Langkah-Langkah Membuat Poster yang Baik - INIRUMAHPINTAR.com

Langkah-Langkah Membuat Poster yang Baik

INIRUMAHPINTAR - Sebutkan langkah-langkah membuat poster? Sebelum membedah lebih jauh tentang langkah-langkah membuat poster, ada baiknya kita awali dengan memahami pengertian dan tujuan dari poster. Poster adalah iklan atau pengumuman berbentuk tulisan atau gambar yang memuat ajakan, imbauan untuk melakukan sesuatu dan umumnya ditempatkan atau ditempelkan di tempat-tempat strategis agar bisa dilihat orang banyak, seperti di tembok, di dinding, atau tempat-tempat lain yang memungkinkan.

Selanjutnya, tujuan utama dari poster adalah untuk menarik perhatian atau mengajak para pembacanya untuk ikut serta mengikuti isi dari kata-kata ajakan atau imbauan yang terpampang di dalam poster.

Itulah sebabnya, kata-kata dan ilustrasi gambar yang disajikan dalam poster mestilah yang menarik, dan mengundang mata untuk memandangnya. Dalam hal ini, kesan pertama sangat menentukan. Karena itulah, banyak poster yang memilih menggunakan warna-warna yang kontras dan variatif agar tampak lain daripada yang lain.
Contoh poster yang mengikuti langkah-langkah membuat poster

Jenis-Jenis Poster

Berdasarkan kebutuhannya, poster diklasifikasi menjadi 6, yaitu poster semboyan suatu daerah, poster hiburan/pertunjukan, poster kegiatan ilmiah, poster penerangan, poster pendidikan, dan poster niaga/perniagaan.

Langkah-Langkah Membuat Poster

Untuk menghasilkan sebuah poster yang baik dan memikat banyak orang untuk membacanya, sebaiknya poster dibuat dengan memperhatikan langkah-langkah sistematis berikut ini:

1. Menentukan tujuan dan topik dari poster yang akan dibuat

2. Menetapkan amanat dan pesan yang akan disampaikan dalam poster

3. Merangkai kalimat dan kata-kata (slogan) yang menarik, singkat, jelas, padat, dan mudah dipahami oleh semua orang.

4. Menyusun kalimat dengan bahasa yang mengajak atau persuasif, sehingga memiliki daya sugesti dan bujukan yang bisa memengaruhi setiap pembacanya.

5. Menggunakan ilustrasi gambar dan latar belakang yang menarik, disertai warna-warna yang cerah dan variatif sesuai komposisi yang pas dengan tema poster agar mengundang mata untuk memandangnya lama.

6. Membuat poster dengan memanfaatkan media yang terbaik sesuai kebutuhan, seperti kain, mika, seng, papan, atau bahan lain yang tepat.

Nah, seperti itulah Langkah-Langkah Membuat Poster yang Baik. Semoga bermanfaat!

0 Response to "Langkah-Langkah Membuat Poster yang Baik"

Post a Comment

Terimakasih atas kepatuhannya melakukan komentar yang sopan, tidak menyinggung S4R4 dan p0rnografi, serta tidak mengandung link aktif, sp4m, iklan n4rk0ba, senj4t4 ap1, promosi produk, dan hal-hal lainnya yang tidak terkait dengan postingan. Jika ada pelanggaran, maaf jika kami melakukan penghapusan sepihak. Terimakasih dan Salam blogger!