7 Manfaat Kunyit Untuk Kesehatan Rahim - INIRUMAHPINTAR.com

7 Manfaat Kunyit Untuk Kesehatan Rahim

INIRUMAHPINTAR.COM - Sedikitnya ada 7 Manfaat Kunyit Untuk Kesehatan Rahim (Sistem Reproduksi) Wanita yang perlu kita ketahui. Bagi wanita, menjaga kesehatan rahim adalah hal yang paling penting. Pasalnya, ada banyak kemungkinan yang bisa terjadi jika salah mengambil tindakan atau justru mengabaikan perawatan terhadap bagian reproduksi wanita tersebut. 

Salah satu tanaman atau rempah yang ternyata memiliki manfaat terhadap kesehatan rahim dan sistem reproduksi wanita secara keseluruhan adalah kunyit. Tentu, kita tidak asing lagi terhadap rempah ini bukan? 

Kunyit dianggap sebagai 'ramuan emas' di Ayurveda karena berbagai sifat farmakologisnya seperti anti-inflamasi, anti kanker, anti-oksidan, anti-mikroba,  imunomodulator dll.

Dua kelompok penyusun yang memberikan sifat ini pada kunyit adalah curcuminoids dan minyak atsiri. Sementara curcuminoids terdiri dari curcumin (kurkumin), demethoxycurcumin dan bisdemethoxycurcumin yang merupakan penghasil warna kuning pada kunyit.

Kurkumin secara medis merupakan unsur terpenting. Ia berperan sebagai fitoestrogen lemah yang didapat dari sumber tanaman. Ini bisa menjadi sugestif dari peran terapeutiknya mengatasi gangguan pada reproduksi wanita.

Selengkapnya mari kita simak 7 Manfaat Kunyit Untuk Kesehatan Rahim (Sistem Reproduksi) Wanita berikut ini:
7 Manfaat Kunyit Untuk Kesehatan Rahim

1. Manfaat Kunyit Selama Menstruasi

Kunyit diketahui dapat menurunkan intensitas dan rasa sakit yang dialami wanita saat menstruasi. Saya mencari di internet dan menemukan bahwa rasa sakit saat haid adalah masalah yang sangat umum dialami banyak wanita saat ini.

Meski ada banyak obat yang tersedia saat ini untuk masalah ini, tetapi menggunakan kunyit bisa memberikan pilihan alami yang hebat. Tindakan antispasmodik kunyit bisa membantu kram menstruasi.

Para ilmuwan di Thailand telah menyelidiki efek curcuminoids antispasmodic pada kontraksi rahim. Curcuminoids, dengan konsentrasi 8 microgram/ml dan 16 mikrogram/ml, berhasil mengurangi gaya dan frekuensi kontraksi yang diinduksi pada otot polos rahim tikus.

Nyeri punggung dan nyeri tubuh secara keseluruhan merupakan keluhan umum yang terkait dengan siklus menstruasi. Biasanya wanita  menggunakan obat penghilang rasa sakit saat ini terjadi. Padahal penggunaan obat penghilang rasa sakit atau obat antiinflamasi non steroid (NSAIDS) untuk jangka panjang dapat menyebabkan efek samping seperti gangguan gastrointestinal, gastritis, keasaman, gagal ginjal dan lain-lain. Untuk itu, lebih dianjurkan menggunakan ramuan kunyit sebagai obat alternatif  penghilang rasa sakit, yang bisa dikonsumsi dalam batas 400-600 mg tiga kali sehari.

Curcumin adalah agen anti-inflamasi yang sangat baik dan mampu menekan rasa sakit dengan cara yang sama seperti cara kerja obat penghilang rasa sakit. Kelebihannya bahwa kandungan dari kunyit ini bebas efek samping.

Pada gilirannya, kunyit dapat mengembalikan rahim sesuatu bentuk dan fungsinya sehingga membantu menyeimbangkan hormon sekaligus pencegahan terhadapat munculnya jerawat dan menstruasi yang tidak teratur.

