Apa Arti Pentingnya Norma dalam Kehidupan Masyarakat Berbangsa dan Bernegara - INIRUMAHPINTAR.com

Apa Arti Pentingnya Norma dalam Kehidupan Masyarakat Berbangsa dan Bernegara

INIRUMAHPINTAR.COM - Apa arti pentingnya norma dalam kehidupan masyarakat berbangsa dan bernegara? Tentu saja jawaban atas pertanyaan ini penting sekali untuk diketahui dan dimaknai oleh setiap masyarakat Indonesia, mulai dari generasi muda yang masih menempuh pendidikan di tingkat dasar, menengah, atas, dan perguruan tinggi. Bahkan, para generasi lanjut pun patut menjadikan pemahaman tersebut sebagai pengingat dan bahan refleksi diri agar tidak keliru dalam menjalankan peran sebagai bagian dari bangsa dan negara Indonesia. 

Berikut ini adalah pentingnya norma dalam kehidupan masyarakat berbangsa dan bernegara:

  1. Menjadi pedoman, penuntun tingkah laku dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.
  2. Mengendalikan tingkah laku manusia dari kecurangan, kejahatan, dan perbuatan lain yang mengganggu orang lain, keamanan, dan ketertiban umum.
  3. Menciptakan kehidupan yang aman, tertib, selaras, dan seimbang.
  4. Membentuk budi pekerti manusia yang baik, perilaku yang patuh, sadar hukum, dan memiliki akhlak mulia

Jika diperkecil lagi, keempat pentingnya norma di atas sebenarnya dapat diuraikan sebagai, pedoman bernegara, mengendalikan tingkah laku manusia, menciptakan kehidupan yang aman, dan membentuk budi pekerti yang baik.


 

Penjelasan lengkapnya sebagai berikut:

1. Menjadi pedoman bermasyarakat dan bernegara

Negara dihuni oleh banyak kalangan masyarakat yang plural, berbeda suku, bahasa, dan agama. Oleh karena itu, keberadaan norma sangat penting agar setiap masyarakat memiliki pedoman menjalani kehidupan. Tentu saja, harapannya adalah agar semua pihak tidak ada yang dirugikan dan semua komponen masyarakat berjalan sesuai koridor sehingga roda bermasyarakat dan bernegara berjalan dengan baik.

2. Mengendalikan tingkah laku manusia

Manusia adalah makhluk yang tidak luput dari kesalahan dan kekhilafan. Keberadaan norma dianggap penting dalam mengendalikan tingkah laku manusia agar tidak ada yang semena-mena terhadap orang lain. Tidak boleh sembarangan menyakiti orang lain atau mengganggu ketertiban. Di sinilah posisi penting norma. Dengan harapan, masyarakat dapat lebih tertib menjalani kehidupan.

3. Menciptakan kehidupan yang aman, damai, selaras, dan seimbang

Tujuan penting hadirnya norma adalah terwujudnya masyarakat yang saling menghargai satu sama lain. Yang pada akhirnya terciptalah kehidupan bermasyarakat dan bernegara yang aman, damai, selaras, dan seimbang.

4. Membentuk budi pekerti manusia lebih baik

Keberadaan norma dianggap sangat penting agar tatanan kepribadian manusia menjadi lebih baik. Adanya norma menjadikan manusia menyadari pentingnya kebersamaan daripada berjauh-jauhan karena perbedaan. Pentingnya norma ini pun menjadikan masyarakat lebih sadar hukum, sehingga tercipta ruang interaksi yang lebih toleran dan saling menghargai.

No comments:

Post a Comment

Terimakasih atas kepatuhannya melakukan komentar yang sopan, tidak menyinggung S4R4 dan p0rnografi, serta tidak mengandung link aktif, sp4m, iklan n4rk0ba, senj4t4 ap1, promosi produk, dan hal-hal lainnya yang tidak terkait dengan postingan. Jika ada pelanggaran, maaf jika kami melakukan penghapusan sepihak. Terimakasih dan Salam blogger!