10 Manfaat Segmentasi Pasar - INIRUMAHPINTAR.com

10 Manfaat Segmentasi Pasar

INIRUMAHPINTAR.COM - Inilah 10 Manfaat Segmentasi Pasar. Banyak bisnis yang sukses dan terus meraih laba terus-menerus hanya karena  benar-benar memahami pasar dan pelanggan mereka. Salah satu teknik bisnis yang paling populer  untuk menargetkan produk mereka dengan lebih baik pada konsumen yakni melakukan segmentasi pasar.

Sederhananya, segmentasi pasar adalah proses identifikasi yang memungkinkan perusahaan untuk menentukan secara spesifik permintaan demografi pelanggan tertentu mempertimbangkan data tersebut untuk mengembangkan produk dan layanan yang sesuai. Dengan demikian, produk atau jasa yang ditawarkan tepat sasaran, sesuai permintaan atau kebutuhan konsumen.

Pada kesempatan ini, saya akan menjelaskan tentang 10 manfaat segmentasi pasar yakni: 1. Menentukan peluang pasar, 2. Penyesuaian atas permintaan pemasaran, 3. Mengembangkan program pemasaran, 4. Merancang produk andalan, 5. Pemilihan media periklanan, 6. Waktu pemasaran, 7. Efisien penggunaan sumber daya, 8. Pelayanan terbaik kepada pelanggan, 9. Membantu dalam menentukan harga, 10. Membantu strategi distribusi.

Segmentasi pasar sasaran memiliki beberapa keunggulan dan manfaat, yaitu sebagai berikut:

Manfaat 1. Menentukan peluang pasar:

Segmentasi pasar memungkinkan para pebisnis untuk mengidentifikasi peluang pasar. Pemasar dapat mempelajari kebutuhan masing-masing segmen berdasarkan penawaran. Termasuk mempelajari para pesaing. Dari studi tersebut, pemasar dapat mengetahui tingkat kepuasan pelanggan saat ini.

Segmen dengan tingkat kepuasan rendah dari penawaran saat ini mungkin merupakan peluang pasar yang sangat baik. Misalnya, pelanggan mungkin tidak puas dengan penawaran motor matic saat ini dalam hal model produk atau pelayanan purna jual. Situasi seperti ini memungkinkan pemasar untuk meluncurkan model motor matic baru, lengkap dengan fitur-fitur baru, menyiapkan pelayanan purna jual lalu memasarkannya dengan baik dan dengan harga bersaing.

Manfaat 2. Penyesuaian atas Permintaan Pemasaran:

Penjual dapat melakukan penyesuaian terbaik atas daya tarik produk dan pemasaran mereka. Selain bertujuan menarik semua pembeli potensial, penjual juga dapat membuat program pemasaran terpisah yang dirancang untuk memenuhi kebutuhan pelanggan yang berbeda. Iklan yang tepat dan promosi penjualan bisa dilakukan btergantung pada target audience.

Manfaat 3. Mengembangkan Program Pemasaran:

Perusahaan dapat mengembangkan program pemasaran dan anggaran berdasarkan gagasan yang lebih jelas mengenai karakteristik respons dari segmen pasar tertentu. Mereka juga dapat menganggarkan dana ke segmen yang berbeda bergantung pada respons pembelian mereka.

Manfaat 4. Merancang Produk Andalan

Segmentasi pasar membantu dalam merancang produk yang benar-benar sesuai dengan tuntutan audiens. Produk dengan potensi pasar yang tinggi dapat dirancang dan diarahkan untuk memenuhi kepuasan pasar sasaran. Dalam hal ini, segmentasi pasar bermanfaat menghasilkan rancangan produk andalan yang berpeluang menguasai pasar.

Manfaat 5. Pemilihan Media Periklanan yang Tepat

Segmentasi pasar membantu dalam pemilihan media periklanan termasuk bagaimana mengalokasikan dana ke berbagai media. Dana tersebut dialokasikan ke berbagai media bergantung target audiens, dampak media, iklan pesaing, dan sebagainya.

Manfaat 6. Menentukan Waktu Pemasaran yang Tepat

Segmentasi pasar membantu dalam menetapkan timing dari upaya promosi sehingga penekanan lebih ditempatkan pada periode-periode tersebut yakni pada saat respons cenderung pada puncaknya. Misalnya, barang konsumsi bisa diiklankan secara luas ke orang Kristen selama musim Natal, orang Hindu selama Diwali, atau kepada Muslim menjelang hari raya idul fitri dan idul adha.

Manfaat 7. Efisiensi Penggunaan Sumber Daya

Dengan menyesuaikan program pemasaran melalui segmentasi pasar individu, manajemen dapat melakukan pekerjaan pemasaran yang lebih baik dan memanfaatkan sumber daya pemasaran dengan lebih efisien. Misalnya, sebuah perusahaan kecil dapat secara efektif menggunakan sumber dayanya yang terbatas  (uang, biaya periklanan, dan pegawainya) bisa berhasil menguasai segmen tertentu tanpa terganggu produsen atau pesaing lainnya.

Manfaat 8. Pelayanan Terbaik Kepada Pelanggan

Segmentasi pasar memungkinkan perusahaan untuk memusatkan upaya pemasarannya di area pasar tertentu, sehingga memberikan layanan yang lebih baik kepada pelanggan sasaran. Segmentasi pemasaran yang tepat dapat memudahkan kepuasan pelanggan.

Manfaat 9. Membantu dalam Menentukan Harga

Segmentasi pasar juga memungkinkan untuk memperbaiki harga barang dan jasa. Karena segmen pasar yang berbeda memiliki persepsi harga yang berbeda, perlu menerapkan strategi penetapan harga yang berbeda pula untuk pasar. Misalnya, harga untuk kelompok berpenghasilan rendah harus lebih rendah. Begitupun dengna produk dan upaya promosinya, disesuaikan dengan kondisi tersebut.

Manfaat 10. Membantu Strategi Distribusi

Segmentasi pasar juga membantu dalam mengadopsi strategi distribusi yang sesuai. Segmen pasar yang berbeda mungkin memerlukan campuran distribusi yang berbeda. Misalnya, jika produk dengan kualitas sangat tinggi ditujukan untuk target kelas atas, maka harus didistribusikan di gerai bergengsi yang berada di tempat selektif, misalnya di mall atau pusat perbelanjaan ternama. Sementara untuk kalangan menengah ke bawah, bisa langsung didistribusikan ke pasar-pasar tradisional atau ke minimarket.

Itulah 10 Manfaat Segmentasi Pasar yang perlu kita pertimbangkan dalam menjalani bisnis. Semoga bermanfaat!

No comments:

Post a Comment

Terimakasih atas kepatuhannya melakukan komentar yang sopan, tidak menyinggung S4R4 dan p0rnografi, serta tidak mengandung link aktif, sp4m, iklan n4rk0ba, senj4t4 ap1, promosi produk, dan hal-hal lainnya yang tidak terkait dengan postingan. Jika ada pelanggaran, maaf jika kami melakukan penghapusan sepihak. Terimakasih dan Salam blogger!