Jelaskan Pengertian Globalisasi? Ini Jawabannya - INIRUMAHPINTAR.com

Jelaskan Pengertian Globalisasi? Ini Jawabannya

INIRUMAHPINTAR.COM - Jelaskan pengertian globalisasi? Globalisasi adalah proses interaksi dan integrasi antara orang-orang, perusahaan, dan pemerintah dari berbagai negara, yang didorong oleh perdagangan dan investasi internasional dan dibantu oleh teknologi informasi. Proses ini berdampak pada lingkungan, budaya, sistem politik, pembangunan ekonomi dan kemakmuran, dan kesejahteraan fisik manusia di seluruh dunia.

Globalisasi bukanlah hal baru. Selama ribuan tahun, orang-orang atau perusahaan telah melakukan transaksi membeli dan menjual satu sama lain di sejumlah daratan meski pada jarak yang jauh, seperti melalui Jalan Sutra yang terkenal di Asia Tengah yang menghubungkan Cina dan Eropa selama Abad Pertengahan. 

Demikian juga, selama berabad-abad, orang dan perusahaan telah berinvestasi di perusahaan di negara lain. Sebenarnya, banyak fitur dari gelombang globalisasi saat ini serupa dengan yang berlaku sebelum pecahnya Perang Dunia I pada tahun 1914.
Jalur Sutra | Jelaskan Pengertian Globalisasi? Ini Jawabannya


Namun, perkembangan kebijakan dan teknologi dalam beberapa dekade terakhir telah mendorong peningkatan perdagangan, investasi, dan migrasi lintas batas yang begitu besar sehingga banyak pengamat percaya bahwa dunia telah memasuki fase baru yang kualitatif dalam pembangunan ekonominya. 

Sejak tahun 1950, misalnya, volume perdagangan dunia telah meningkat 20 kali, dan dari arus masuk investasi luar negeri tahun 1997 sampai 1999 hampir dua kali lipat, dari $468 miliar menjadi $827 miliar. Membedakan gelombang globalisasi saat ini dari yang sebelumnya, penulis Thomas Friedman mengatakan bahwa globalisasi saat ini "lebih jauh, lebih cepat, lebih murah, dan lebih dalam."

Gelombang globalisasi saat ini didorong oleh kebijakan yang telah membuka ekonomi di dalam negeri dan internasional. Pada tahun-tahun sejak Perang Dunia Kedua, dan terutama selama dua dekade terakhir, banyak pemerintah telah mengadopsi sistem ekonomi pasar bebas, yang sangat meningkatkan potensi produktif mereka sendiri dan menciptakan banyak peluang baru untuk perdagangan dan investasi internasional. 

Pemerintah juga telah merundingkan pengurangan secara dramatis hambatan perdagangan dan telah menetapkan kesepakatan internasional untuk mempromosikan perdagangan barang, jasa, dan investasi. Dengan memanfaatkan peluang baru di pasar luar negeri, perusahaan telah membangun pabrik-pabrik asing dan membuat pengaturan produksi dan pemasaran dengan mitra asing. Oleh karena itu, ciri globalisasi yang menentukan adalah struktur bisnis industri dan keuangan internasional.

Teknologi telah menjadi pendorong utama globalisasi. Kemajuan teknologi informasi, secara khusus, telah mengubah kehidupan ekonomi secara dramatis. Teknologi informasi telah memberi berbagai jenis pelaku ekonomi individu - konsumen, investor, bisnis - alat baru yang berharga untuk mengidentifikasi dan mengejar peluang ekonomi, termasuk analisis tren ekonomi yang lebih cepat dan lebih tepat informasi di seluruh dunia, transfer aset yang mudah, dan kolaborasi dengan pihak- melemparkan mitra

Globalisasi juga sangat kontroversial. Pendukung globalisasi berpendapat bahwa hal itu memungkinkan negara-negara miskin dan warganya untuk mengembangkan ekonomi dan meningkatkan taraf hidup mereka, sementara penentang globalisasi mengklaim bahwa penciptaan pasar bebas internasional yang tidak terbatas telah menguntungkan perusahaan multinasional di dunia Barat dengan mengorbankan perusahaan lokal, budaya lokal, dan masyarakat umum. 

Perlawanan terhadap globalisasi telah terbentuk baik pada tingkat yang populer dan pada tingkat pemerintahan karena orang dan pemerintah mencoba mengelola arus modal, tenaga kerja, barang, dan gagasan yang merupakan gelombang globalisasi saat ini.

Untuk menemukan keseimbangan yang tepat antara manfaat dan biaya yang terkait dengan globalisasi, warga semua negara perlu memahami bagaimana globalisasi bekerja dan pilihan kebijakan yang dihadapi baik oleh negara bersangkutan maupun seluruh masyarakatnya. 

Demikianlah sepenggal penjelasan tentang pengertian globalisasi. Semoga bermanfaat!

No comments:

Post a Comment

Terimakasih atas kepatuhannya melakukan komentar yang sopan, tidak menyinggung S4R4 dan p0rnografi, serta tidak mengandung link aktif, sp4m, iklan n4rk0ba, senj4t4 ap1, promosi produk, dan hal-hal lainnya yang tidak terkait dengan postingan. Jika ada pelanggaran, maaf jika kami melakukan penghapusan sepihak. Terimakasih dan Salam blogger!