Jenis, Tekstur, Harga Ambergris (Muntahan Ikan Paus) - INIRUMAHPINTAR.com

Jenis, Tekstur, Harga Ambergris (Muntahan Ikan Paus)

INIRUMAHPINTAR.COM - Ambergris, yang berasal dari beberapa spesies sperm whale (paus sperma), merupakan salah satu bahan baku yang paling bernilai dalam pembuatan parfum. Ambergris sangat langka, unik dan keharuman yang dimilikinya sangat khas. Parfum ambergris digunakan sebagai fiksatif yang menghadirkan wangi bernuansa kelautan, hewanik dan manis. Ada 3 kandungan kimia yang membuatnya seperti itu. Yang pertama yaitu triterpene alcohol ambrein sebagai bahan aktif utama, juga zat lain bernama epikoprostanol dan coprostanone.

Penjelasan tentang Fresh Ambergris (Ambergris Segar)

Ambergris segar berwarna hitam pekat atau agak menyerupai coklat tua. Teksturnya sangat lengket seperti tanah liat yang masih lembek dan basah. Ambergris segar berbau seperti kotoran, yang kebanyakan orang menganggapnya sebagai sesuatu yang menjijikkan. Jika Anda menemukan ambergris segar, lebih baik membuangnya kembali ke laut karena tidak berguna.

3 Jenis Utama Ambergris

Berdasarkan kualias dan warnanya, ambergris dibagi menjadi 3 kategori utama, yaitu:

1. Ambergris Putih / Abu-abu

Ambergris jenis sebagian besar berwarna putih atau abu-abu. Ukurannya kecil dan diyakini telah lama berada di lautan. Aromanya umumnya manis.

2. Ambergris Level Standar (Medium)

Ambergris jenis ini umumnya berwarna coklat / abu-abu. Yang berwarna abu-abu memiliki wangi yang baik dan biasanya terdiri beberapa lapisan.

3. Ambergris Berkualitas Rendah 

Jenis ini memiliki tekstur sangat keras, padat, tetapi lembut. Aromanya agak menyengat, berbau binatang, dan kurang manis.

Apakah Ambergris itu benar-benar Muntahan Ikan Paus?

Jenis, Tekstur, Harga Ambergris (Muntahan Ikan Paus)
Ambergris telah lama disebut sebagai muntahan ikan paus. Memang, pada mulanya di masa lalu, diyakini bahwa paus akan memuntahkan bahan ini dari perutnya. Namun, penelitian di zaman modern menunjukkan bahwa ambergris terbentuk di usus paus dan akan diekskresikan (dikeluarkan melalui anus) dari hewan, bukan dimuntahkan dari perut. Meski penelitian ini telah ilmiah, orang-orang sudah terbiasa menyebut ambergris sebagai muntahan ikan paus.

Bagaimana Memperkirakan Usia Ambergris?

Ambergris bisa mengambang di lautan selama bertahun-tahun. Dan sulit untuk benar-benar diketahui berapa Ambergris tersebut telah terbentuk. Produk terbaik diasumsikan telah berada di lautan sekitar 20 hingga 30 tahun. Dengan demikian, untuk memperkirakan usia ambergis, para ahli hanya menilai dari segi ketebalan lapisan eksteriornya yang berwarna putih, warna potongan interiornya dan tingkat keharumannya. Semakin harum dan baik teksturnya, dianggap usianya telah sangat tua.

Lapisan putih yang terbentuk di bagian luar ambergris adalah hasil dari oksidasi air asin. Lapisan putih ini bisa tipis dan merata tapi akan menjadi lebih tebal jika potongannya tetap berada di lautan lebih lama lagi. Potongan itu juga akan menjadi lebih terang di bagian dalam, karena mengering dan terlindungi. Aromanya juga akan menjadi lebih ringan dan lebih halus. Jadi, semakin ringan dan semakin lembut baunya, maka semakin lama ia telah mengapung di laut.

Bagaimana Tekstur Ambergris?

Tekstur ambergris biasanya keras. Hanya kualitas terendah yang memiliki tekstur lembut dan lentur. Potongan yang sudah sangat tua biasanya rapuh dan mudah tergores.

Bagaimana Karakteristik Wangi Ambergris?

Untuk mendeskripsikan keharuman ambergris, sulit menemukan kesamaan persepsi antara setiap orang. Hal itu dikarenakan, setiap bagian bisa memiliki wangi berbeda dan setiap orang bisa juga bereaksi berbeda terhadap keharumannya tersebut.

Uji Keaslian untuk Ambergris

Tidak ada pengujian yang benar-benar mudah dan meyakinkan untuk mengetahui ambergris itu asli atau tidak. Ambergris adalah produk yang sangat khusus dan pengalamanlah yang bisa membuat orang mampu mengindentifikasi dengan tepat dan akurat. Meskipun demikian, tetap diperlukan kehati-hatian untuk mengujinya karena terkadang ada produk sejenis yang mirip.

Tes jarum panas adalah pengujian yang dianggap lebih baik saat ini. Ambergris (dari kualitas apapun) akan selalu meleleh menjadi residu cair yang mengkilap dan berwarna gelap saat jarum panas diterapkan. Jika panas diterapkan pada bahan lainnya dan tidak meleleh menjadi cairan, maka bisa dipastikan, benda itu bukan ambergris.

Cara Penyimpanan Ambergris

Karena ambergris berasal dari sumber hewani, tindakan pencegahan pertama adalah menjauhkannya dari binatang. Lalu, menjauhkannya dari panas yang menyengat. Cara terbaik yang disarankan ahli adalah membungkus ambergris dengan kain katun lalu menyimpannya di laci atau kabinet.

Berapa Harga Ambergris di Pasaran

Harga ambergis juga sulit ditentukan. Harga sangat bervariasi sesuai jenisnya. Yang terpenting bagi pembeli adalah cakap untuk membedakan antara ambergris kualitas tertinggi dan terendah. Jika salah menaksir, terkadang orang akhirnya membeli tipe terendah dengan harga lebih tinggi. Saat ini, ambergris berkualitas tinggi dijual di kisaran $ 25 untuk satu gram dan $ 10 per gram untuk kualitas terendah. 

Nah, demikianlah pembahasan lengkap tentang Jenis, Tekstur, Harga Ambergris (Muntahan Ikan Paus). Semoga bermanfaat!

No comments:

Post a Comment

Terimakasih atas kepatuhannya melakukan komentar yang sopan, tidak menyinggung S4R4 dan p0rnografi, serta tidak mengandung link aktif, sp4m, iklan n4rk0ba, senj4t4 ap1, promosi produk, dan hal-hal lainnya yang tidak terkait dengan postingan. Jika ada pelanggaran, maaf jika kami melakukan penghapusan sepihak. Terimakasih dan Salam blogger!