10 Manfaat Diciptakannya Semut - INIRUMAHPINTAR.com

10 Manfaat Diciptakannya Semut

INIRUMAHPINTAR.COM - Inilah 10 Manfaat Diciptakannya Semut. Semut adalah binatang kecil yang seringkali dianggap sebagai hama. Mereka dianggap mengganggu dan tidak seharusnya berkeliaran di dalam rumah. Bahkan, kadangkala kita mempertanyakan, untuk apa semut itu diciptakan dan apa manfaatnya buat manusia?

Tidak seperti ayam, itik, sapi, kambing, dan unta, yang bisa diternakkan dan dikonsumsi, semut tidak lebih hanya sekedar binatang kecil yang entah apa manfaatnya diciptakan ke dunia.

Namun, ternyata pandangan tersebut bisa berubah seketika sekiranya kita mengubah sudut pandang. Coba pandangi, amati, dan lihat dengan teliti bagaimana semut dan koloninya menjalani proses kehidupan di sekitar kita.

Berdasarkan hasil perenungan semalam, saya menemukan sejumlah titik temu tentang manfaat semut diciptakan. Berikut 10 Manfaat Diciptakannya Semut:

1. Semut Mengajarkan Keramahan

Coba perhatikan semut yang berbaris! Setiap kali bertemu dengan rekannya, mereka berhenti sejenak, seakan berjabat tangan dan saling menyapa. Mereka tampak begitu akrab. Oleh karena itu, sebagai makhluk berakal, manusia bisa belajar tentang ilmu keramahan dari kebiasaan semut tersebut. Dimanapun kita berjumpa, sebaiknya saling senyum, sapa, dan mengucap salam agar nuansa keakraban tumbuh dan mengakar.
10 Manfaat Diciptakannya Semut

2. Semut itu Pekerja Keras

Walau ukurannya kecil, semut tidak pernah merasa kerdil dan bermalas-malasan. Mereka selalu bekerja mengumpulkan makanan dan membawanya ke sarang sepanjang waktu. Dari gambaran ini, manusia juga bisa belajar ilmu ikhtiar. Untuk menghasilkan sesuatu, manusia tidak cukup hanya berdiam diri, perlu usaha nyata, keringat, dan kerja keras.

3. Semut Mengajarkan Ilmu Manajemen dan investasi

Di musim yang baik, semut mengumpulkan makanan dan membuat sarang. Mereka berbagi tugas tanpa saling berebut. Sehingga ketika musim paceklik datang, mereka tidak ragu lagi kehabisan makanan. Begitulah bentuk manajemen kerja dan investasi koloni semut. Jika kita bijak melihat fenomena ini, maka kita bisa belajar banyak tentang pentingnya berbagi tugas dan tanggung jawab dalam bekerja. Begitupun ilmu tentang pentingnya investasi dan menabung di masa muda dan masa sehat, agar kelak di masa tua atau di masa sakit, kita tidak mengalami kesulitan.

4. Semut Mengajarkan Kepercayaan Diri

Walau bertubuh sangat kecil dan mungil, semut tidak pernah berkecil hati. Mereka percaya diri, mengandalkan diri sendiri untuk mengumpulkan makanan atau membangun sarang tanpa harus bergantung pada binatang lain. Mereka tidak pernah menjadi parasit dan memilih hidup dengan filosofi yang kuat. Dari sini manusia pun perlu belajar untuk hidup mandiri dan penuh percaya diri. Tidak menjadi beban orang lain. Atau selalu bergantung tanpa memaksimalkan bekerja dengan kekuatan sendiri.

5. Semut Mengajarkan Keberanian

Walau bertubuh kecil, semut diciptakan sangat pemberani. Jika diganggu, mereka tidak segan segan menggigit dengan sekuat kuatnya. Bahkan sampai mengorbankan nyawa sendiri. Dari fenomena ini, kita bisa belajar keberanian (syaja'ah). Berani berbuat sekaligus membela kebenaran dan kebaikan. Berani mempertaruhkan nyawa demi mempertahankan harga diri dan kehormatan.