2. Menormalkan Menstruasi

Kunyit memiliki khasiat sebagai emmenagog. Emmenagog adalah ramuan yang merangsang aliran darah di daerah panggul dan rahim, serta beberapa di antaranya merangsang menstruasi. Kunyit memurnikan dan menggerakkan darah stagnan yang menormalkan menstruasi.

Manfaat lain dari kunyit yakni dapat berfungsi sebagai stimulan uterus yang baik.

Stimulan uterus (uterotonik) adalah obat yang diberikan untuk membantu rahim wanita berkontraksi, atau untuk meningkatkan frekuensi dan intensitas kontraksi.

Namun demikian, selalu disarankan bagi ibu hamil dan menyusui untuk minum kunyit setelah berkonsultasi dengan dokter.

3. Mengatasi Leukore (Keputihan)

Leukore adalah istilah yang digunakan untuk menunjukkan keputihan. Sekali lagi, saat saya melakukan riset melalui internet, masalah kesehatan ini sepertinya juga menjadi masalah besar akhir-akhir ini.

Penyebab utamanya adalah adanya ketidakseimbangan hormon dan parahnya jika tidak ditangani dengan baik ketidaknormalan ini bisa berlanjut selama bertahun-tahun. Untungnya, kunyit bisa diandalkan untuk membantu.

Silahkan ambil 10 gram kunyit dan rebus hingga mendidih. Lalu biarkan dingin dan konsumsilah air rebusan tersebut 3-4 kali sehari. Hal ini diyakini bisa menjadi terapi efektif dan alami. Bahkan aman untuk penggunaan jangka panjang.

4. Mengatasi Endometriosis

Endometriosis adalah penyakit di mana sel endometrium yang melapisi rahim, tumbuh di luar rongga rahim. Penyakit ini mempengaruhi sekitar 15% wanita usia subur dan menyebabkan infertilitas.

Walaupun penyebab pasti di balik penyakit ini belum bisa dipastikan secara klinis, stres oksidatif dan ketidakseimbangan hormon disebutkan sebagai pemicunya.

Stres oksidatif adalah ketidakseimbangan antara prooksidasi dan pertahanan antioksidan alami tubuh.

Prooxidants diproduksi di berbagai jalur biokimia tubuh selama proses perkembangan sistem reproduksi wanita. Namun bila diproduksi berlebihan, agen ini bisa menyebabkan stres oksidatif dan menyebabkan masalah kesehatan. 

Untungnya curcumin dalam kunyit diyakini dapat menghambat pertumbuhan sel endometrium dengan memodulasi sekresi estrogen. Selain itu, aktivitas antioksidan Curcumin juga bemanfaat sebagai bantuan melawan infertilitas (ketidaksuburan).

5. Mengatasi Sindrom Syok Beracun

Sindrom syok beracun adalah kondisi fatal yang disebabkan oleh toksin bakteri. Sindrom syok beracun mempengaruhi wanita yang sedang menstruasi, terutama mereka yang menggunakan tampon super-absorben atau menggunakan tampon tunggal untuk waktu yang lama.

Sindrom syok beracun juga bisa terjadi bersamaan dengan munculnya infeksi kulit, luka bakar, atau setelah operasi. 1/3 kasus syok beracun melibatkan wanita di bawah usia 19. Demam tinggi dan muntah saat haid, ruam, dan tekanan darah rendah adalah gejala-gejalanya.

Sebuah penelitian yang dilakukan di Minnesota, AS menyelidiki efek curcumin pada sindrom syok beracun pada seekor kelinci.

Ternyata, curcumin ditemukan tidak beracun untuk sel-sel yang melapisi vagina dan tidak hanya menghambat infeksi tetapi juga mengurangi peradangan yang disebabkan olehnya.

Efek ini dianggap karena adanya sifat antiinflamasi dan anti-mikro kurkumin. Kurkumin mengurangi sindrom syok beracun yang diinduksi lethality sebesar 60% pada kelinci.

