Manfaat Buah Naga untuk Rambut, Kulit, dan Kesehatan Tubuh - INIRUMAHPINTAR.com

Manfaat Buah Naga untuk Rambut, Kulit, dan Kesehatan Tubuh

INIRUMAHPINTAR.COM - Buah Naga? Makhluk apakah itu? Apakah buah tersebut bisa dimakan? Yah, tentu saja. Lalu, apa saja manfaat dari buah naga? Apakah bagus untuk diet? Apa saja khasiatnya untuk kesehatan dan kecantikan badan? Dan darimanakah buah itu berasal? Apakah pertama kali ditanam oleh seekor naga? Benarkah demikian? saya yakin banyak sekali pertanyaan-pertanyaan unik tentang keberadaan buah naga.

Untuk itu, saya akan mengulasnya di artikel ini. Saya tidak hanya menjelaskan tentang manfaat dari buah naga, tetapi juga tentang asal-asulnya, penamaan ilmiahnya, kandungan gizinya, dan penyakit-penyakit yang dapat diatasinya. Mari kita cermati penjelasan berikut ini!

Asal Usul, Bentuk, dan Penyebaran Buah Naga

Nama ilmiah buah naga yaitu Hylocereus undatus. Merupakan keluarga Cactaceae dalam ilmu Biologi. Asalnya yaitu dari Amerika Selatan. Buah naga juga memiliki sebutan lain yaitu buah Pitaya, tanaman Cinderella, atau Moonlovers.

Buah Naga sejatinya memang berasal dari Amerika Selatan. Namun, seiring dengan berjalannya waktu, buah ini telah dibudidayakan di berbagai belahan dunia, termasuk di Asia Tenggara. Bahkan, buah naga kini menjadi salah satu buah populer di China, Vietnam, Thailand, dan juga di Indonesia.

Lalu, mengapa buah ini digelari buah naga? Usut punya usut, ternyata penamaan itu berawal dari rupa buah naga yang memang menyerupai sisik naga, bersisik, dengan warna pink mencolok.

Jika Anda melihat buah ini dari dekat, pasti menyadari mengapa varietas ini digelari buah naga. Kulitnya memiliki sisik dan warna yang mirip dengan naga Cina-berapi-api merah, kuning dan hijau.

Stok buah naga sebenarnya masih terbatas. Namun, angka popularitasnya semakin meningkat dari tahun ke tahun. Di Indonesia sendiri, para petani mulai melirik untuk ikut menanam buah Naga di kebun-kebun mereka. Hal itu tentu beralasan. Selain harganya cukup mahal, khasiatnya pun diyakini sangat banyak.

Manfaat Buah Naga untuk Rambut, Kulit, dan Kesehatan Tubuh


Dan yang paling menguntungkan, iklim Indonesia sangat cocok untuk budidaya buah Naga. Selain tidak terlalu membutuhkan banyak air layaknya buah-buahan lain, buah Naga juga dapat menjadi hiasan di halaman rumah karena bentuknya menyerupai tanaman Kaktus. Dan benar saja, buah naga memang termasuk dalam kategori tanaman kaktus.

Fakta unik tentang buah naga yaitu bunganya mekar semalam dan akan layu di pagi hari. Untuk pembuahan sendiri, buah naga mengandalkan penyerbuk nokturnal layaknya kelelawar atau ngengat. Meskipun bunganya mati, tanaman tersebut dapat berbuah kira-kira enam kali setiap tahun. Musim puncaknya adalah antara musim panas dan awal musim gugur. Wah, sangat menarik untuk dijadikan objek agribisnis.

Jenis Varietas dan Isi Buah Naga

Pada dasarnya, ada 2 varietas dari buah luar biasa ini. Satu dengan daging putih, sedangkan yang lainnya dengan daging merah (buah naga merah). Kedua varietas tersebut berkulit merah atau kuning (tampak menyerupai buah nanas). Kedua varietas tersebut sama-sama memiliki biji-biji kecil berwarna hitam yang dapat dimakan.

