Inilah 3 Keajaiban dan Manfaat Membaca Surat Al Kahfi - INIRUMAHPINTAR.com

Inilah 3 Keajaiban dan Manfaat Membaca Surat Al Kahfi

INIRUMAHPINTAR.COM - Inilah 3 Keajaiban dan Manfaat Membaca Surat Al Kahfi. Quran adalah firman Allah dan setiap Muslim percaya akan keaslian dan kebenaran setiap kata-kata di dalamnya. Oleh karena itu, seorang Muslim selalu ingin belajar Alquran dan berkonsultasi dengan Quran dalam setiap masalah kehidupan dan mencoba untuk mengetahui petunjuk dan pedoman yang dibutuhkan. Bagi seorang Muslim tidak ada teks yang lebih suci atau lebih benar daripada Quran dan segala sesuatu yang berasal darinya diterima oleh umat Islam tanpa pertanyaan apapun.


Selain memanfaatkan Quran sebagai sarana untuk mengambil instruksi tentang kode etik, Quran juga merupakan sarana untuk mengumpulkan berkah dan pahala dari Allah. Ketika datang untuk mengumpulkan pahala ini, ada beberapa ayat atau Surah Quran seperti Surah Fatiha, Surah Ikhlas, Surah Kautsar, Surah Al-Waqiah, Surat Al-Mulk, Surat An Naba, dll yang diketahui memiliki keutamaan luar biasa. 

Salah satu Surah Al Quran tersebut adalah Surah Al Kahfi. Penjelasan di bawah ini membahas kebajikan utama, manfaat dan keajaiban membaca dan menghafal Surah Al Kahf sebagaimana yang diriwayatkan dalam sejumlah hadits Nabi Muhammad SAW.
3 Keajaiban dan Manfaat Membaca Surat Al Kahfi

Mengenai Surah Al Kahfi

Surah al Kahf adalah Surah ke-18 Quran dan menceritakan tentang orang-orang beriman pada zaman kuno yang menerima pesan kebenaran. Namun, mereka harus menghadapi pembalasan dari masyarakat sehingga mengharuskan mereka melarikan diri dari kota dan menemukan perlindungan di sebuah gua dimana Allah SWT menidurkan mereka selama berabad-abad dan sampai saat itu seluruh kota mereka telah diubah menjadi orang percaya pada kebenaran. 

Surah ini memberi pesan bahwa orang-orang yang beriman kepada Allah dan meminta perlindungan dari-Nya, Allah pasti memberi mereka perlindungan terbaik yang tidak pernah dilihat di dunia manapun. Selain pesan yang terkandung ini, Surah Al Kahfi juga dilengkapi dengan berbagai manfaat dan kebajikan seperti yang dijelaskan dalam hadis Nabi Muhammad SAW.

Manfaat 1 Membaca Surah Al-Kahfi

Hal ini diriwayatkan oleh Abu Saeed al-Khurdi, yang mengatakan:
"Siapa yang membaca Surah Al Kahfi pada malam Jummah, akan memiliki cahaya yang akan membentang antara dia dan Ka'bah." (Al-Jaami)

Hadis ini terus menunjukkan kekuatan Surah saat rutin dibaca pada Jumat malam. Hadits tersebut menunjukkan bahwa Surah ini dapat menerangi pembaca dan bentangan cahayanya mencakup area antara Kabah dan pembaca, tidak peduli seberapa jauh pembaca dari Rumah Allah. 

Hamparan cahaya ini bisa dianggap sebagai terang berkat dan rahmat Allah. Dengan demikian, dengan membaca atau menghafalkan Surah ini pada hari Jumat malam, seseorang dapat memperoleh rahmat dan berkah yang melimpah.

Mengenai pembacaan Surah al Kahfi pada hari Jumat malam, hadis lain menceritakan:
"Siapa yang membaca Surah al Kahf pada hari Jummah akan memiliki cahaya yang akan bersinar dari dia dari hari Jumat sampai hari berikutnya." (Al-Jaami)

Oleh karena itu, pada Jumat malam, seorang Muslim harus mencari waktu untuk duduk dan membaca Surah Al Kahfi untuk menjadi salah satu yang diberkati.

