8 Manfaat Google Drive bagi Kehidupan Millenial - INIRUMAHPINTAR.com

8 Manfaat Google Drive bagi Kehidupan Millenial

INIRUMAHPINTAR.COM - Apa sih manfaat Google Drive bagi kehidupan Millenial seperti saat ini? Ternyata Google Drive sangat bermanfaat di semua bidang, seperti bagi mereka yang bergelut di dunia pendidikan, bisnis, dan bahkan personal.

Emang Google Drive itu apa sih? Ini penjelasannya. Perlu kita ketahui bahwa Google Drive merupakan layanan penyimpanan data gratis berbasis online yang ditawarkan oleh perusahaan raksasa mesin pencari asal Amerika yaitu, Google.

Dalam hal ini, Google Drive tidak tanggung-tanggung menawarkan ruang penyimpanan hingga 15 gigabyte yang dapat Anda gunakan untuk menyimpan file penting, dokumen, gambar dan sebagainya.

Anda tidak perlu lagi khawatir akan kehilangan data seperti yang sering terjadi ketika menggunakan media penyimpanan konvensional seperti flash disk atau hardisk, karena rawan terkena virus atau mengalami kerusakan hardware.

Dalam hal ini, Google Drive menggunakan teknologi komputasi yang super canggih, data berharga Anda disimpan di salah satu server Google sehingga Anda dapat mengaksesnya kapanpun dan dimanapun Anda berada, asalkan ada jaringan internet.

Apakah cuma sesederhana itu manfaat dari Google Drive? Ternyata tidak, saya sudah merangkum sedikitnya 8 manfaat Google Drive bagi kehidupan millenial yang wajib kita ketahui:

Manfaat 1. Praktis dan Aman untuk Mem-Back Up Data

Berbeda dengan media penyimpanan biasa seperti flash disk atau hard disk, Google Drive jauh lebih aman untuk menyimpan data-data berharga seperti foto keluarga, dokumen pribadi, dan berkas-berkas kuliah atau kantor. Pasalnya, Google Drive adalah ruang penyimpanan berbasis online yang tidak membutuhkan perangkat keras untuk dibawa kemana-mana.

Selain itu, Google lebih aman dari virus dan lebih efektif daripada menyimpan data di CD, flash disk, atau hardisk. Jadi, sewaktu-waktu data yang sebelumnya telah disimpan di Google Drive dapat di back up atau dibuka kembali jika sewaktu-waktu dibutuhkan.

Manfaat 2. Bisa Mengirim File ber-Volume Besar

Kadangkala untuk suatu urusan, baik personal maupun bisnis, Anda perlu mengirim suatu file yang berukuran besar ke kolega, teman, atau keluarga. Sayangnya, dengan perantaraan flash disk atau hard disk proses tersebut justru kurang aman, dengan alasan rawan virus. Imbasnya, laptop Anda juga berpotensi terjangkiti virus yang bisa berakibat hilangnya data-data penting lainnya.

Untungnya, jika Anda menggunakan Gmail, juga menggunakan Google Drive, Anda dapat mengirim file besar ke kontak Anda langsung dari akun email Anda tanpa harus khawatir lagi akan bahaya virus.

Manfaat 3. Mudah untuk Mengakses Dokumen

Jika Anda perlu mengakses file saat dalam perjalanan, Anda tinggal mendownload aplikasi Google Drive ke smartphone Anda lalu mengunduh file-file word, excel, atau file jpeg dalam hitungan detik atau menit. Bergantung besarnya file.

Anda bisa menggunakan cara ini jika Anda perlu melakukan presentasi, mencari referensi atau menunjukkan bukti pembelian kepada rekan bisnis Anda.

Dengan adanya Google Drive, Anda tidak perlu repot-repot lagi membawa tumpukan dokumen kemana-mana.  Cukup menyimpannya di Google Drive dan Anda bisa mengaksesnya kapanpun dibutuhkan.

Manfaat 4. Memudahkan Pencarian

Google Drive memiliki mesin telusur bawaannya sendiri, yang memungkinkan Anda mencari dokumen menurut jenis file, seperti gambar, dokumen Word atau video, dan juga kata kunci. Fitur ini tentu memungkinkan Anda untuk mencari dokumen dalam waktu singkat.

Bayangkan jika Anda harus mencari dokumen di antara ribuan lembar yang tersimpan di lemari kerja Anda. Sungguh menyita waktu bukan? Makanya, Google Drive hadir untuk memudahkan kehidupan millenial Anda.

Manfaat 5. Fitur Pengenal Karakter Optik

Jika Anda kebetulan mencari seseorang atau sesuatu secara khusus, Google Drive akan membantu Anda. Teknologi pengenal karakter optik Google Drive mampu memindai melalui dokumen yang disimpan oleh pengguna lain dan menemukan kata (atau nama) yang Anda cari.

Bahkan fitur ini memungkinkan juga untuk melakukan penelitian tentang topik-topik yang Anda butuhkan. Dengan kata lain, proses pencarian karakter bisa dilakukan secara otomatis, bukan manual yang sungguh membuang-buang waktu.

Manfaat 6. Bisa Membuka dan Mengedit Berbagai Jenis Dokumen

Apakah Anda menggunakan komputer yang tidak memiliki perangkat lunak yang Anda butuhkan untuk membuka file jenis tertentu? Jangan khawatir, silahkan unggah ke akun Google Drive Anda dan buka dari sana.

Google Drive memungkinkan Anda membuka dokumen dari file Adobe Suite, hingga spreadsheet dan dokumen Microsoft Word. Sungguh sebuah layanan praktis All in One yang pas untuk kehidupan millenial.

Manfaat 7. Fitur Pendeteksi atau Pengenal Gambar

Yang satu ini lebih merupakan fitur yang unik dan sangat bermanfaat. Teknologi pengenal gambar Google Drive benar-benar dapat mengenali konten gambar Anda. Jika Anda telah mengunjungi suatu tempat liburan lalu mengunggah foto-foto Anda tersebut di Google Drive, maka secara otomatis akan tampil ketika seseorang melakukan pencarian tentang nama tempat liburan tersebut melalui pencarian Google Drive. Dalam hal ini, gambar dapat dikenali sesuai lokasi dengan tepat.

Manfaat 8. Gratis

Yang paling menarik dari semua fitur dan manfaat Google Drive yang telah disebutkan di atas, yakni Google Drive tidak memungut biaya bagi para  pemakainya. Jadi, semua orang bisa menggunakannya secara gratis, kecuali mereka yang membutuhkan ruang penyimpanan lebih besar (user premium), perlu biaya tambahan. Namun, saya pikir, ruang Google Drive yang versi free sudah lebih dari cukup.
***
Sekarang saatnya kita sebagai generasi millenial yang menggunakan Google Drive dan menikmati seluruh fitur-fiturnya untuk berterimakasih kepada Google. Thanks Google!

No comments:

Post a Comment

Terimakasih atas kepatuhannya melakukan komentar yang sopan, tidak menyinggung S4R4 dan p0rnografi, serta tidak mengandung link aktif, sp4m, iklan n4rk0ba, senj4t4 ap1, promosi produk, dan hal-hal lainnya yang tidak terkait dengan postingan. Jika ada pelanggaran, maaf jika kami melakukan penghapusan sepihak. Terimakasih dan Salam blogger!