6 Manfaat dan Keuntungan Kuliah sambil Bekerja - INIRUMAHPINTAR.com

6 Manfaat dan Keuntungan Kuliah sambil Bekerja

INIRUMAHPINTAR.COM - Apa sebenarnya manfaat dan keuntungan kuliah sambil bekerja? Apakah mungkin keduanya bisa dikerjakan dalam waktu bersamaan. Setiap orang akan memiliki manajemen waktu yang berbeda. Untuk itu, mari kita renungkan tulisan ini terlebih dahulu. Fokus belajar adalah hal baik. Namun, mencoba mempraktikkan ilmu yang diperoleh dengan berbisnis atau bekerja paruh waktu tentu akan memberikan sensasi dan pengalaman berbeda. 
Tidak sedikit orang-orang sukses justru meraih kesuksesan dari usaha sampingan yang ia jalani ketika sedang kuliah. Jika kamu mengenal tokoh pendiri Facebook, Mark Zuckerberg, maka pasti kamu tidak menyangka bahwa Facebook adalah projek yang dikerjakan Mark saat masih kuliah. Dan lihatlah sekarang, semua orang familiar dengan salah satu platform sosial media tersebut. Sungguh luar biasa bukan?

Agar lebih detail, mari kita dalami lebih jauh tentang Manfaat dan Keuntungan Kuliah sambil Bekerja berikut ini:

1. Mendapatkan Pengalaman Kerja

Seperti yang kita semua tahu, mendapatkan pengalaman kerja sedini mungkin sangat penting bagi para mahasiswa. Hal ini memiliki banyak manfaat, selain sebagai persiapan untuk membentuk masa depan, bekerja sambil kuliah juga memberi kesempatan untuk mempelajari kebutuhan atau passion bisnis yang cocok dijalani. Dan yang paling penting, tidak semua teori yang dipelajari di bangku sekolah atau kuliah bisa diimplementasikan di dunia nyata. 
6 Manfaat dan Keuntungan Kuliah sambil Bekerja
Dengan bekerja atau memulai bisnis, teori-teori tersebut satu per satu dapat dirasakan sendiri. Bahkan tidak menutup kemungkinan, ada teori baru yang bisa tercipta. Lagipula, pepatah mengatakan, pengalaman adalah guru yang paling berharga. Artinya, selain berguru kepada dosen, mahasiswa perlu berguru pada pengalamannya dalam bekerja atau memulai bisnis di sela-sela perkuliahan.

2. Belajar Mengelola waktu

Manajemen waktu adalah konsep yang sangat penting bagi semua orang. Sehingga konsep manajemen waktu, yang diselenggarakan bahkan pada pelatihan dan seminar, sangat penting bagi kandidat akan bekerja di suatu perusahaan. Mereka yang kuliah sambil bekerja lebih diuntungkan. Mereka telah belajar mengelola waktu jauh sebelum memasuki dunia kerja yang sesungguhnya. Dalam hal ini, mereka telah belajar disiplin dan tanggung jawab yang mesti diatur sebaik mungkin agar kuliah dan pekerjaan dapat berjalan beriringan. 

3. Belajar Bersosialisasi

Dan manfaat lainnya, mahasiswa yang memilih kuliah sambil bekerja jauh lebih cepat menguasai teknik bersosialisasi dengan khalayak ramai ketimbang mahasiswa murni. Walaupun tidak berlaku sepenuhnya, fakta ini cukup masuk akal. Mahasiswa yang bekerja sebagai pelayan toko atau reseller produk online misalnya tentu lebih cakap menghadapi pelanggan, memikat konsumen, dan melakukan negoisasi ketimbang mahasiswa yang hanya berkutat dengan buku dan diktat kuliah. Meski teori-teori tersebut telah ia pelajari. Sekali lagi, sosialisasi di kehidupan sebenarnya jauh lebih efisien dibandingkan mempelajari teorinya di buku manapun.

4. Memperoleh Pendapatan 

Keuntungan lain saat kuliah sambil bekerja, mahasiswa dapat belajar menghasilkan uang. Dengan kemampuan menghasilkan uang sendiri tersebut, mahasiswa tidak lagi bergantung sepenuhnya kepada orang tua atau bahkan telah mandiri membiayai kuliah dan menyewa rumah atau kos sendiri. Tiada yang lebih menyenangkan, melainkan kuliah dari hasil keringat sendiri. Dan sensasi ini hanya bisa dirasakan oleh mereka yang kuliah sambil bekerja.

5. Memperoleh Ide atau Inspirasi

Mahasiswa yang kuliah sambil bekerja berpeluang memperoleh inspirasi dan banyak ide untuk masa depannya. Pikiran mereka lebih terbuka dan tidak semata-mata bergantung pada teori-teori tertulis di dalam diktat perkuliahan. Karena itu, jangan heran! Di negara-negara maju, banyak sarjana atau calon sarjana yang sukses di usia muda justru pada bidang yang jauh dari program studi yang dipelajarinya di perguruan tinggi. Semua karena bervariasinya lingkungan yang mereka telusuri selama bekerja ketika kuliah.

6. Menemukan Jati Diri

Manfaat dan keuntungan paling utama yang bisa dirasakan mahasiswa yang kuliah sambil bekerja yaitu adanya kesempatan untuk menemukan jati diri. Melalui ilmu dan keterampilan yang diperoleh saat bekerja, mereka dapat memilah-milah peluang berdasarkan potensi diri masing-masing. Coba lihatlah sejarah pendirian BukaLapak - situs Jual Beli Online asli Indonesia! Achmad Zaky, sang founder mengembangkan diri dan potensi dirinya dengan terus berkarya di bidang pemrograman komputer baik saat kuliah di ITB maupun setelah lulus. Hingga akhirnya, berdirilah BukaLapak dan menjadi platform jual beli online yang terus tumbuh hingga saat ini.
***
Itulah 6 Manfaat dan Keuntungan Kuliah sambil Bekerja yang patut kita renungkan.

No comments:

Post a Comment

Terimakasih atas kepatuhannya melakukan komentar yang sopan, tidak menyinggung S4R4 dan p0rnografi, serta tidak mengandung link aktif, sp4m, iklan n4rk0ba, senj4t4 ap1, promosi produk, dan hal-hal lainnya yang tidak terkait dengan postingan. Jika ada pelanggaran, maaf jika kami melakukan penghapusan sepihak. Terimakasih dan Salam blogger!