Jadi, untuk memakannya tidak terlalu sulit. Tinggal lep...lep...lep...Bagi yang pernah memakannya, pasti akan ketagihan karena rasanya begitu nikmat, mirip buah pir atau kiwi, tetapi lebih renyah dan lezat.

Kandungan Gizi Buah Naga

Buah naga mengandung kadar fitonutrien, mineral, dan vitamin yang luar biasa. Buah ini diyakini kaya akan antioksidan, vitamin C, asam lemak tak jenuh ganda, karoten, dan protein. Mereka juga memiliki nol karbohidrat kompleks dan tiamin yang dapat membantu menghancurkan makanan secara mudah di sistem metabolisme tubuh. Selain itu, buah naga juga memiliki captin fitokimia yang dibutuhkan untuk menjaga kesehatan jantung.

Menurut Anda, apakah buah ini bagus untuk dikonsumsi sehari-hari? Ayo kita cermati dulu manfaatnya berikut ini:

Ternyata, buah ini sangat berkhasiat untuk kesehatan kulit, rambut, dan tubuh.

Manfaat Buah Naga untuk Kulit

Dengan kandungan nutrisi yang dimilikinya, buah naga dipercaya para ahli sebagai buah berkhasiat melawan tanda-tanda penuaan dini, mengobati jerawat, melembabkan kulit, dan dapat mempercepat pemulihan kulit yang terbakar sinar matahari.

Penuaan disebabkan oleh kerusakan sel yang dilakukan oleh radikal bebas yang berkeliaran di tubuh kita. Meskipun ini adalah proses alami (Anda pasti akan tua), serangan yang terlalu dini adalah hal yang membuat kita khawatir. Siapa yang ingin terlihat lebih tua sebelum waktunya? Sama sekali tidak ada dan di sinilah bahan alami seperti buah naga memainkan peran penting.

Buah eksotis ini adalah sumber antioksidan yang kaya yang membantu melawan radikal bebas dan memperlambat proses penuaan. Hal ini membuat kulit Anda terlihat lebih muda dan halus.

Dan bagi para remaja yang biasanya diserang masalah jerawat di masa-masa pubertas, buah ini pun sangat dianjurkan sebagai santapan bernutrisi.

Manfaat Buah Naga untuk Rambut, Kulit, dan Kesehatan Tubuh

Manfaat Buah Naga untuk Rambut

Untuk menjaga kesehatan rambut, buah naga pun sangat direkomendasikan untuk dikonsumsi rutin. Pasalnya, buah ini sangat cocok untuk mempertahankan warna rambut, terutama buat mereka yang sering mewarnai rambut. Dan pada dasarnya, buah ini sangat aman dijadikan terapi untuk menjaga keseimbangan dan kesehatan rambut.

Manfaat Buah Naga untuk Kesehatan Tubuh

Menurunkan Kolesterol
Kolesterol adalah salah satu musuh utama masyarakat modern. Selain menjadi pemicu kegemukan, kolesterol juga dapat memancing datangnya penyakit-penyakit lain. Kandungan omega-3, omega-6 dan lemak tak jenuh dari buah Naga dapat menangkal naiknya kadar kolesterol tersebut.

Membantu Mengatasi Masalah Pencernaan
Buah naga kaya akan serat dan memiliki kadar air tinggi, yang membuatnya ideal untuk orang yang menderita sembelit. Dengan kata lain, buah naga dapat membantu memperlancar buang air besar

Menurunkan Gula Darah
Buah naga mengandung zat polifenol, karotenoid, tocopherol, tiol,  dan glukosinolat, yang semuanya membantu menurunkan kadar gula darah. Selain itu, buah naga juga memiliki kandungan serat tinggi, yang membantu menghambat lonjakan gula yang terjadi acap kali mengonsumsi makanan dengan kadar glikemik tinggi.

Meningkatkan Kesehatan Kardiovaskular

Buah naga juga kaya akan kadar lemak monounsaturated yang benar-benar  penting untuk menjaga stabilitas kesehatan jantung.

