Manfaat dan Kekurangan Pasar Modal Bagi Perusahaan - INIRUMAHPINTAR.com

Manfaat dan Kekurangan Pasar Modal Bagi Perusahaan

INIRUMAHPINTAR.COM - Kali ini mari kita renungkan apa saja keuntungan/manfaat dan kerugian pasar modal bagi perusahaan. Suatu perusahaan dapat melepaskan kepemilikan perusahaannya ke pasar modal yakni dengan istilah saham. Setiap orang atau perusahaan yang menanam modal pun dinamakan pemilik saham. Apakah proses ini akan memberikan keuntungan atau manfaat kepada perusahaan? atau justru menghasilkan kerugian yang beresiko?

Dengan melempar perusahaan ke pasar modal artinya perusahaan akan menjadi perusahaan publik. Yang keuntungannya akan dibagi ke seluruh pemilik saham, dan kerugiaannya akan ditanggung bersama baik oleh pemilik perusahaan maupun para pemilik saham.
Manfaat dan Kekurangan Pasar Modal Bagi Perusahaan
Inilah Manfaat dan Kerugian Pasar Modal Bagi Perusahaan yang perlu kita renungkan:

Manfaat Pasar Modal bagi Perusahaan

  1. memberi akses modal baru untuk mengembangkan bisnis sehingga memudahkan pemilik perusahaan dan para investor lainnya - termasuk pemodal ventura - untuk mewujudkan investasinya
  2. memungkinkan pemilik perusahaan untuk menawarkan insentif tambahan kepada karyawan dengan memberikan opsi saham sehingga dapat mendorong dan memotivasi karyawan untuk bekerja menuju visi misi jangka panjang
  3. menempatkan nilai yang lebih tinggi pada bisnis perusahaan
  4. meningkatkan profil publik perusahaan, dan memberikan kepastian kepada pelanggan dan pemasok.
  5. memungkinkan perusahaan melakukan bisnis, misalnya akuisisi dengan menggunakan saham biasa sebagai mata uang
  6. menciptakan pasar untuk saham perusahaan

Kekurangan Pasar Modal bagi Perusahaan

Selain memiliki keuntungan dan manfaat, hal ini juga memungkinkan terjadinya potensi kekurangan sebagai beriku:
  1. Fluktuasi pasar - bisnis perusahaan menjadi rentan terhadap fluktuasi pasar karena berada di luar kendali perusahaan seperti halnya jika terjadi sentimen pasar, kondisi ekonomi negara maupun global atau adanya perkembangan/penurunan kinerja di sektor perusahaan.
  2. Biaya - biaya flotasi dapat menjadi substansial dan ada juga biaya berkelanjutan untuk menjadi perusahaan publik, seperti biaya profesional yang lebih tinggi.
  3. Tanggung jawab kepada pemegang saham - sebagai imbalan atas modalnya, perusahaan harus mempertimbangkan kepentingan pemegang saham saat menjalankan perusahaan, yang mungkin berbeda dari tujuan perusahaan sendiri.
  4. Kebutuhan transparansi - perusahaan publik harus mematuhi berbagai persyaratan peraturan tambahan dan memenuhi standar tata kelola perusahaan yang berlaku termasuk transparansi, dan perlu membuat pengumuman tentang adanya perkembangan baru.
  5. Permintaan pada tim manajemen - manajer dapat terganggu dalam menjalankan bisnis selama proses flotasi dan karena perlu berurusan dengan investor setelahnya.
  6. Hubungan investor - untuk memaksimalkan keuntungan menjadi perusahaan publik dan menarik minat investor lebih lanjut dalam saham, perusahaan perlu merahasiakan informasi dari investor.
Demikianlah informasi tentang keuntungan/manfaat dan kekurangan pasar modal bagi perusahaan. Semoga bisa menjadi renungan sebelum membawa perusahaan ke pasar modal. 

No comments:

Post a Comment

Terimakasih atas kepatuhannya melakukan komentar yang sopan, tidak menyinggung S4R4 dan p0rnografi, serta tidak mengandung link aktif, sp4m, iklan n4rk0ba, senj4t4 ap1, promosi produk, dan hal-hal lainnya yang tidak terkait dengan postingan. Jika ada pelanggaran, maaf jika kami melakukan penghapusan sepihak. Terimakasih dan Salam blogger!