Pertentangan Ilmiah tentang Khasiat Air Kencing Unta - INIRUMAHPINTAR.com

Pertentangan Ilmiah tentang Khasiat Air Kencing Unta

INIRUMAHPINTAR.COM - Dulu sempat viral video Ustad Bachtiar Nasir yang meminum air kencing unta saat berkunjung ke Arab Saudi. Menyikapi hal ini, reaksi netizen sangat beragam. Bagi kaum awam, minum air kencing hewan dianggap hal menjijikkan. Bahkan zatnya najis dan justru tidak halal untuk dikonsumsi. 

Namun, setelah mendalami alasan sang Ustad mengapa sampai tertarik meminum air kencing unta, saya sebagai pembelajar yang juga masih awam merasa takjub. Rupanya, selain telah dibuktikan secara ilmiah oleh sejumlah peneliti di Arab Saudi, bukti hadist shahih tentang keutamaan air kencing unta juga sangat jelas. Hanya saja, mungkin masih banyak belum pernah membacanya.

Saya melihat beberapa media dan tokoh kesehatan turut berkomentar miring dan meragukan khasiat air kencing Unta. Padahal, jauh-jauh sebelum "aksi minum air kencing unta" ini viral, sejumlah penelitian ilmiah telah dilakukan dan membuktikan kebenaran hadist shahih akan besarnya manfaat dan khasiat air kencing unta bagi kesehatan.
Pertentangan Ilmiah tentang Khasiat Air Kencing Unta

Dan perlu dipahami bahwa hadist itu adalah perkataan Nabi SAW yang berasal dari Allah. Bukan karangan, bukan pula dongeng kemarin sore. Jadi, meyakini khasiat air kencing unta sepantasnya melibatkan iman. Bagi mereka yang telah membuktikannya dalam penelitian, tentu lebih kompleks, air kencing unta bukan hanya sekedar titah wahyu tetapi juga produk ilmiah di bidang kesehatan.

Beberapa netizen juga mengomentari, "mengapa tidak minum air putih saja, kan lebih bersih". Pendapat ini tentu hanya melibatkan keawaman wawasan tentang air kencing unta. Air putih memang tidak diragukan khasiatnya sebagai minuman sehari-hari, tetapi air kencing unta mengandung zat-zat yang tidak terdapat dalam air putih biasa. Penelitian telah membuktikan khasiatnya dalam melawan sel-sel kanker sekaligus menguatkan dan menyehatkan sel-sel tubuh yang lain.

Sebagai manusia biasa, yang terbatas dalam segala hal, fenomena ini tentu merupakan tamparan keras bagi kita. Terutama bagi mereka yang selalu mendahulukan ilmu filsafat dalam menyikapi sesuatu ketimbang menyertakan ideologi (Islam). 

Akal manusia memang luar biasa, bisa menciptakan dan merumuskan banyak fenomena-fenomena alam, tetapi Allah SWT, pencipta manusia jauh lebih hebat. Ia Maha Tahu, bahkan terhadap hal-hal yang belum kepikiran bagi manusia.

Jadi, fenomena air kencing unta ini, di sisi lain, dapat menjadi bahan renungan bagi mereka yang meragukan "berita kebenaran" yang disampaikan oleh Nabi Muhammad SAW. Andai benar-benar bukan wahyu Allah, bagaimana mungkin seorang yang buta huruf dapat menyimpulkan produk sains seperti ini, yang bahkan hingga kini masih banyak ahli kesehatan yang meragukannya. 

Tentu saja, jika Allah SWT berkehendak, maka tidak ada yang bisa menghalangi, baik itu berupa rezeki ataupun musibah. 

Maka dari itu, fenomena air kencing unta ini tampak sebagai pertentangan ilmiah bagi mereka yang berpikir tanpa melibatkan iman, tetapi bagi yang berpikir dan beriman kepada apa yang dibawa Muhammad SAW, hal ini adalah penegasan ilmiah sekaligus perwujudan keimanan yang benar.

No comments:

Post a Comment

Terimakasih atas kepatuhannya melakukan komentar yang sopan, tidak menyinggung S4R4 dan p0rnografi, serta tidak mengandung link aktif, sp4m, iklan n4rk0ba, senj4t4 ap1, promosi produk, dan hal-hal lainnya yang tidak terkait dengan postingan. Jika ada pelanggaran, maaf jika kami melakukan penghapusan sepihak. Terimakasih dan Salam blogger!