Ini Dampak Apabila Tidak Terdapat Gas Rumah Kaca di Atmosfer Bumi - INIRUMAHPINTAR.com

Ini Dampak Apabila Tidak Terdapat Gas Rumah Kaca di Atmosfer Bumi

INIRUMAHPINTAR.COM - Jelaskan dampak yang akan terjadi apabila tidak terdapat gas rumah kaca di atmosfer bumi! Apa jadinya bumi tanpa efek rumah kaca? Apa sih efek rumah kaca itu? dan Mengapa efek rumah kaca itu terjadi? Lalu penyebabnya apa? Apakah ada hubungannya dengan pemanasan global? Nah, kali ini inirumahpintar akan membahas itu. Jadi, sahabat-sahabat pintar yang penasaran dengan jawaban atas pertanyaan-pertanyaan di atas, simak terus artikel ini sampai selesai ya! Yuk, langsung saja kita jawab satu per satu.

Apa Efek Rumah Kaca itu?

Allah SWT menciptakan bumi dengan sempurna. Allah SWT menciptakan bumi beserta efek rumah kacanya. Efek rumah kaca yang diciptakan Allah SWT agar menguntungkan bagi manusia. Efek rumah
kaca menjadikan suhu bumi terasa hangat. Jika Allah SWT tidak menciptakan efek rumah kaca, maka bumi akan terasa dingin dengan suhunya mencapai -18°C. Kebayang bukan, apa yang terjadi jika setiap hari manusia merasakan dingin seperti ini? 

Jadi, dampak yang akan terjadi apabila tidak terdapat gas rumah kaca di atmosfer bumi adalah suhu bumi akan sangat dingin, sehingga seluruh bagian bumi akan seperti kutub utara yang dipenuhi salju dan es. Aktivitas manusia akan terhambat, dan mungkin tidak semua makhluk dapat bertahan hidup di kondisi seperti itu!

 

Apa Hubungan Efek Rumah Kaca dengan Pemanasan Global

Adapun suhu bumi saat ini meningkat akibat ulah tangan manusia yang menyebabkan meningkatnya gas rumah kaca. Gas rumah kaca yang ditimbulkan manusia adalah gas yang timbul secara alamiah dari kegiatan industri. Contoh gas rumah kaca seperti CO2, (karbon doksida), CH4(metana), NO (nitrogen oksida), dan cFc (kiorofluom korbon). 

Apabila gas-gas tersebut terlepas ke atmosfer hingga ketinggian troposfer, akan membentuk lapisan yang mengungkung bumi. Akibatnya, sinar matahari yang masuk ke bumi banyak yang dipantulkan
kembali ke bumi sehnngga bumi menjadi semakin panas. 

Oleh karena itu, terjadilah efek rumah kaca yang merugikan umat manusia. Kita mengenalnya dengan istilah global warming atau pemanasan global.

Jika itu terus dibiarkan, maka lama kelamaan bumi semakin panas, dan es kutub utara mencair, volume air di bumi meningkat, daratan makin tenggelam, dan bisa jadi berakibat fatal terhadap kelangsungan hidup umat manusia.

Penyebab Terjadinya Efek Rumah Kaca

Sebenarnya, efek rumah kaca ini dapat terjadi secara alami, contohnya melalui letusan gunung berapi, yang mengakibatkan terjadinya perubahan iklim, suhu udara, dan curah hujan. 

Namun, aktivitas manusia juga memiliki andil terhadap efek rumah kaca ini.

Penebangan pohon yang mengakibatkan tidak adanya perlindungan bumi terhadap pemanasan global, membuat bumi tidak memiliki sumber daya untuk menetralkan suhu panas dari efek rumah kaca ini.

Belum lagi dengan aktivitas pabrik-pabrik dan kendaraan bermotor yang hampir tiap hari mengeluarkan zat karbon dioksida sehingga makin menambah efek rumah kaca.

Cara Mengatasi Pemanasan Global akibat Efek Rumah Kaca

Setiap negara harus andil dalam membicarakan isu ini. Setiap lahan gundul perlu ditanami kembali akan segera menghijau. Tujuannya untuk menetralisir dampak pemanasan global yang terjadi di bumi. 

Setiap produk manusia kini perlu beralih ke sumber daya listrik, bukan lagi fosil, agar dapat menekan sumber penyebab terjadinya pemanasan global.

No comments:

Post a Comment

Terimakasih atas kepatuhannya melakukan komentar yang sopan, tidak menyinggung S4R4 dan p0rnografi, serta tidak mengandung link aktif, sp4m, iklan n4rk0ba, senj4t4 ap1, promosi produk, dan hal-hal lainnya yang tidak terkait dengan postingan. Jika ada pelanggaran, maaf jika kami melakukan penghapusan sepihak. Terimakasih dan Salam blogger!