Hasil penelitian eksperimental ini menyarankan penggunaan kurkumin dalam kisaran terapeutik yang aman untuk aplikasi vagina topikal. Namun saat ini belum ada salep semacam itu yang disiapkan untuk tujuan ini. Mungkin di masa akan datang, ada ilmuwan atau ahli pengobatan yang bisa memformulasikan kunyit dalam bentuk salep, yang aman bagi rahim.

6. Mengobati Uterine Fibroid

Fibroid adalah tumor non kanker yang tumbuh di dinding rahim. 1 dari 5 wanita dipengaruhi oleh fibroid selama masa reproduksi mereka. 20-80% wanita mengalami fibroid pada usia 50 tahun. Prosedur bedah dan terapi hormon adalah cara pengobatan yang umum. Namun, memanfaatkan kunyit jauh lebih direkomendasikan.

Curcumin dalam kunyit diyakini dapat menghambat pertumbuhan sel yang membentuk fibroid uterus dan mencegah proliferasi. Sifat anti-inflamasi kurkumin terbukti memediasi efek terapeutik ini.

7. Mencegah Kanker

Ilmu kedokteran perlahan menerima manfaat/khasiat kunyit terhadap berbagai jenis kanker. Kunyit telah terbukti efektif melawan tumor dan kanker berdasarkan banyak penelitian ilmiah yang dilakukan di laboratorium.

Penelitian membuktikan bahwa curcuminoids dapat mencegah pertumbuhan sel kanker payudara dan juga mencegah penyebaran kanker payudara pada tulang dengan cara menghambat sel kanker tersebut. Kunyit juga terbukti menghambat pertumbuhan sel kanker ovarium.

Curcumin dalam kunyit dapat mematikan sel kanker serviks dengan cara menekan estradiol - hormon seks wanita yang membantu perkembangan kanker serviks (kanker di bagian bawah rahim).

India adalah negara yang memiliki kasus kanker payudara terendah di dunia dan ternyata juga memiliki konsumsi kunyit tertinggi di seluruh dunia. 

Dosis Aman Untuk Mengonsumsi Kunyit

Kunyit dapat dikonsumsi setiap hari dalam bentuk makanan (lauk) seperti kari, sup atau bahkan dengan susu. Suplemen kunyit dalam bentuk kapsul dan cairan juga telah tersedia di pasaran. Hanya saja, silahkan berkonsultasi dengan profesional untuk hasil terbaik.

Tindakan Pencegahan

Konsumsi kunyit tak diragukan lagi menuai banyak manfaat kesehatan tetapi perlu juga memperoleh saran praktisi kesehatan sebelum mengkonsumsi suplemen kunyit. Jika menelan dosis yang tidak tepat atau pada orang yang mengalami reaksi alergi, obat ini bisa menimbulkan efek samping. Beberapa kondisi di mana disarankan untuk mengkonsumsi kunyit dengan hati-hati adalah:
  1.     Kehamilan & Laktasi
  2.     Diabetes jika sudah mengonsumsi obat pengencer darah
  3.     Sebelum prosedur operasi
  4.     Batu empedu atau obstruksi bagian empedu
  5.     Penyakit gastrointestinal
  6.     Mengkonsumsi obat untuk pengencer darah

Penutup

Dari tulisan di atas, kita telah mengetahui sedikitnya 7 Manfaat Kunyit Untuk Kesehatan Rahim. Walaupun demikian, saya yakin masih ada manfaat-manfaat lain dari kunyit yang belum dibahas tuntas dalam tulisan ini. Mungkin di tulisan selanjutnya, saya akan menjelaskan lebih terperinci tentang manfaat kunyit secara umum bagi kesehatan manusia. Jika Anda punya temuan unik tentang manfaat kunyit, silahkan berbagi di kolom komentar.

No comments:

Post a Comment

Terimakasih atas kepatuhannya melakukan komentar yang sopan, tidak menyinggung S4R4 dan p0rnografi, serta tidak mengandung link aktif, sp4m, iklan n4rk0ba, senj4t4 ap1, promosi produk, dan hal-hal lainnya yang tidak terkait dengan postingan. Jika ada pelanggaran, maaf jika kami melakukan penghapusan sepihak. Terimakasih dan Salam blogger!