10 Kelebihan Menggunakan Template Responsive - INIRUMAHPINTAR.com

10 Kelebihan Menggunakan Template Responsive

INIRUMAHPINTAR.COM - Apa sih template responsive itu? Apa saja manfaat dan kelebihannya. Ternyata, situs yang menggunakan desain template responsif sangat flexible dan mampu menyesuaikan diri. Artinya konten bergerak dengan bebas di semua resolusi layar dan perangkat. Jadi, apa yang tampak di versi web sebuah situs akan sama dengan apa yang tampak pada versi mobilenya, lengkap dengan fitur-fitur yang memudahkan pengalaman pengguna. 

Dulu orang membuat web dengan 2 konsep berbeda. Yakni memisahkan versi web dan mobile. Namun, setelah datangnya teknologi responsive, semua blogger beralih menggunakan template responsive. 

Agar lebih smart, mari simak 10 Kelebihan Menggunakan Template Responsive berikut ini:

1. Lebih Flexibel

Konten situs yang menggunakan template responsive cukup fleksibel untuk berpindah dari satu layar ke layar berikutnya dengan desain yang responsif. Hal ini berarti bahwa pengguna memiliki fleksibilitas untuk mengakses situs web Anda di perangkat mereka tanpa mengakibatkan distorsi konten atau lambat loading. Kelebihan ini memungkinan para visitor akan nyaman berselancar dan kembali berkunjung di blog Anda di masa akan datang.

2. Direkomendasikan Google

Dengan menggunakan template responsive, pengalaman penjelajahan visitor akan semakin baik. Dan tentu saja, Google akan merekomendasikan situs terbaik kepada jutaan pemasar digital yang menggunakan mesin telusur mereka. Apalagi, sesuai fakta Google memiliki 67 persen pasar pencarian, sehingga semakin baik sebuah blog memperbaiki pengalaman penjelajahan (termasuk menggunakan template responsive) maka sebesar pula kesempatan blog tersebut nangkring di papan teratas hasil pencarian google.

3. Mudah untuk Dikelola

Bila Anda memiliki situs web terpisah untuk desktop dan seluler, Anda juga memerlukan dua strategi konten terpisah, perbaikan SEO, dan tim desain. Dan pastinya itu sangat rumit. Berbeda jika Anda menggunakan template responsive, satu blog bisa dinikmati di layar manapun, baik itu di desktop, di handphone, atau di ipad, dan sejenisnya. Jadi, pengelolaan blog menjadi lebih mudah dan menghemat waktu.
10 Kelebihan Menggunakan Template Responsive

4. Biaya Lebih Terjangkau

Meski rumor menyebutkan bahwa desain template responsif itu mahal, sebenarnya cukup murah untuk menciptakan desain yang responsif. Bergantung pada fitur yang Anda inginkan, biaya awal desain responsif bisa lebih mahal, namun biaya overhead yang rendah disertai dengan sedikit kebutuhan pemasaran, personil, dan analisis membuatnya terjangkau dalam jangka panjang. Apalagi saat ini, telah banyak tersedia template jadi yang support dengan desain responsive. Jadi, tidak usah lagi repot-repot untuk mengutak-atik html dan coding.

5.Terhindar dari Duplikasi Konten

Adanya update Panda dan kualitas terbaru dalam algoritma peringkat pencarian Google, konten duplikat bisa sangat merugikan rangking blog. Dan adanya situs terpisah untuk seluler dan desktop menempatkan Anda pada risiko menjalankan konten duplikat di web. Namun, dengan menghadirkan desain template responsive untuk satu blog, tidak ada lagi keraguan atas adanya duplikasi konten yang mungkin terdeteksi oleh Google.

6. Membangun Link yang Kuat

Link building hanya bekerja saat Anda mengkliknya. Bila situs web Anda tidak sesuai dengan tampilan responsif, situs web akan memilki loading yang lambat dan mengurangi pengalaman pengguna. Sementara situs yang responsif dapat membangun link yang kuat.

7. Kecepatan Laman Lebih Cepat

Faktanya, waktu buka halaman rata-rata untuk semua perangkat adalah tujuh detik, jauh lebih lambat dari waktu ideal satu detik. Dan empat puluh persen dari semua pengguna ponsel akan meninggalkan halaman web jika waktu pemuatan (loading) melebihi 3 detik. Dan yang bisa memastikan kecepatan pemuatan berlangsung cepat hanyalah dengan menerapkan desain responsive pada situs Anda.

8. Tingkat Konversi Lebih Tinggi

Menggunakan template responsive menaikkan nilai konversi situs Anda. Para pengiklan tidak akan tanggung-tanggung untuk bekerja sama dengan Anda. Dan dalam waktu bersamaan, nilai CPC (BPK) akan naik secara signifikan, seiring dengan bertambahnya konten dan semakin uniknya situs Anda. Andai mau dijual, situs Anda pasti memiliki harga yang lebih mahal, dibanding situs lain yang berniche serupa tetapi belum responsive.

9. Mudah Terbaca di Google

Pelacakan dan analisis adalah beberapa faktor terpenting untuk situs web yang sukses, dan dengan memiliki desain web responsif, halaman situs menjadi mudah terbaca. Hal ini tentu menjadikan situs Anda mudah bersaing di halaman pertama pencarian Google. Biasanya semakin responsive sebuah situs, meski tanpa memaksimalkan fitur-fitur SEO secara mendalam, tulisan apapun sangat cepat memiliki angka rangkin Alexa yang ramping.

10. Mudah Mengelola Penempatan Iklan

Desain responsive memungkinkan Anda untuk mengelola penempatan iklan dengan maksimal. Tak perlu lagi melakukan optimasi pengaturan secara terpisah yang memakan waktu lama. Apalagi jika Anda juga memadukan template responsive Anda dengan iklan yang juga responsive, pengelolaan jauh lebih efisien.

Nah, itulah 10 Kelebihan Menggunakan Template Responsive pada blog atau web. Semoga membantu dan bermanfaat, terutama bagi Anda yang baru mengenal dunia blogging.

No comments:

Post a Comment

Terimakasih atas kepatuhannya melakukan komentar yang sopan, tidak menyinggung S4R4 dan p0rnografi, serta tidak mengandung link aktif, sp4m, iklan n4rk0ba, senj4t4 ap1, promosi produk, dan hal-hal lainnya yang tidak terkait dengan postingan. Jika ada pelanggaran, maaf jika kami melakukan penghapusan sepihak. Terimakasih dan Salam blogger!