10 Manfaat Shalat Subuh Berjamaah Menurut Hadist Rasulullah - INIRUMAHPINTAR.com

10 Manfaat Shalat Subuh Berjamaah Menurut Hadist Rasulullah

INIRUMAHPINTAR.COM - 10 Manfaat Shalat Subuh Menurut Hadist Rasulullah. Salah satu karunia terbesar dan nikmat Allah SWT yang tak terhitung jumlahnya adalah bahwa Dia menundukkan siang dan malam untuk hamba-hamba-Nya, yang tanpanya tiada yang bisa bertahan.

Atas segala rahmat-Nya kepada umat manusia tersebut sehingga Dia memasukkan malam di dalam siang, dan menjadikan siang di dalam malam. Melalui perputaran waktu tersebut, kita bisa bekerja di siang hari dan beristirahat di malam hari.

Lagi pula, rehat di waktu malam dapat membantu kita untuk bertahan dan lebih bugar dalam menjalankan ibadah pada hari itu, sebagaimana tujuan kita diciptakan.

Salah satu ibadah yang spesial yaitu shalat subuh (fajar), yang sebaiknya dilaksanakan berjamaah di masjid, karena banyaknya keutamaan dan keunggulan yang terkandung di dalamnya.

Berikut ini adalah manfaat dan kabar gembira bagi mereka yang menyelenggarakan shalat berjamaah. Setiap Muslim harus mengingatnya, untuk mencapai manfaat dan kabar gembira yang begitu besar baik di dunia ini maupun di akhirat:

1. Mendapat Perlindungan Allah

Siapapun yang menyelenggarakan shalat subuh berjamaah akan menikmati perlindungan Allah (SWT) baik di dunia ini maupun di akhirat. Nabi (SAW) berkata:

"Barangsiapa melaksanakan shalat subuh, maka dia berada di bawah perlindungan Allah, tapi siapa pun luput mengabaikan hak Allah, maka Allah akan memasukkan dan melemparkannya ke dalam neraka." (Sahih Muslim 657).

2. Memperoleh Hadiah Surga

Siapapun yang melaksanakan shalat subuh akan masuk surga. Sebagaimana Hadist dari Rasulullah SAW yang berbunyi:

"Siapapun yang mendirikan 2 shalat utama yakni Ashar dan Subuh akan masuk surga." (Al-Bukhari 574).

3. Diselamatkan dari Api Neraka

Siapapun yang menegakkan shalat subuh akan diselamatkan dari neraka. Nabi (SAW) bersabda:

"Tiada yang akan memasuki neraka bagi mereka yang berdoa sebelum matahari terbit dan sebelum terbenam." (Artinya melaksanakan shalat subuh dan ashar). (Sahih Muslim 634).

4. Malaikat akan Bersaksi Untuknya

Para malaikat menyaksikan orang-orang yang melakukan shalat subuh dan ashar. Nabi (SAW) berkata:

"Malaikat datang kepadamu berturut-turut pada siang dan malam, dan mereka bertemu pada waktu shalat subuh dan ashar. Kemudian malaikat-malaikat yang menghabiskan malam di antara waktu tersebut akan ditanya oleh Allah SWT, walaupun Dia tahu yang terbaik: 'Dalam kondisi apakah kamu meninggalkan hamba-hambaKu?' Mereka akan berkata: 'Kami meninggalkan mereka saat mereka sedang berdoa dan kami datang kepada mereka saat mereka sedang berdoa."(Al-Bukhari 555).

5. Allah Memberikan Penerangan dan Perlindungan

Allah SWT akan memberikan penerangan yang lengkap bagi mereka yang pergi ke masjid dalam gelap untuk melaksanakan shalat subuh berjamaah. Nabi (SAW) berkata:

"Beri keselamatan kepada mereka yang berjalan ke masjid dalam kegelapan; dari cahaya yang lengkap pada Hari Kebangkitan. "(Abu Dawud 561).

Kitab Suci Allah, Al-Qur'an juga menggambarkan cahaya orang beriman pada Hari Penghakiman:

"....Cahaya mereka akan memancar di depan mereka, dan juga di sebelah kanan mereka. Seraya berkata: 'Ya Tuhan kami! Sempurnakanlah untuk kami cahaya kami; Sungguh Engkau Mahakuasa atas segala sesuatu. '"(At-Tahrim 66: 8).

