Manfaat Hewan dan Tumbuhan bagi Kehidupan Manusia dan Lingkungan - INIRUMAHPINTAR.com

Manfaat Hewan dan Tumbuhan bagi Kehidupan Manusia dan Lingkungan

INIRUMAHPINTAR.COM - Apa sih manfaat hewan dan tumbuhan bagi kehidupan manusia dan lingkungan? Tentu saja hal ini wajib kita ketahui, baik sebagai penambah wawasan, maupun sebagai bahan renungan agar kita semakin mencintai ciptaan Allah. Terutama adik-adik yang masih duduk di bangku sekolah, materi ini jelas sangat bermanfaat. Oleh karena itu, berikut ini saya telah rampungkan sejumlah rangkuman tentang Manfaat Hewan dan Tumbuhan bagi Kehidupan Manusia dan Lingkungan:

Manfaat hewan bagi kehidupan manusia dan lingkungan

a. Sumber penghasil bahan makanan
Hewan merupakan salah satu sumber penghasil bahan makanan bagi manusia. Nah, bagian hewan yang dikonsumsi meliputi daging, telur, dan susu. Hewan berkaki empat yang biasa diolah dagingnya menjadi lauk pauk sehari-hari seperti sapi, domba, kambing, dan kelinci.

Adapun di beberapa daerah di Indonesia, daging kuda dan kerbau menjadi santapan favorit. Selanjutnya, susu hewan seperti susu sapi dapat diolah atau dipanaskan sebelum diminum, sebagai penambah nutrisi. Dan dari hewan ternak seperti ayam, itik, angsa, dan bebek, hampir setiap hari kita dapat menikmati telur-telurnya yang uenakk. Yang suka makan telur ayo acung tangan???

b. Bahan pembuatan sandang (pakaian)
Ada banyak bagian hewan yang dapat dibuat menjadi pakaian. Oleh karena itu, di beberapa kota di Indonesia, hewan-hewan tersebut dipelihara dan dibiakkan sebagai komoditi penyuplai bahan pakaian untuk industri tekstil.

Misalnya, ulat sutra sebagai sumber penghasil kain sutra, serat rambut domba sebagai penghasil benang/kain wol, dan kulit kerbau sebagai bahan dasar untuk jaket, ikat pinggang, dompet, topi, tas, jam tangan, dan berbagai produk sandang lainnya.

c. Alat pengangkut (transportasi)
Walaupun saat ini hewan telah banyak digantikan oleh produk-produk kendaraan modern seperti sepeda motor, mobil, kereta api, dan pesawat, tidak bisa dipungkiri bahwa di beberapa tempat di Indonesia, masih banyak masyarakat yang memanfaatkan tenaga hewan sebagai alat transportasi.

Misalnya, kuda. Selain untuk ditunggangi langsung dan digunakan sebagai pengangkut gabah petani, kuda juga masih digunakan sebagai tenaga alami penarik delman (bendi) di sejumlah tempat di Indonesia, terutama di desa-desa atau di area wisata.

Selain itu, di sejumlah negara, hewan-hewan seperti sapi, unta, dan gajah menjadi daya tarik sendiri sebagai tunggangan berkeliling cuci mata bagi para wisatawan.

d. Bahan seni dan kerajinan
Bagi seniman dan orang-orang yang berjiwa seni, sejumlah bagian-bagian hewan dapat diolah kembali menjadi barang-barang yang berharga. Bahkan tidak jarang yang memiliki nilai ekspor. Produk sederhana seperti kemoceng misalnya, dapat dibuat dari bulu ayam.

Selain itu, bulu angsa adalah bahan dasar pembuatan bola kok dalam olahraga bulutangkis. Bulu burung cenderawasih dapat disulap menjadi hiasan bernilai jual tinggi.

Ada juga produk lukisan atau kaligrafi berbahan dasar kerang-kerangan atau hewan-hewan laut bercangkang.
Buah kakao merupakan bahan dasar pembuat coklat

Manfaat Tumbuhan bagi Kehidupan Manusia dan Lingkungan

a. Bahan pangan (makanan)
Bagian tumbuhan yang dapat dimanfaatkan sebagai bahan makanan adalah batang, daun, biji, buah, dan bunga. Contoh tebu, pete, kol, bayam, biji kedelai, kacang tanah, mangga, jagung, serta buah dan jantung pisang.

b. Bahan sandang (pakaian)
Bahan sandang yang berbahan dasar tumbuhan adalah serat kapas yang dibuat menjadi kain katun. Ada juga desainer handal yang menambahkan serat rotan atau bambu sebagai paduan produk sandang dalam hasil karyanya.

c. Bahan Bangunan
Bahan bangunan terbuat dari batang kayu tumbuhan. Misalnya, kayu jati, cendana, bambu, mahoni, dan kelapa.

d. Bahan obat-obatan
Ada banyak jenis tumbuhan yang dapat dijadikan obat tradisional bagi manusia. Misalnya, daun dan buah pepaya digunakan sebagai obat memperlancar pencernaan, daun kumis kucing sebagai obat batu ginjal, air kelapa sebagai obat penawar racun, bengkoang sebagai obat pemutih dan penghalus kulit.

Selain itu, minyak kemiri sebagai obat penyubur rambut, bedak dari tepung beras dan kunyit sebagai penyehat kulit alami, daun sirih sebagai obat gatal-gatal, daun kelor sebagai obat anti kanker, daun jambu biji sebagai obat diare, kulit batang kina sebagai obat malaria, dan masih banyak lagi

e. Bahan baku industri
Bahan baku industri berasal dari tumbuhan, antara lain, rotan dan bambu digunakan sebagai bahan penghasil produk furniture (lemari, kursi, meja, dan tempat tidur, dsb), air tebu sebagai bahan dasar penghasil gula pasir, kayu pinus digunakan sebagai bahan dasar dalam industri kertas, sedangkan getahnya sebagai bahan dasar untuk membuat terpentin dalam industri cat.

Selain itu, ada juga buah kakao yang dapat digunakan sebagai bahan dasar dalam industri pembuat coklat, buah kopi, jeruk, apel, markisa dan teh untuk industri minuman kemasan, dan masih banyak lagi

f. Bahan penambah cita rasa makanan
Asam di gunung, garam di laut. Begitulah peribahasa yang mengungkapkan tentang perpaduan dua jenis bahan untuk menghasilkan makanan yang sedap. Ada sejumlah tumbuhan yang digunakan sebagai bahan penambah cita rasa makanan, misalnya daun sop, bawang, cengkih, jahe, pala, kunyit, dan asam.

Yang sering membantu ibu memasak di dapur pasti tahu semua bumbu-bumbu dapur lainnya yang berbahan dasar tumbuhan.

No comments:

Post a Comment

Terimakasih atas kepatuhannya melakukan komentar yang sopan, tidak menyinggung S4R4 dan p0rnografi, serta tidak mengandung link aktif, sp4m, iklan n4rk0ba, senj4t4 ap1, promosi produk, dan hal-hal lainnya yang tidak terkait dengan postingan. Jika ada pelanggaran, maaf jika kami melakukan penghapusan sepihak. Terimakasih dan Salam blogger!