6. Semut Mengajarkan Pengabdian dan Tanggung Jawab

Semut yang mencari dan mengumpulkan makanan adalah semut pekerja. Mereka mengabdi dengan setia kepada Ratu semut yang berukuran lebih besar. Hampir tidak pernah terlihat Ratu semut turun tangan sendiri mencari makanan. Padahal andai ia mau, pasti kekuatannya lebih besar sehingga bisa membawa makanan yang lebih besar pula. Hal itu dikarenakan, para semut pekerja menunjukkan pengabdian dan tanggung jawan kepada Ratunya. Jika dihubungkan dengan kehidupan manusia, maka banyak hal yang bisa diterapkan. Setiap pegawai atau karyawan misalnya, wajib mengabdi bekerja sesuai tanggung jawab. Jangan pernah menuntut hak sebelum melaksanakan kewajiban. Lakukan yang terbaik meski tiada yang melihat dan menyanjung. Itulah bukti pengabdian, ketulusan, dan tanggung jawab dalam bekerja.

7. Semut Menginspirasi Pembuat Obat Anti Hama

Semut diciptakan tidak sia sia, pasti ada manfaat dibalik penciptaan tersebut. Salah satunya adalah dihasilkannya produk anti hama yang membuka kesempatan kerja. Salah satu produk yang familiar yaitu kapur bagus. Membuat garis dengan kapur bagus di sekeliling meja makan bisa melindungi makanan dari serbuan semut. Kelak, mungkin ada produk terbaru yang bisa tercipta berawal dari hadirnya semut di dunia.

8. Semut Melindungi Rumah Anda dari Rayap

Walau kehadiran semut menjengkelkan, Anda justru akan berterimakasih kepada koloni semut jika tahu bahwa kedatangan mereka sukses mengamankan rumah Anda dari serbuan rayap. Saya sendiri pernah mengalami di rumah saya. Beberapa bagian atap yang akan diperbaiki tukang ternyata telah dipenuhi sarang semut. Sang tukang mengatakan bahwa sarang tersebut awalnya adalah sarang rayap, lalu semut semut datang dan mengusirnya. Untung ada semut kalo gitu. Andaikan tidak, mungkin atap rumah saya sudah rusak sebelum ada dana untuk memperbaikinya. Dari sini, kita bisa belajar bahwa pertolongan Allah mungkin datang dari kehadiran semut di rumah Anda, walau tidak selamanya disadari.

9. Semut adalah Pakar Cuaca yang Akurat

Semut ternyata diciptakan dengan kemampuan khusus. Mereka mampu mendeteksi akan hadirnya perubahan cuaca. Jika rumah Anda tiba tiba didatangi koloni semut, membuat sarang di pojok pojok rumah, atau di tempat lain yang aman dan berteduh, maka yakinlah bahwa di luar sana bakal terjadi musim hujan atau musim salju.

10. Semut adalah Arsitek yang Hebat

Saya pernah melihat sebuah video di YouTube, seseorang memasukkan cairan tembaga yang panas ke dalam lubang sarang semut yang membukit di suatu tempat. Setelah cairan tetsebut mengering dan sarang semut digali, tampaklah sebuah bangunan sarang bawah tanah yang diselimuti labirin labirin. Saya benar benar takjub melihatnya. Semut yang berukuran kecil mampu membangun sebuah hunian berbahan tanah dan mengeras, lengkap dengan lorong lorong dan ruang ruang khusus yang tertata rapi. Sungguh luar biasa bukan! Kelak, mungkin saja ada arsitek yang terinspirasi membuat hotel berbintang 5 bawah tanah ala sarang semut.

Itulah 10 Manfaat Diciptakannya Semut yang berhasil saya hadirkan di artikel ini. Semoga terinspirasi.

No comments:

Post a Comment

Terimakasih atas kepatuhannya melakukan komentar yang sopan, tidak menyinggung S4R4 dan p0rnografi, serta tidak mengandung link aktif, sp4m, iklan n4rk0ba, senj4t4 ap1, promosi produk, dan hal-hal lainnya yang tidak terkait dengan postingan. Jika ada pelanggaran, maaf jika kami melakukan penghapusan sepihak. Terimakasih dan Salam blogger!