4 Manfaat Koperasi Sekolah untuk Siswa - INIRUMAHPINTAR.com

4 Manfaat Koperasi Sekolah untuk Siswa

INIRUMAHPINTAR.COM - Apa koperasi sekolah itu? Sebutkan manfaatnya? Koperasi sekolah adalah koperasi yang anggotanya terdiri dari para siswa sekolah dasar, sekolah menengah pertama, sekolah menengah atas, pondok pesantren, dan lembaga pendidikan sederajat. Dalam hal ini, guru berperan sebagai pembina dan pengawas saja. 

Karena koperasi sekolah amat baik bagi pengembangan kemandirian dan kedewasaan siswa, setiap lembaga pendidikan diharapkan memiliki koperasi. Selain 2 manfaat tersebut, di bawah ini terdapat 4 manfaat lain yang dapat dipetik dengan adanya koperasi sekolah, yaitu:

1. Membantu siswa dalam memenuhi kebutuhan dengan harga yang relatif murah daripada di toko atau di pasar

Sebagaimana sudah diungkapkan di atas, koperasi sekolah bertujuan untuk membantu siswa dalam memenuhi kebutuhannya seperti kebutuhan atas buku, alat tulis, makanan, dan minuman kecil. Lalu, apa bedanya dengan toko di luar sekolah?

Pertama, harga di toko relatif lebih mahal karena sebagai pedagang atau pemilik toko berusaha mengambil keuntungan sebesar-besarnya. Yang kedua, pembayaran di toko harus dilakukan kontan. Mungkin ada beberapa toko yang mau menerima piutang, namun jumlahnya tidak banyak.

Hal ini berbeda dengan koperasi sekolah. Karena dijalankan oleh siswa, koperasi sekolah tidak mengambil keuntungan sebesar-besarnya. Memang koperasi sekolah juga mengambil keuntungan, namun pada akhirnya keuntungan itu ditujukan untuk kemajuan koperasi dan kesejahteraan anggota.
4 Manfaat Koperasi Sekolah untuk Siswa | Ilustrasi: Seorang Siswa Sedang Belanja Makan Siang di Koperasi Sekolah

Bila disepakati, pembayaran (misalnya buku dan alat tulis) di koperasi sekolah dapat dilakukan secara cicilan setiap bulannya. Hal ini dapat meringankan beban siswa. Mereka tidak dipaksa untuk menyediakan uang tunai dalam jumlah besar untuk memperoleh barang yang diinginkan. Dan yang terakhir, makanan dan minuman yang dijual di koperasi siswa lebih terjamin dan terjaga kebersihannya. Koperasi akan berusaha menghindari penjualan makanan yang berbahaya bagi kesehatan.

2. Mengenalkan sekaligus Melatih siswa untuk berinvestasi

Investasi merupakan suatu bentuk penundaan konsumsi dari masa sekarang untuk masa depan, yang di dalamnya terkandung risiko ketidakpastian untuk memperoleh keuntungan (gain) dari investasi. Hal ini dapat kita pelajari di koperasi sekolah, meskipun dalam bentuk yang sederhana. Dengan membayar simpanan pokok dan simpanan wajib, pada dasarnya siswa sedang melakukan sebuah investasi. Anak akan belajar mengelola uang ini dengan baik sehingga pada akhirnya memperoleh keuntungan dan di akhir tahun dapat memberikan Sisa Hasil Usaha (SHU) kepada anggota. 

3. Memberi kesempatan kepada siswa untuk berlatih berwirausaha

Walaupun membuka usaha sendiri bukanlah tujuan setiap siswa, sifat-sifat kewirausahaan merupakan modal dan keterampilan bagi siswa yang akan sangat berguna saat dewasa nanti. Seorang pengusaha yang baik memiliki sifat antara lain selalu mencari peluang, ulet, memegang janji, selalu berorientasi pada kualitas dan efisiensi, berani mengambil risiko, mampu menentukan tujuan, mampu membuat perencanaan dan pengawasan yang efektif, dan juga memiliki rasa percaya diri.

Dengan belajar berkoperasi, siswa akan berlatih menjadi wirausahaan yang baik. Siswa juga akan belajar cara berorganisasi, memimpin, bekerja sama dengan orang lain, bertanggung jawab, dan sebagainya. Keterampilan seperti inilah yang akan berguna bagi siswa untuk terjun ke masyarakat.

4. Membuka kesempatan kerja bagi siswa untuk menjadi penyalur barang-barang dagangan

Dengan adanya koperasi sekolah, siswa dapat membantu penyalur barang-barang dagangan yang dibuat dalam industri rumah tangga. Siswa dapat membuat makanan kecil seperti gorengan atau jajanan untuk kemudian dijual di sekolah. Koperasi akan memperoleh barang yang lebih murah karena barang berasal langsung dari produsen, yaitu siswa. Bagi siswa yang menjadi produsen hal ini juga menguntungkan karena memberi tambahan pemasukan dan tambahan uang jajan.

Selain ke-4 manfaat yang dijelaskan di atas,  koperasi sekolah juga mempunyai peranan penting dalam:
  1. Membantu pemerintah dalam pembangunan bidang perkoperasian melalui pendidikan di sekolah.
  2. Melatih siswa supaya memiliki kesadaran berkoperasi.
  3. Melatih siswa untuk disiplin, jujur, setia kawan, suka bekerja keras, mempunyai jiwa demokratis, dan saling membantu antar sesama.
  4. Memberikan pengetahuan dan keterampilan berkoperasi pada siswa sehingga dapat menjadi bekal saat siswa terjun ke masyarakat.
  5. Mengembangkan jiwa wirausahan dan bisnis siswa.

Demikianlah 4 Manfaat Koperasi Sekolah untuk Siswa yang perlu kita ketahui. Semoga bermanfaat!

No comments:

Post a Comment

Terimakasih atas kepatuhannya melakukan komentar yang sopan, tidak menyinggung S4R4 dan p0rnografi, serta tidak mengandung link aktif, sp4m, iklan n4rk0ba, senj4t4 ap1, promosi produk, dan hal-hal lainnya yang tidak terkait dengan postingan. Jika ada pelanggaran, maaf jika kami melakukan penghapusan sepihak. Terimakasih dan Salam blogger!