11 Manfaat Jahe untuk Kesehatan dan Kecantikan (Ilmiah) - INIRUMAHPINTAR.com

11 Manfaat Jahe untuk Kesehatan dan Kecantikan (Ilmiah)

INIRUMAHPINTAR.COM - Jahe termasuk rempah-rempah tersehat dan paling lezat di planet ini.

Selain kaya akan nutrisi, jahe juga memiliki kandungan senyawa bioaktif yang bermanfaat sebagai penguat tubuh dan otak.

Bukan hanya itu, jahe dipercaya punya banyak manfaat untuk kesehatan dan kecantikan.

Berikut ini ada 11 manfaat jahe untuk kesehatan dan kecantikan berdasarkan hasil penelitian ilmiah yang perlu kita ketahui:

1. Jahe Mengandung Gingerol, Zat dengan Sifat Obat Kuat

Jahe adalah tanaman berbunga yang berasal dari China. Jahe termasuk dalam keluarga Zingiberaceae, dan terkait erat dengan kunyit, cardomon dan lengkuas.

Rimpang (bagian bawah batang) adalah bagian yang biasa digunakan sebagai bumbu. Seringkali disebut jahe atau penamaan lain sesuai bahasa daerah masing-masing.

Jahe memiliki sejarah penggunaan yang sangat panjang dalam berbagai bentuk pengobatan tradisional / alternatif. Jahe telah digunakan untuk membantu pencernaan, mengurangi mual dan membantu melawan flu.

Jahe bisa digunakan segar, kering, bubuk, atau sebagai minyak atau jus, dan kadang ditambahkan ke makanan olahan dan kosmetik. Jahe adalah bagian dari ramuan yang sangat umum dalam setiap resep obat tradisional.

Aroma dan rasa unik dari jahe berasal dari minyak alami, yang dikenal sebagai gingerol.

Gingerol adalah senyawa bioaktif utama dalam jahe, bertanggung jawab atas sebagian besar sifat obatnya. Ini memiliki efek antiinflamasi dan antioksidan yang kuat.

Jadi, secara umum jahe adalah bumbu yang populer. Mengadung gingerol tinggi, yaitu zat yang memiliki sifat anti-inflamasi dan antioksidan kuat.

11 Manfaat Jahe untuk Kesehatan dan Kecantikan (Ilmiah)

2. Jahe bisa Mengobati banyak bentuk Mual, terutama Morning Sickness

Jahe nampaknya sangat efektif melawan mual. Tanaman ini memiliki sejarah penggunaan yang panjang sebagai obat penyakit (mabuk) laut, dan ada beberapa bukti bahwa obat ini sama efektifnya dengan obat resep.

Jahe juga bisa meringankan mual dan muntah setelah operasi, dan pada pasien kanker yang menjalani kemoterapi.

Tapi itu mungkin yang paling efektif bila menyangkut mual adalah yang berhubungan dengan kehamilan, seperti morning sickness.

Menurut sebuah penelitian terhadap 12 penelitian yang melibatkan total 1.278 wanita hamil, 1,1 gram hingga 1,5 gram jahe dapat secara signifikan mengurangi gejala mual .

Namun, jahe tidak berpengaruh pada siklus muntah dalam penelitian ini.

Meskipun jahe dianggap aman, sebaiknya tetap mengonsultasikannya dengan dokter Anda sebelum mengkonsumsi dalam jumlah besar jika Anda hamil. Beberapa orang mempercayai bahwa jumlah yang besar dapat meningkatkan risiko keguguran, namun saat ini belum ada penelitian yang mendukung hal ini.

Jadi, intinya sebanyak 1 hingga 1,5 gram jahe bisa membantu mencegah berbagai jenis mual. Hal ini berlaku untuk penyakit (mabuk) laut, kemoterapi yang berhubungan dengan mual, mual setelah operasi dan morning sickness pada ibu hamil.

3. Jahe bisa Mengurangi Nyeri Otot dan Sengatan

Jahe telah terbukti efektif melawan nyeri otot akibat olahraga. Dalam satu penelitian, mengkonsumsi 2 gram jahe per hari, selama 11 hari, secara signifikan mengurangi nyeri otot pada orang yang melakukan latihan siku.

