Pengertian Inquiry Learning (Pembelajaran Inkuiri) dan Karakteristiknya - INIRUMAHPINTAR.com

Pengertian Inquiry Learning (Pembelajaran Inkuiri) dan Karakteristiknya

INIRUMAHPINTAR.COM - Jelasan Pengertian Inquiry Learning (Pembelajaran Inkuiri)? Tentu sangat banyak model pembelajaran yang dikembangkan para ahli, salah satunya adalah Inquiry Learning atau Pembelajaran Inkuiri. Kali ini kita akan membahas topik ini secara tuntas. Yuk, mari kita simak.

Pembelajaran berbasis inquiry adalah pendekatan pedagogis berbentuk penyelidikan yang kini banyak diunggulkan dan diadopsi oleh sistem pendidikan selama dekade terakhir. Secara definisi, Inquiry dapat diartikan sebagai mencari kebenaran, informasi atau pengetahuan/pemahaman dan digunakan dalam semua aspek dan fase kehidupan. Proses inquiry yang lebih khusus malah menjadi pondasi pengembangan pengetahuan atau pencarian kebenaran di berbagai domain pembelajaran misalnya dalam studi ilmiah dan pengkajian kasus kriminal.

Dalam Inquiry Learning, definisi know beralih dari mampu mengingat dan mengulang informasi menjadi dapat menemukan dan menggunakan informasi. Itu berarti Inquiry learning menuntut pemahaman mendalam bagi seluruh pembelajar.

Pengertian Inquiry Learning (Pembelajaran Inkuiri)

Pembelajaran berbasis inquiry adalah pendekatan konstruktivis dimana tujuan keseluruhannya adalah agar siswa dapat membuat makna. Sementara para guru dapat memandu pertanyaan ke berbagai arah dan menetapkan parameter untuk inquiry kelas yang berdasar pada motivasi internal.

Pembelajaran berbasis inquiry adalah istilah payung yang menaungi dan memadukan banyak pendekatan pembelajaran saat ini (termasuk pembelajaran berbasis proyek) dan dapat mengambil berbagai bentuk, tergantung pada topik, sumber daya, usia dan kemampuan siswa dan variabel lainnya.

Karakteristik Inquiry Learning (Pembelajaran Inkuiri)

Secara garis besar, berikut ini adalah karakteristik yang berfungsi sebagai keunggulan pembelajaran berbasis inkuiri:

- Adanya penekanan yang sama pada setiap proses (berkomunikasi, refleksi, berkolaborasi, menganalisis, dll)

- Titik pusatnya adalah keingintahuan, rasa penasaran, dan pertanyaan yang tulus dari para siswa, atas bantuan pendampingan dari Guru.

- Suara siswa bagaikan suara Raja yang selalu dinegosiasikan dan dianggap serius untuk selalu diatasi

- Setiap pengetahuan mengacu pada proses pembelajaran sebelumnya dan ditindaklanjuti dengan perencanaan yang optimal.

- Konsep-konsep penting dan pertanyaan-pertanyaan benar-benar diolah melalui proses negoisasi agar mampu menyatukan pengetahuan dan pemahaman

- Siswa secara aktif terlibat dalam membangun pemahaman melalui tangan mereka sendiri, dalam bentuk pengalaman, penelitian, pengolahan dan mengkomunikasikan pemahaman mereka dengan berbagai cara

- Pembelajaran terjadi dalam konteks sosial

- Siswa belajar dari satu sama lain, bersama dengan orang lain, dan dari orang-orang di luar konteks kelas

- Ada asumsi bahwa pemahaman bersifat sementara, dan terus-menerus ditinjau dan disempurnakan berdasarkan pembelajaran dan pertanyaan baru

- Refleksi, metakognisi dan kedalaman pemikiran dihargai dan direncanakan

- Penilaian dilakukan secara on going (sejalan dengan proses pembelajaran) dan adanya kriteria yang jelas dalam menghubungkan produk dengan tujuan kurikulum

- Pembelajaran mengarah ke tindakan, menginformasikan / berbagi dengan orang lain, menerapkan perubahan, advokasi atau merencanakan pembelajaran lebih lanjut.

Proses Inquiry Learning

Ada banyak proses dan model untuk pembelajaran berbasis inquiry, yang bisa diimplementasikan oleh banyak disiplin ilmu. Setiap guru boleh saja membuat sebuah terobosan dari setiap pembelajaran yang diampuh. Jadi Inquiry hanyalah otak mendasar agar proses penyelidikan menjadi tumpuan utama dalam menghadirkan pengetahuan dan pemahaman bagi para siswa. Sisanya, dalam menentukan model, teknik, metode, pendekatan, biarlan guru berinovasi dengan gaya kreativitas mereka sendiri. Jika kamu seorang guru, siaplah untuk senantiasa kreatif agar Inquiry Learning (Pembelajaran Inkuiri) yang kamu laksanakan dapat meraih hasil positif. Salam Guru!

No comments:

Post a Comment

Terimakasih atas kepatuhannya melakukan komentar yang sopan, tidak menyinggung S4R4 dan p0rnografi, serta tidak mengandung link aktif, sp4m, iklan n4rk0ba, senj4t4 ap1, promosi produk, dan hal-hal lainnya yang tidak terkait dengan postingan. Jika ada pelanggaran, maaf jika kami melakukan penghapusan sepihak. Terimakasih dan Salam blogger!