Penyebab, Gejala, Pengobatan Pneumonia untuk Dewasa dan Anak-Anak - INIRUMAHPINTAR.com

Penyebab, Gejala, Pengobatan Pneumonia untuk Dewasa dan Anak-Anak

INIRUMAHPINTAR.COM - Inilah informasi tentang Penyebab, Gejala, Pengobatan Pneumonia untuk Dewasa dan Anak-Anak. Apa itu pneumonia? Pneumonia adalah penyakit infeksi paru-paru yang serius. Seseorang mengidap pneumonia disebabkan oleh bakteri atau kuman pneumonia, aspirat cairan atau kotoran lainnya yang terhirup ke paru-paru. Orang yang sedang sakit atau yang memiliki kondisi kronis lebih rentan terkena pneumonia.

Gejala pneumonia umumnya ditandai dengan adanya batuk yang menghasilkan dahak berwarna hijau atau darah. Gejala pneumonia lainnya termasuk demam, sesak napas, napas cepat dan menggigil. Nyeri dada yang memburuk saat bernafas atau batuk, detak jantung cepat, kelelahan, lemas, mual, dan muntah merupakan gejala tambahan yang mungkin bisa terjadi.

Langkah pertama untuk pengobatan pneumonia adalah penggunaan antibiotik, menurut WebMD. Antibiotik yang digunakan tergantung pada gejala dan tingkat keparahannya. Dokter juga melihat usia pasien dan apakah pasien memerlukan rawat inap saat menentukan pengobatan dan antibiotik yang ditentukan. Kebanyakan orang mulai melihat perbaikan gejala dalam tiga hari sejak dimulainya pengobatan, dan semakin cepat pasien mengonsumsi antibiotik setelah perkembangan pneumonia, semakin cepat masa pemulihan.

Jika perbaikan gejala pneumonia tidak terjadi dalam tiga hari, dokter mungkin melakukan tes kultur untuk menentukan apakah pneumonia resisten terhadap terapi antibiotik. Setelah itu, dokter bisa mengubah rencana perawatan dan memesan obat yang berbeda untuk pasien.
Penyebab, Gejala, Pengobatan Pneumonia untuk Dewasa dan Anak-Anak





Bagaimana dan Dimana Pneumonia Ditemukan?

Laporan tertulis pertama tentang pneumonia berasal dari Hippocrates (460-370 SM) di Yunani, menurut News Medical. Selanjutnya, Edwin Klebs dalam penemuannya pada tahun 1875 mendeteksi adanya bakteri pneumonia pada saluran udara pasien yang telah meninggal. Carl Friedlander dan Albert Frankel juga mengidentifikasi dua strain bakteri pneumonia pada tahun 1882 dan 1884.

Bagaimana Gejala Pneumonia?

Pneumonia adalah infeksi paru-paru, menurut Mayo Clinic. Penyebab umum dari jenis pneumonia adalah adanya bakteri dan virus. Jenis pneumonia yang umum bisa ditangani dengan antibiotik. Sedangkan jenis pneumonia lainnya termasuk pneumonia bisa lebih serius karena lebih tahan terhadap pengobatan antibiotik.

Pengobatan pneumonia yang dilakukan oleh masyarakat biasanya adalah beristirahat di rumah, karena gejala biasanya mudah terjadi setelah beberapa hari. Pengobatan yang diambil biasanya adalah dengan mengonsumsi obat batuk. Namun, Mayo Clinic menyatakan hal tersebut bukan ide yang baik  karena batuk justru membantu mengeluarkan lendir dan cairan dari paru-paru.

Untuk jenis pneumonia lainnya, antibiotik biasanya diresepkan. Jika pneumonia disebabkan oleh virus, maka antivirus diberikan. Penderita pneumonia biasanya membaik setelah beberapa minggu, meski masih merasa lelah atau mudah capek.

Bagaimana Gejala Pneumonia pada Anak-Anak?

Jika pneumonia mempengaruhi bagian bawah paru-paru, anak cenderung mengalami masalah pernapasan. Bila pneumonia disebabkan bakteri, maka anak menjadi cepat sakit, dan gejala yang umum adalah demam dan pernapasan cepat. Sementara jika penyebabnya virus, gejalanya sering tidak muncul dengan cepat. Pada anak yang lebih tua, sakit kepala, ruam dan radang tenggorokan adalah karakteristik awal.

Bayi yang menderita pneumonia karena klamidia juga merasakan pinkeye, dan penyakit ringan tanpa demam mungkin satu-satunya gejala. Bayi yang menderita radang paru-paru akibat batuk akan merasa sulit bernafas.

Bagaimana Gejala Pneumonia pada Orang Dewasa?

Pneumonia berjalan adalah jenis pneumonia yang lebih ringan dan cenderung mempengaruhi individu yang tinggal dan bekerja di tempat yang ramai, seperti sekolah, penjara dan tempat penampungan tunawisma. Jenis pneumonia ini menular. Bakteri Mycoplasma pneumoniae adalah penyebab paling umum. Bakteri ini menyebar saat orang yang terinfeksi batuk atau bersin. Dengan jenis infeksi ini, orang tersebut  bisa pergi bekerja dan melanjutkan rutinitas sehari-hari. Selain itu, jamur, virus, makanan yang dihirup dan bahan kimia juga bisa menyebabkan pneumonia.

Dokter mengobati pneumonia dengan berbagai cara. Bila terbukti disebabkan oleh bakteri, dokter menggunakan antibiotik untuk menghilangkan infeksi, menurut Mayo Clinic. Jika kondisinya tidak membaik dengan satu antibiotik, dokter mungkin menyarankan untuk menggunakan yang lain. Demam reducer, termasuk aspirin, acetaminophen dan ibuprofen juga membantu. Jika batuk mengganggu tidur, dokter mungkin meresepkan obat untuk menghentikannya agar pasien bisa tidur. Namun, karena batuk membantu membersihkan paru-paru dan penyembuhan, eliminasi yang lengkap tidak diinginkan.

Bagaimana Pengobatan Pneumonia yang Tepat?

Pneumonia paling sering disebabkan oleh bakteri dan memiliki tingkat keberhasilan tinggi saat diobati dengan antibiotik. Kasus lain yang lebih parah, ketika antibiotik tidak mempan, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter atau ahli medis Anda. Pengobatan alternatif yang tepat juga tidak ada salahnya dicoba. Sembari memaksimalkan istirahat, asupan gizi, menjernihkan pikiran, dan banyak-banyak berdoa.

No comments:

Post a Comment

Terimakasih atas kepatuhannya melakukan komentar yang sopan, tidak menyinggung S4R4 dan p0rnografi, serta tidak mengandung link aktif, sp4m, iklan n4rk0ba, senj4t4 ap1, promosi produk, dan hal-hal lainnya yang tidak terkait dengan postingan. Jika ada pelanggaran, maaf jika kami melakukan penghapusan sepihak. Terimakasih dan Salam blogger!