Jahe tidak memiliki dampak langsung, namun dipercaya efektif untuk mengurangi dampak nyeri otot pada hari ke hari. Efek ini diyakini dimediasi oleh sifat anti-inflamasi.

Jadi, secara umum, jahe efektif dalam mengurangi efek nyeri otot berhari-hari, dan dapat mengurangi nyeri otot akibat olahraga.

4. Efek Anti-Inflamasi dapat Membantu Osteoartritis

Osteoartritis adalah masalah kesehatan yang umum terjadi. Hal ini melibatkan degenerasi sendi di dalam tubuh serta menyebabkan gejala seperti nyeri sendi dan kekakuan.

Dalam percobaan terkontrol terhadap 247 orang dengan osteoarthritis lutut, mereka yang mengkonsumsi ekstrak jahe kurang menderita dan membutuhkan lebih sedikit obat penghilang rasa sakit.

Studi lain menemukan bahwa kombinasi jahe, minyak wangi, kayu manis dan minyak wijen, dapat mengurangi rasa sakit dan kekakuan pada pasien osteoarthritis saat dioleskan secara topikal.

Jadi, kesimpulannya ada beberapa penelitian yang menunjukkan jahe efektif mengurangi gejala osteoartritis, yang merupakan masalah kesehatan yang sangat umum.

5. Jahe dapat Turunkan Gula Darah dan Memperbaiki Faktor Resiko Penyakit Jantung

Penelitian terbaru menemukan bahwa jahe memiliki sifat anti-diabetes yang kuat.

Dalam penelitian 2015 baru-baru ini terhadap 41 partisipan dengan diabetes tipe 2, 2 gram bubuk jahe per hari menurunkan gula darah puasa sebesar 12% (11).

Hal ini juga meningkatkan secara dramatis HbA1c (penanda kadar gula darah jangka panjang), yang menyebabkan pengurangan 10% selama periode 12 minggu.

Ada juga penurunan 28% pada rasio ApoB / ApoA-I, dan pengurangan 23% penanda untuk lipoprotein teroksidasi. Ini adalah faktor risiko utama penyakit jantung.

Namun, perlu diingat bahwa penelitian ini hanya satu studi kecil. Hasilnya sangat mengesankan, namun perlu dikonfirmasi dalam penelitian yang lebih besar sebelum ada rekomendasi yang bisa dilakukan.

Jadi, kesimpulannya jahe telah terbukti menurunkan kadar gula darah dan memperbaiki berbagai faktor risiko penyakit jantung pada penderita diabetes tipe 2.

6. Jahe Dapat Membantu Mengobati Gangguan Pencernaan kronis

Gangguan pencernaan kronis (dispepsia) ditandai dengan nyeri dan ketidaknyamanan berulang di bagian atas perut. Dipercaya bahwa pengosongan perut yang tertunda merupakan pendorong utama gangguan pencernaan.

Menariknya, jahe telah terbukti mempercepat pengosongan perut pada orang dengan kondisi ini.

Setelah makan sup, jahe mengurangi waktu yang dibutuhkan perut untuk mengosongkan dari 16 sampai 12 menit.

Dalam sebuah penelitian terhadap 24 individu sehat, 1,2 gram bubuk jahe sebelum makan dipercepat mengosongkan perut hingga 50%.

Jadi, kesimpulannya jahe dipercaya mampu mempercepat pengosongan lambung, yang bermanfaat bagi orang dengan gangguan pencernaan dan ketidaknyamanan perut.

7. Bubuk Jahe Dapat Mengurangi Nyeri Haid secara signifikan

Nyeri haid (dismenore) mengacu pada rasa sakit yang dirasakan selama siklus menstruasi wanita.

Salah satu kegunaan tradisional jahe adalah untuk menghilangkan rasa sakit, termasuk nyeri haid.

Dalam sebuah penelitian, 150 wanita diinstruksikan untuk mengambil 1 gram bubuk jahe per hari, untuk 3 hari pertama periode menstruasi.

Jahe berhasil mengurangi rasa sakit seefektif obat asam mefenamat dan ibuprofen.

Jadi, kesimpulannya jahe sangat efektif melawan nyeri haid bila diminum pada awal periode menstruasi.

8. Jahe Menurunkan Kadar Kolesterol

Lipoprotein LDL tingkat tinggi (kolesterol "jahat") terkait dengan peningkatan risiko penyakit jantung. Makanan yang Anda makan dapat memiliki pengaruh kuat pada tingkat LDL.

