Perbedaan Legato dan Staccato dalam Musik - INIRUMAHPINTAR.com

Perbedaan Legato dan Staccato dalam Musik

INIRUMAHPINTAR.COM - Jelaskan Perbedaan Legato dan Staccato dalam Musik? Agar musik yang dihasilkan dapat terdengar indah, maka setiap pemusik mesti memiliki teknik yang handal. Salah satu teknik terkini dalam memainkan nada dalam musik yakni  mengembangkan kontrol dan mempertahankan panjang nada yang dimainkan. Istilahnya adalah Legato dan Staccato. Apa itu Legato? Apa itu Staccato? Berikut penjelasan lengkapnya!

Perbedaan Legato dan Staccato dalam Musik

Legato dan Staccato adalah istilah musik yang berasal dari bahasa Italia.

Istilah legato berarti terhubung, atau digabungkan, nada. Artinya tidak ada kesunyian di antara dua nada yang dimainkan. Dinamika nada bersambung dan tidak disertai hentakan dan beat yang terputus. Agar mudah mengingat legato berarti terhubung, pikirkanlah hal-hal yang selalu terhubung, misalnya kepala dan badan, kaki dan badan, dsb.

Contoh musik legato banyak ditemui lagu-lagu yang mengalun tanpa terputus, seperti saat membuat musik melow.
http://www.manfaatmewah.xyz/2018/03/perbedaan-legato-dan-staccato-dalam-musik.html

Istilah staccato sendiri berarti nada yang terpisah. Dalam hal ini, nada staccato memiliki ruang, atau keheningan, hentakan di antara keduanya ketika dimainkan. Ada berbagai tingkatan nada staccato, kadang-kadang pendek hingga sangat pendek (staccatissimo). Untuk mengingat apa artinya staccato, hubungkan dengan kata stop yaitu berhenti.


Contoh musik staccato banyak ditemui pada lagu-lagu nge-beat atau lagu-lagu bertempo cepat.

Nada dari irama apapun bisa dimainkan legato atau staccato. Dan perlu diingat bahwa legato dan staccato hanya mengacu pada apakah nada dipanjangkan ketika beralih ke nada berikutnya atau tidak. Ini tidak ada hubungannya dengan nada awal. Legato dan Staccato hanya tentang durasi/tempo nada.

Begitulah perbedaan singkat antara Legato dan Staccato dalam musik. Semoga bermanfaat!

No comments:

Post a Comment

Terimakasih atas kepatuhannya melakukan komentar yang sopan, tidak menyinggung S4R4 dan p0rnografi, serta tidak mengandung link aktif, sp4m, iklan n4rk0ba, senj4t4 ap1, promosi produk, dan hal-hal lainnya yang tidak terkait dengan postingan. Jika ada pelanggaran, maaf jika kami melakukan penghapusan sepihak. Terimakasih dan Salam blogger!