Manfaat Bubur Kacang Hijau Untuk Ibu Hamil - INIRUMAHPINTAR.com

Manfaat Bubur Kacang Hijau Untuk Ibu Hamil

INIRUMAHPINTAR.COM - Inilah Manfaat Bubur Kacang Hijau Untuk Ibu Hamil yang perlu kita ketahui. Dengan harga yang relatif lebih murah, dan bisa diolah menjadi aneka makanan dan minuman yang lezat, kacang hijau bisa menjadi salah satu pilihan untuk mempercantik dan meningkatkan kesehatan tubuh, terutama untuk ibu hamil.


Kacang hijau dikenal sebagai tanaman yang mengandung sumber protein, rendah lemak, dan kaya serat yang mudah larut dalam tubuh. Kandungan inilah yang membuat kacang hijau kaya akan manfaatnya.

Selain mengandung serat dan protein, kacang hijau juga mengandung vitamin alami dan nutrisi mineral seperti asam folat, magnesium, karbohidrat, yang pastinya akan memberikan manfaat luar biasa bagi tubuh. 

Inilah Manfaat Bubur Kacang Hijau Untuk Ibu Hamil:

1. Menjaga Kesuburan dan Kesehatan Janin

Manfaat Bubur Kacang Hijau Untuk Ibu Hamil
Kandungan asam folat dalam bubur kacang hijau bagus untuk menjaga kesuburan sekaligus meningkatkan pertumbuhan janin di dalam rahim.

Asam folat yang terkandung dalam kacang hijau sangat tinggi, sehingga cukup baik bagi wanita yang ingin merencanakan kehamilan atau sedang hamil. Anda bisa mengonsumsi kacang hijau sebagai salah satu kandungan makanan berkhasiat.

Selain menyehatkan kandungan, mengkonsumsi kacang hijau selama kehamilan juga bisa mencegah bayi lahir prematur, keguguran, berat badan rendah, dan bahkan melindungi bayi lahir cacat setidaknya  hingga 50%.

2. Melancarkan Pencernaan dan Menurunkan Kolesterol

Bubur kacang hijau mengandung serat makanan yang tidak hanya baik untuk pencernaan, tapi juga bisa membantu menurunkan kolesterol dalam tubuh. Bahkan serat juga bisa membantu dalam menurunkan risiko terkena penyakit jantung dan diabetes.

Semua ini bisa diraih karena kacang hijau bisa membuat Anda kenyang lebih cepat dan tahan lama, sehingga pola makan menjadi lebih teratur sehingga bisa menurunkan berat badan dengan cepat.

3. Bubur Kacang Hijau Cocok untuk Nutrisi Diet

Dengan kandungan lemak rendah, bubur kacang hijau sangat cocok untuk diet penurunan berat badan. Dengan kata lain, cocok untuk wanita yang ingin menjaga berat badan sehingga tetap langsing, termasuk para ibu hamil.

Dalam 100 g kacang hijau setidaknya mengandung 347 kilokalori dan 1,15 gram lemak. Dengan kandungan lemak rendah, bubur kacang hijau dapat membantu penderita obesitas (kelebihan berat badan) untuk mengembalikan berat badannya yang normal.

Apalagi, ditambah sifat kekenyangannya yang lebih lama, jelas Anda tidak bisa lagi takut kelaparan walau tidak sering makan.

4. Meningkatkan Energi

Kandungan karbohidrat yang terkandung dalam bubur kacang hijau sangat bermanfaat untuk meningkatkan energi di dalam tubuh, baik untuk ibu hamil maupun untuk wanita sehat. Hasilnya, Anda akan lebih bersemangat dalam melakukan aktivitas sepanjang hari.

Dan yang paling mewah adalah kacang hijau tergolong salah satu sumber karbohidrat terbaik. Pada saat masuk ke dalam tubuh, karbohidrat akan dipecah menjadi glukosa yang berguna sebagai bahan bakar pembentukan energi.

Campuran karbohidrat dan serat yang ada dalam bubur kacang hijau juga berkhasiat untuk mencegah kontipasi (sulit BAB), menurunkan kolesterol, dan bagus untuk mengobati kesehatan usus.

5. Meningkatkan Kepadatan Tulang

Magnesium dalam bubur kacang hijau dapat membantu meningkatkan kepadatan tulang, sehingga menurunkan risiko osteoporosis pasca-menopause.

Magnesium adalah salah satu mineral yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Dalam 100 gram kacang hijau mengandung magnesium 53%. Dengan mengonsumsi bubur kacang hijau secara teratur Anda dapat menurunkan risiko terkena keropos tulang, meningkatkan pembentukan sel tulang, dan menjaga kepadatan tulang.

Selain itu, bubur kacang hijau juga memiliki efek magnesium yang baik untuk penderita diabetes, untuk kesehatan jantung, dan membantu mengurangi gejala sindrom pra-menstruasi (misalnya kembung, nyeri, dan insomnia).

Cara Memasak Kacang Hijau Murni yang Enak dan Sehat

Bahan:
  1. 1/4 kg kacang hijau
  2. 1/4 kg gula merah
  3. Saring kelapa sesuai kebutuhan
  4. Garam secukupnya

Tata Cara Pembuatannya:
  1. Rebus kacang hijau sampai benar-benar matang dan lembut
  2. Masukkan santan sedikit demi sedikit, lalu masukan campuran gula merah sampai meleleh dan bentuknya tak terlihat lagi
  3. Tambahkan gula atau garam sesuai kebutuhan dan diamkan beberapa saat
  4. Bubur kacang hijau nikmat siap disajikan.

Manfaat bubur kacang hijau di atas berasal dari kandungan nutrisi, vitamin, dan mineral di dalamnya. Kandungan nutrisi kacang hijau sebenarnya juga mengandung kalsium, zat besi, potasium, seng, vitamin B kompleks (B1, B2, B3, B5, B6), vitamin C, dan vitamin E yang bermanfaat baik untuk tubuh.

Terakhir, sangat direkomendasikan untuk memasukkan kacang hijau sebagai menu sehari-hari, terutama bagi ibu hamil. Murah, mudah ditemukan, dan bisa diolah menjadi aneka hidangan lezat. Itulah ulasan singkat tentang Manfaat Bubur Kacang Hijau Untuk Ibu Hamil. Semoga bermanfaat!

No comments:

Post a Comment

Terimakasih atas kepatuhannya melakukan komentar yang sopan, tidak menyinggung S4R4 dan p0rnografi, serta tidak mengandung link aktif, sp4m, iklan n4rk0ba, senj4t4 ap1, promosi produk, dan hal-hal lainnya yang tidak terkait dengan postingan. Jika ada pelanggaran, maaf jika kami melakukan penghapusan sepihak. Terimakasih dan Salam blogger!