6. Memperoleh Penghargaan yang Tinggi

Siapapun yang menyelenggarakan shalat subuh secara berjamaah akan dihargai seolah-olah dia shalat sepanjang malam. Nabi (SAW) berkata:

"Siapa pun yang melaksanakan shalat subuh secara berjamaah, seolah-olah dia telah shalat sepanjang malam." (Muslim 656).

7. Aman dari Sifat Munafik

Siapapun yang melaksanakan shalat subuh berjamaah akan mendapatkan keamanan dari kemunafikan. Nabi (SAW) berkata:

"Shalat yang paling memberatkan bagi orang-orang munafik adalah shalat Isya dan Subuh. Jika mereka tahu apa yang ada di dalamnya, mereka akan datang sekalipun harus merangkak. "(Muslim 651).

8. Shalat Sunah Sebelum Subuh Lebih Baik dari Dunia Seisinya

Shalat sunnah sebelum sebelum shalat wajib subuh lebih baik dari dunia ini dan semua yang ada di dalamnya. Nabi (SAW) berkata:

"Shalat Rakaat Fajar (Subuh) lebih baik dari dunia ini dan segala isinya." (Muslim 725).

Jika dua shalat sunnah subuh lebih baik dari pada dunia ini dan semua yang ada di dalamnya maka apa yang bisa dibayangkan tentang hadiah dua rakaat shalat wajib wajib subuh. Tentu jauh lebih baik.

9. Akan Berjumpa dengan Allah di Hari Kiamat

Mereka yang terus-menerus melaksanakan shalat akan menemui Tuhan mereka pada hari kiamat. Nabi (SAW) melihat bulan pada malam bulan purnama dan berkata:

"Anda pasti akan melihat Tuhan Anda seperti yang Anda lihat ini (bulan), dan tidak akan ada masalah dalam melihat Dia. Jadi, jika Anda bisa menghindari kelalaian (misalnya tertidur, urusan duniawi, dll.) Sebuah shalat sebelum terbitnya matahari (Fajar) dan sebelum malam (Ashar), akan membawa Anda berjumpa dengan Allah kelak. "(Al-Bukhari 573).

10. Enerjik dan Memiliki Emosi yang Stabil

Mereka yang melakukan shalat subuh menjadi lebih enerjik dan memiliki temperamen yang baik. Nabi (SAW) berkata:

"Setan mengikatkan tiga simpul di belakang kepala Anda saat salah satu dari Anda pergi tidur. Dia bertiup (sebuah mantra) pada setiap simpul, (katakanlah): 'Anda memiliki malam yang panjang, jadi tidurlah (melalui itu).' Jadi jika orang itu bangun dan mengingat Allah, satu simpul dilepaskan. Dan jika dia melakukan wudhu (wudhu), simpul lain terlepas. Dan jika dia berdoa, simpul lain dilepaskan, dan dia muncul (di pagi hari) energik dan memiliki temperamen yang baik. Jika tidak, dia bangkit dengan temperamen yang buruk, merasa malas. "(Al-Bukhari 3269).
***

Shalat adalah pilar kedua dalam Islam dan merupakan kewajiban setiap muslim, baik laki-laki maupun perempuan. Shalat tepat waktu dan berjamaah memiliki lebih banyak kebajikan daripada shalat secara terpisah. Bahkan, sejumlah manfaat dan kabar gembira yang dipaparkan di atas hanya dapat dicapai jika seseorang ikhlas melaksanakannya secara teratur, tepat waktu dan berjamaah. Masihkah kita mau meninggalkannya?

No comments:

Post a Comment

Terimakasih atas kepatuhannya melakukan komentar yang sopan, tidak menyinggung S4R4 dan p0rnografi, serta tidak mengandung link aktif, sp4m, iklan n4rk0ba, senj4t4 ap1, promosi produk, dan hal-hal lainnya yang tidak terkait dengan postingan. Jika ada pelanggaran, maaf jika kami melakukan penghapusan sepihak. Terimakasih dan Salam blogger!