Dalam studi 45 hari terhadap 85 orang dengan kolesterol tinggi, 3 gram bubuk jahe menyebabkan penurunan yang signifikan pada kebanyakan penanda kolesterol .

Hal ini didukung oleh penelitian pada tikus hipotiroid, di mana ekstrak jahe menurunkan kolesterol LDL sampai tingkat yang sama dengan atorvastatin penurun kolesterol.

Kedua penelitian tersebut juga menunjukkan penurunan kolesterol total dan trigliserid darah.

Jadi, Terdapat beberapa bukti, baik pada hewan dan manusia, bahwa jahe dapat menyebabkan penurunan kolesterol LDL dan kadar trigliserida darah yang signifikan.

9. Jahe Mengandung Zat yang Dapat Membantu Mencegah Kanker

Kanker adalah penyakit yang sangat serius yang ditandai dengan pertumbuhan sel abnormal yang tidak terkontrol.

Ekstrak jahe telah dipelajari sebagai pengobatan alternatif untuk beberapa bentuk kanker.

Sifat anti-kanker dikaitkan dengan 6-gingerol, zat yang ditemukan dalam jumlah besar dalam jahe mentah.

Dalam sebuah penelitian terhadap 30 individu, 2 gram ekstrak jahe per hari secara signifikan mengurangi molekul pensinyalan pro-inflamasi di usus besar.

Namun, studi lanjutan pada individu dengan risiko tinggi kanker usus besar tidak mengkonfirmasi temuan ini.

Ada beberapa, walaupun terbatas, bukti bahwa jahe efektif melawan kanker pankreas, kanker payudara dan kanker ovarium. Diperlukan lebih banyak penelitian.

Jadi, kesimpulannya jahe mengandung zat yang disebut 6-gingerol, yang mungkin memiliki efek perlindungan terhadap kanker. Namun, ini perlu dipelajari lebih banyak.

10. Jahe dapat Memperbaiki Fungsi Otak dan Melindungi dari Penyakit Alzheimer

Stres oksidatif dan peradangan kronis dapat mempercepat proses penuaan. Juga diyakini sebagai pendorong utama timbulnya penyakit Alzheimer dan penurunan kognitif karena usia.

Beberapa penelitian pada hewan menunjukkan bahwa antioksidan dan senyawa bioaktif pada jahe dapat menghambat respon inflamasi yang terjadi di otak.

Ada juga beberapa bukti bahwa jahe bisa meningkatkan fungsi otak secara langsung. Dalam sebuah penelitian terhadap 60 wanita paruh baya, ekstrak jahe terbukti memperbaiki waktu reaksi dan memori kerja.

Selain itu, banyak penelitian pada hewan yang menunjukkan bahwa jahe dapat melindungi terhadap penurunan fungsi otak karena usia.

Jadi, hasil studi menunjukkan bahwa jahe dapat melindungi kerusakan akibat usia pada otak. Juga bisa memperbaiki fungsi otak pada wanita lanjut usia.

11. Bahan Aktif dalam Jahe dapat Membantu Mengatasi Infeksi

Gingerol, zat bioaktif dalam jahe segar, dapat membantu menurunkan risiko infeksi. Bahkan, ekstrak jahe bisa menghambat pertumbuhan berbagai jenis bakteri.

Kandungan ini sangat efektif melawan bakteri mulut yang terkait dengan penyakit inflamasi pada gusi, seperti radang gusi dan periodontitis.

Selain itu, jahe segar juga bisa efektif melawan virus RSV, penyebab umum infeksi saluran pernapasan.
***
Demikianlah informasi tentang 11 Manfaat Jahe untuk Kesehatan dan Kecantikan berdasarkan sejumlah penelitian ilmiah yang telah dilakukan para ahli. Semoga bermanfaat!

No comments:

Post a Comment

Terimakasih atas kepatuhannya melakukan komentar yang sopan, tidak menyinggung S4R4 dan p0rnografi, serta tidak mengandung link aktif, sp4m, iklan n4rk0ba, senj4t4 ap1, promosi produk, dan hal-hal lainnya yang tidak terkait dengan postingan. Jika ada pelanggaran, maaf jika kami melakukan penghapusan sepihak. Terimakasih dan Salam blogger!