Manfaat 2 Membaca Surah Al Kahfi

Nabi Muhammad SAW bersabda:
"Seseorang yang menghafal sepuluh ayat pertama Surah al Kahf akan aman melawan Dajjal (Anti-Kristus)." (Muslim)

Dajjal adalah salah satu tokoh akhir zaman dan dia akan membawa kehancuran bagi umat manusia. Dia akan membawa kehancuran dan kerusakan bagi dunia dan karena keinginannya orang-orang dengan iman yang rendah dan lemah akan berbalik ke arahnya dan berkumpul bersamanya. 

Pada waktu itu orang-orang yang beriman akan meminta pertolongan dari Allah SWT untuk melindungi mereka dari kehancurannya. Oleh karena itu, jika seseorang berkeinginan untuk selamat selama masa kesukaran dan penghancuran semacam itu, maka seseorang harus mencoba untuk menghafal sepuluh surah Al Kahfi yang pertama dan mencoba membacanya kapanpun ada kesempatan.

Hazrat Ibn Mardwiyah Al Daiyaa (RA) mengatakan bahwa Nabi Muhammad (SAW) mengatakan dalam sebuah hadis:
"Siapa pun yang membaca Surah al Kahf di yaumul Jummah, dia kebal selama 8 hari dari semua fitnah yang akan terjadi. Saat Dajjal keluar, dia akan kebal terhadapnya. "

Manfaat 3 Membaca Surah Al Kahfi

Tentang Kewenangan Hazrat Aisha (RA); Nabi (SAW) berkata:
"Bagaimana jika saya memberi tahu tentang sebuah Surah yang begitu penuh dengan kehebatan yang dicapai antara langit dan bumi dan memiliki berkat yang ditulis untuk itu dengan proporsi yang sama (dari langit ke bumi) siapa pun yang membacanya di Yaumul Jummah dimaafkan apa yang terjadi antara bahwa Jummah dan berikutnya, selain 3 hari (semuanya berjumlah 10 hari) dan siapa pun yang membaca lima ayat terakhir sebelum dia pergi tidur, Allah akan mengirimkannya malam itu sesuai keinginannya. Mereka berkata, Ya, wahai Rasulullah. Beliau berkata: Surah Ashabul Kahfi. "

Hadits ini memberikan berbagai kebajikan membaca dan menghafal Surah Al Kahfi pada hari Jumat. manfaat pertama adalah bahwa orang tersebut akan dimaafkan dari satu hari Jumat ke hari berikutnya termasuk tiga hari terakhir juga. Artinya dengan membaca Surah Al Kahf pada hari Jumat seseorang bisa terbebas dari dosa selama sepuluh hari. 

Manfaat kedua yang dijelaskan dalam hadist ini adalah pemberian apa pun diberikan kepada seseorang jika dia tidur setelah membaca lima ayat terakhir Surah Al Kahfi. Oleh karena itu, dengan membaca Surah al Kahfi pada hari Jumat malam dan sebelum tidur setiap malam, seseorang mendapat manfaat dari pengabaian dari dosa dan juga pemberian keinginan atau hajat.

Oleh karena itu, setiap Muslim yang membutuhkan dua manfaat ini harus memastikan bahwa mereka membiasakan diri untuk membaca Surah Al Kahfi setiap malam pada umumnya dan pada Jumat malam pada khususnya.

Kesimpulan

Singkatnya, Surah Al Kahfi adalah salah satu Surah Quran yang terkenal. Selain menyampaikan sejumlah pesan, Allah melindungi mereka dengan cara ajaib yang berpegang teguh pada kebenaran dan tetap berada di jalan yang benar. Surah ini juga dilengkapi dengan berbagai kebajikan dna manfaat. Bagi pembacanya akan dijauhkan dari dosa, mendapatkan berkah dari Allah SWT dan sebagai persiapan diri untuk hari akhir. Oleh karena itu, setiap pria dan wanita Muslim harus mencoba membiasakan diri membaca atau menghafal Surah al Kahf secara rutin.

Demikianlah penjelasan tentang 3 Keajaiban dan Manfaat Membaca Surat Al Kahfi. Semoga bermanfaat!

No comments:

Post a Comment

Terimakasih atas kepatuhannya melakukan komentar yang sopan, tidak menyinggung S4R4 dan p0rnografi, serta tidak mengandung link aktif, sp4m, iklan n4rk0ba, senj4t4 ap1, promosi produk, dan hal-hal lainnya yang tidak terkait dengan postingan. Jika ada pelanggaran, maaf jika kami melakukan penghapusan sepihak. Terimakasih dan Salam blogger!