Mengurangi Risiko Rendah
Hemoglobin (Anemia)
Buah naga merupakan pilihan ideal untuk mengatasi masalah anemia. Alasannya, buah naga kaya zat besi, memenuhi kira-kira 8% kebutuhan zat besi harian kita. Selain itu, buah naga memiliki banyak vitamin C, sehingga meningkatkan kemampuan tubuh kita untuk menyerap lebih banyak zat besi. Jadi, buah naga memang buah unik yang luar biasa.

Mencegah penyakit Kanker

Buah naga juga kaya akan enzim yang disebut lycopene, yang dipercaya memiliki kualitas anti-karsinogenik. Zat-zat tersebut secara terpadu membantu mencegah terbentuknya tumor. Selain itu, kulit buah naga penuh dengan polifenol, bahan kimia yang dapat melindungi kita dari jenis kanker lain.

Meningkatkan Imunitas (Daya Tahan Tubuh)
Buah naga juga membantu merangsang aktivitas antioksidan lainnya, dan adanya beberapa vitamin dan mineral penting dan kuat yang terkandung di dalamnya seperti niasin, vitamin B1, pytoalbumin, kalsium, fosfor, besi membuatnya menjadi senjata handal untuk membungkam serangan bakteri dan virus di dalam tubuh.

Buah Naga Sangat Baik Untuk Ibu Hamil

Buah ini mengandung zat besi yang dibutuhkan untuk produksi sel darah merah Oleh karena itu, sangat baik untuk ibu hamil. Dan bukan hanya ibu, buah ini juga berkhasiat bagi janin yang sedang tumbuh karena sel darah merah juga memiliki peran besar dalam menyediakan oksigen dan nutrisi yang sangat dibutuhkan.

Selanjutnya, buah naga juga menyumbang zat karbohidrat. Ini membantu menyokong kebutuhan energi  bagi para ibu hamil.

Buah ini juga mengandung folat, yang dapat membantu pembentukan sel darah merah sekaligus membantu mencegah bayi dari cacat tabung saraf.

Adanya kandungan serat yang tinggi dalam buah naga juga membantu mencegah masalah pencernaan oleh para ibu selama kehamilan.

Meningkatkan Fungsi Otak

Buah naga, dengan kemampuannya meningkatkan produksi sel darah merah di dalam tubuh, yang mengandung vitamin dan mineral penting diyakini dapat melindungi otak kita yang berharga dari kerusakan. Nutrisi ini juga mendorong fungsi syaraf tetap sehat, dan selanjutnya meningkatkan fungsi otak

Menyembuhkan Gangguan Pernapasan

Jika kamu sangat sering terserang penyakit pernafasan seperti batuk, flu, dan ingusan sebaiknya mulai saat ini selalu punya stok buah naga di rumah. Pasalnya, buah ini juga kaya akan vitamin C. Dan nutrisi ini sangat ampuh melawan pemicu datangnya gangguan pernafasan, terutama di musim hujan atau di musim pancaroba.

Cemilan Sehat untuk Anak-anak dan Keluarga
Buah naga sangat kaya akan vitamin C dan B, zat besi, kalsium, dan potasium. Zat-zat tersebut sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh kita. Jadi, tidak ada salahnya selalu menyediakan stok buah naga di rumah. Cocok dijadikan cemilan sehat.

Kesimpulan

Buah naga memiliki banyak manfaat. Hal itu dikarenakan banyaknya kandungan nutrisi di dalam biji, buah, dan kulitnya. Jadi, mulai saat ini selalu siapkan buah ini di rumah Anda. Jika perlu, jadikan sebagai santapan rutin buat keluarga. Agar tidak bosan, boleh juga dicampur atau divariasikan dengan buah-buah berkhasiat lainnya.

No comments:

Post a Comment

Terimakasih atas kepatuhannya melakukan komentar yang sopan, tidak menyinggung S4R4 dan p0rnografi, serta tidak mengandung link aktif, sp4m, iklan n4rk0ba, senj4t4 ap1, promosi produk, dan hal-hal lainnya yang tidak terkait dengan postingan. Jika ada pelanggaran, maaf jika kami melakukan penghapusan sepihak. Terimakasih dan Salam blogger!