Manfaat dan Fungsi Utama Oli untuk Mesin Kendaraan - INIRUMAHPINTAR.com

Manfaat dan Fungsi Utama Oli untuk Mesin Kendaraan

INIRUMAHPINTAR.COM - Apa sih Manfaat dan Fungsi Utama Oli untuk Mesin Kendaraan? Hampir setiap satu atau dua bulan, kita diminta mengganti oli kendaraan di bengkel resmi. Entah apa gunanya. Saya sebagai awam dalam dunia otomotif, permesinan dan perbengkelan seringkali bertanya-tanya dalam hati. Hingga kemudian saya mencari tahu, bertanya-tanya kepada montir dan ahli mesin sembari merujuk pada referensi terkait. Barulah saya paham sedikitnya ada 5 Manfaat dan Fungsi Utama Oli untuk Mesin Kendaraan yang wajib kita ketahui, terutama kita yang memiliki kendaraan roda dua (motor) atau roda empat (mobil).

Tentang Oli Mesin Kendaraan

Mesin mobil atau motor bisa dikatakan sebagai "jantung" kendaraan. Jika jantung tersebut bekerja dengan baik, maka baik pula kinerja kendaraan. Begitupun sebaliknya. Untuk itu sangat perlu menjaga tersedianya jumlah dan jenis oli yang digunakan pada mesin kendaraan. Manfaat dan fungsi utama oli untuk mesin kendaraan adalah untuk melumasi, membersihkan, melindungi, mendinginkan dan juga mengembalikan performa mesin. Berikut penjelasannya:

1. Fungsi Pelumasan

Saat kendaraan dinyalakan, bagian mesin termasuk piston membuat gesekan di motor. Seiring kecepatan kendaraan meningkat, piston bekerja lebih keras untuk memompa minyak ke seluruh motor. Dalam hal ini, oli mesin menciptakan lapisan pelumas yang licin sehingga bagian yang bergerak tersebut bisa bekerja lebih lancar. Tanpa pelumasan oli, gesekan pada bagian yang bergerak dalam motor akan sangat terganggu hingga berkurangnya kompresi. Akibatnya, kendaraan tidak mampu  mencapai tingkat kecepatan dan kinerja yang optimal.

2. Fungsi Perlindungan

Lapisan pelumasan yang terkandung dalam oli juga bermanfaat untuk melindungi mesin. Coba bayangkan jika ada dua potong logam yang bergerak satu sama lain. Seiring berjalannya waktu, tanpa pelumasan, logam tersebut akan mulai aus atau menipis. Dan inilah yang akan terjadi jika sebuah mesin dibiarkan bekerja tanpa menggunakan oli. 

Yang paling fatal adalah, terjadinya kerusakan lebih parah pada struktur mesin secara keseluruhan. Oleh karena itu, jangan biarkan kendaraan kekurangan atau kehabisan oli. Tanpa disadari, oli sangat berperan melindungi bagian-bagian mesin yang bergerak agar tidak bersentuhan atau saling merusak satu sama lain.
Manfaat dan Fungsi Utama Oli untuk Mesin Kendaraan

3. Fungsi Pembersihan

Oli kendaraan bermanfaat membersihkan mesin dari puing-puing. Ketika oli dipompa ke seluruh mesin, oli sesungguhnya mengumpulkan puing saat ia bergerak. Puing-puing tersebut kemudian dikumpulkan di dalam minyak dan dibuang ke saringan oli kendaraan. 

Proses ini membuat mesin tetap bersih dari kotoran dan bahan yang terakumulasi dari penggunaan normal. Jadi, penggunaan oli yang tepat dalam jumlah yang ideal dapat menjamin bersihnya mesin dari kotoran-kotoran yang dapat menghambat kinerja mesin.

4. Fungsi Pendinginan

Perlu diketahui bahwa sistem antibeku di radiator tidak bertanggung jawab atas mekanisme pendinginan mobil secara keseluruhan. Dalam hal ini, antibeku di radiator Anda hanya mendinginkan bagian atas mesin. 

Gesekan bagian-bagian mesin di bagian bawah kendaraan yang bergerak menciptakan panas. Dan oli mesinlah yang bertanggung jawab untuk mendinginkan gesekan tersebut, seperti yang terjadi pada poros engkol, timing gear, piston, bantalan batang dan camshaft. Tanpa kemampuan pendinginan oli motor, mesin akan mudah mengalami overheating (cepat panas) - yang memungkinkan terjadinya kerusakan mesin sebelum waktunya.

5. Mengembalikan Kinerja Mesin

Beberapa oli motor bermanfaat untuk restorasi mesin atau mengembalikan kinerja mesin. Campuran oli mesin khusus seperti oli sintetis pada jarak tempuh yang jauh diformulasikan untuk mengembalikan fungsi mesin. Seiring waktu, jarak tempuh yang jauh dapat menyebabkan mesin tampil kurang memuaskan. Dan oli mesin ini digunakan untuk mengembalikan mesin ke kondisi normal yakni memberikan peningkatan kompresi dan kinerja. 

Kesimpulan dan Penutup

Penggunaan oli yang tepat tentu sangat erat kaitannya dengan dunia balap motor dan mobil, misalnya di Formula Satu dan MotoGP. Tak terkecuali, pada balapan kelas motor bebek di level regional. Oli mesin memiliki andil dalam menjaga kestabilan mesin, meningkatkan performa, kecepatan, dan menjaga mesin kendaraan. 

Namun demikian, sebagai konsumen biasa, yang menggunakan motor atau mobil untuk tujuan transportasi juga sangat perlu untuk mengetahui seluk beluk tentang oli mesin, termasuk mengenal manfaat dan fungsinya. Jangan pernah mengabaikan peran oli mesin pada kendaraan Anda. Dan semoga tulisan sederhana tentang Manfaat dan Fungsi Utama Oli untuk Mesin Kendaraan ini bermanfaat untuk Anda.

No comments:

Post a Comment

Terimakasih atas kepatuhannya melakukan komentar yang sopan, tidak menyinggung S4R4 dan p0rnografi, serta tidak mengandung link aktif, sp4m, iklan n4rk0ba, senj4t4 ap1, promosi produk, dan hal-hal lainnya yang tidak terkait dengan postingan. Jika ada pelanggaran, maaf jika kami melakukan penghapusan sepihak. Terimakasih dan Salam blogger!