Manfaat dan Pemanfaatan Serat Ulat Sutra - INIRUMAHPINTAR.com

Manfaat dan Pemanfaatan Serat Ulat Sutra

INIRUMAHPINTAR.COM - Tentu kita sudah tahu bahwa memakai emas dan sutra diharamkan bagi laki-laki muslim. Hal itu dikarenakan bahwa atom-atom dalam emas dapat meracuni darah sehingga dapat memicu sejumlah penyakit, termasuk penyakit alzheimer. Namun, itu berbeda dengan wanita, karena setiap bulan wanita mengeluarkan racun tersebut melalui haid.

Berhubung pada kesempatan ini saya mau fokus membahas tentang manfaat dan pemanfaatan serat ulat sutra, makanya saya tidak terlalu fokus membahas tentang emas.

Baiklah, kita mulai.

Kain sutra dikenal dengan kelembutannya yang mewah, dan teksturnya yang berkilau. Reputasinya dalam peradaban manusia sangat baik. Di Indonesia sendiri, khususnya di tanah Bugis, sutra pernah menjadi produk andalan jauh sebelum Indonesia merdeka. Begitu kata sejarah.

Mengapa sutra menjadi terkemuka sejak zaman dulu? Apa saja kelebihannya? Apakah ada manfaat khusus bagi pemakainya? Atau hanya sekedar pemuas nafsu gaya hidup semata? Mari kita temukan jawabannya di bawah ini!

Manfaat dan Pemanfaatan Serat Ulat Sutra

Manfaat kain Sutra


1. Karena struktur protein alami, sutra merupakan hypoallergenic dari semua kain

2. Sutra dikenal sebagai kain semua iklim, sutra hangat dan nyaman di musim dingin dan nyaman sejuk saat suhu meningkat. Sifat pengatur suhu alami memberi sutra kemampuan paradoks ini untuk mendinginkan dan menghangatkan secara bersamaan. Pakaian sutra mengungguli kain lain di musim panas dan musim dingin. Sutra dipakai sebagai lapisan kedua yang dapat menghangatkan tubuh.

3. Sutra lebih mudah menyerap keringat dan mengering dengan cepat. Bisa menyerap hingga 30% tanpa terasa lembab. Sutra akan menyerap keringat sambil membiarkan kulit Anda bernafas dengan baik.

4. Terlepas dari penampilannya yang halus, sutra relatif kokoh dan permukaannya yang halus membuatnya anti debu dan menahan bau dengan baik.

5. Kain sutra memiliki serat yang kuat. Bahkan dipercaya sebagai serat alami terkuat, dan mampu menyaingi kekuatan serat benang baja.

6. Sutra memiliki warna yang baik, mudah dicuci, dan mudah dikerjakan sebagai bahan tenunan, rajutan, dan jahitan.

7. Sutra pun sangat cocok dikombinasikan dengan serat hewan dan nabati lainnya.

8. Harganya bersaing sehingga cocok dijadikan komoditi industri

9. Karena sifatnya sebagai sumber daya alam nabati, sutra dapat diproduksi tanpa batas alias dapat diperbaharui. Semua masyarakat pun dapat ikut membiakkan ulat penghasil serat sutra. Di tanah Bugis, ulat sutra dibudidaya di kolong rumah panggung.

Pemanfaatan Serat Ulat Sutra dalam Industri

Setelah mengetahui sejumlah manfaat dari serat ulat sutra, selanjutnya mari kita lihat produk-produk bernilai tinggi yang dapat dihasilkan dari serat ulat sutra beserta manfaatnya bagi kesehatan tubuh.

1. Bantal Sutra
Produk ini diyakini dapat membuat tidur Anda lebih nyaman dan nyenyak. Selain itu, kesan mewah di kamar tidur Anda pun tetap terjaga dengan baik. Lalu, apa manfaatnya buat kesehatan? Ternyata, dengan menggunakan bantal sutra, kulit Anda terutama wajah akan tetap terlindungi dari paparan kelembapan. Selain itu, bantal sutra juga bersifat anti-alergi. Kelembutannya pun dipercaya dapat menjadi terapi di kala stress.

2. Tempat Tidur Sutra
Hampir sama dengan bantal sutra, tempat tidur sutra juga dapat memberikan nuansa kenyamanan tingkat tinggi bagi Anda yang tidur di atasnya. Teksturnya yang lembut dapat menjadi bahan terapi dan menambah kualitas tidur Anda. Selain itu, tempat tidur berbahan sutra juga menjauhkan Anda dari alergi.

 3. Piyama Sutra
Orang yang bisa tidur nyenyak setiap malam, pasti akan memiliki kualitas hidup lebih baik. Penelitian menyebutkan bahwa orang yang cukup tidur akan memiliki sistem imun yang kuat, kualitas kesuburan yang meningkat, serta memiliki kejernihan berlipat ganda dalam berpikir dan berkarya. Untuk mewujudkannya, salah satunya dengan memakai piyama sutra. Selain bermanfaat untuk menjaga kelembaban kulit, piyama sutra juga dapat mempertahankan suhu badan, sehingga dapat mencegah penyakit asma dan alergi.

4. Sofa Sutra
Rehat sejenak dari kesibukan bersama keluarga di depan TV sambil duduk santai adalah sebuah kenikmatan yang tak ternilai dalam sebuah lingkungan keluarga. Apalagi jika duduknya di atas sofat berbahan sutra. Pasti rasanya berbeda dan wah. Kelembutannya mampu menyulap rasa gundah menjadi bahagia. Dan produk ini menjadi salah satu komoditi ekspor di sejumlah negara. Selain cocok menjadi perabot rumah tangga, sofa sutra juga sering dipakai sebagai perabot hotel-hotel mewah berbintang lima.

5. Saree Sutra
Jika Anda pernah menononton film India, maka Anda pasti tahu tentang Saree, sejenis pakaian khas wanita India. Nah, ternyata bahan utama Saree yaitu kain sutra. Pantas saja, warnanya kinclong dan auranya mewah bak pakaian putri Raja.

6. Gorden/Tirai Sutra

Memiliki jendela yang indah di rumah Anda tidaklah lebih indah tanpa ada hiasan gorden atau tirai menyelimutinya. Dan bahan sutra adalah bahan yang paling direkomendasikan. Hal itu dikarenakan teksturnya yang melambai, lembut, mengkilat, dan tidak mudah kusut. Sangat mewah dan mahal tentunya. Untuk itu, banyak industri yang memproduksi gorden/tirai berbahan sutra dan melemparnya ke pasaran baik di lingkungan domestik maupun internasional.

Renungan dan Nasehat

Serat ulat sutra dapat digunakan untuk banyak hal. Selain memiliki banyak manfaat ekonomis, juga memiliki efek positif terhadap kesehatan wanita. Namun demikian, banyaknya produk dari serat ulat sutra di atas tetap saja mesti diwaspadai bagi laki-laki. Jangan pernah ikut-ikutan memakainya! Kecuali Anda siap menanggung resiko efek sampingnya di kemudian hari.

No comments:

Post a Comment

Terimakasih atas kepatuhannya melakukan komentar yang sopan, tidak menyinggung S4R4 dan p0rnografi, serta tidak mengandung link aktif, sp4m, iklan n4rk0ba, senj4t4 ap1, promosi produk, dan hal-hal lainnya yang tidak terkait dengan postingan. Jika ada pelanggaran, maaf jika kami melakukan penghapusan sepihak. Terimakasih dan Salam blogger!