnya ada 5 manfaat kewirausahaan yang perlu dijadikan bahan pertimbangan. Berikut penjelasannya:

1. Peluang Menentukan Nasib Sendiri

Tidak seperti orang yang bekerja di perusahaan orang lain - selalu terikat berbagai aturan dan tanggung jawab, bekerja sebagai wirausaha - membuka usaha mandiri, walau kecil-kecilan, membuka peluang besar menentukan nasib sendiri. 

Wirausahawan bebas memilih usaha yang akan ia kembangkan. Entah itu di bidang jasa atau pengadaan produk. Ia bebas menentukan nasib kehidupannya tanpa tekanan siapa pun. Termasuk dalam menentukan cara dan metode pemasaran, penjualan, promosi, dan ber-inovasi. Wirausahawan punya hak penuh menjadi dirinya sendiri.

2. Peluang Memperoleh Keuntungan Besar

Dengan bekerja sebagai karyawan atau pegawai di sebuah instansi/perusahaan baik negeri maupun swasta, seseorang berhak memperoleh gaji setiap bulan. Penghasilan yang diterima relatif tetap. Sekalipun ada kenaikan, pertambahannya tidak terlalu besar. Berbeda dengan seorang wirausahawan, yang punya keran penghasilan yang lebih dari satu. 

Dengan pengelolaan yang terukur disertai pelayanan yang maksimal, seorang wirausahawan berpeluang untuk memperoleh keuntungan besar dalam waktu cepat. Ia bebas menentukan jumlah keuntungan dari jasa atau produk yang ia pasarkan. Bahkan ia bisa kaya raya dalam waktu singkat, jika tiba-tiba produk jualannya laku keras atau dipesan dalam jumlah besar oleh para pelanggan. Meskipun demikian, seorang wirausahawan juga perlu tangguh melewati masa-masa perintisan awal dan ancaman kerugian. 

5 Manfaat Kewirausahaan (Menjadi Wirausahawan)

3. Peluang Melakukan Perubahan

Dalam kewirausahaan, seorang wirausahawan harus selalu berpikir inovatif. Dengan cara itu, ia bisa bertahan dalam persaingan bisnis yang selalu berubah-ubah. Di atas langit selalu ada langit. Usaha sesukses apapun tanpa inovasi akan tergerus oleh zaman dan perubahan peradaban manusia. 

Contohnya Nokia, sebuah perusahaan ponsel ternama dan pertama yang sukses di tahun 2000-an. Tidak ada yang menyangka, Nokia bisa bangkrut dan digantikan oleh perusahaan ponsel pendatang baru yang sukses berinovasi, seperti Samsung. Bahkan persaingan di bisnis ponsel pun sangat ketat. Saat ini saja, Vivo dan Oppo seakan mulai merajai pasaran di Asia Tenggara. Begitulah cara kerja wirausahawan. Di dalam jiwanya selalu berselimut ide-ide perubahan.

4. Lebih Bebas Melakukan Apapun yang Disukai

Seorang wirausahawan tidak terikat oleh jam kerja seperti orang yang bekerja di perusahaan orang lain. Ia bebas membuat jam kerja sendiri. Apalagi jika perusahaannya telah mandiri dan ia pun telah memiliki karyawan-karyawan terpercaya.  

Ia tidak perlu lagi sibuk setengah mati datang pagi pulang malam. Dengan demikian, ia lebih bebas memilih aktivitas lain. Ia bisa berolahraga, berlibur, menemani keluarga di rumah, atau menambah kualitas ibadah, dll. Artinya, ia lebih bebas melakukan apapun yang ia sukai tanpa beban berarti. Tidak ada orang yang tidak memimpin situasi bebas finansial seperti ini. Termasuk Anda juga kan?

5. Peluang Untuk Berperan Lebih dalam Masyarakat

Orang yang membuka usaha sendiri dan sukses membangun perusahaan mandiri, sedikit banyak akan punya andil di masyarakat. Pertama, ia membuka lapangan kerja sehingga dapat membantu saudara, tetangga, dan orang-orang di sekitarnya untuk meraih kesejahteraan hidup. Kedua, seorang wirausahawan punya peluang untuk berkontribusi bagi lingkungannya. Ia bisa menyumbang pembangunan tempat ibadah, perbaikan jalan, atau donatur/kontributor pada kegiatan-kegiatan kemasyarakatan seperti acara 17-an, lomba cerdas-cermat pelajar, pameran robot dan mobil listrik, dan lomba-lomba lain baik yang berskala regional maupun yang berskala nasional. Luar biasa kan! Makanya, jadilah wirausahawan.

Semoga tulisan tentang 5 Manfaat Kewirausahaan (Menjadi Wirausahawan) di atas menginspirasi kita semua.

No comments:

Post a Comment

Terimakasih atas kepatuhannya melakukan komentar yang sopan, tidak menyinggung S4R4 dan p0rnografi, serta tidak mengandung link aktif, sp4m, iklan n4rk0ba, senj4t4 ap1, promosi produk, dan hal-hal lainnya yang tidak terkait dengan postingan. Jika ada pelanggaran, maaf jika kami melakukan penghapusan sepihak. Terimakasih dan Salam blogger!