Sejarah dan Manfaat Mainan Spinner Menurut Penciptanya - INIRUMAHPINTAR.com

Sejarah dan Manfaat Mainan Spinner Menurut Penciptanya

INIRUMAHPINTAR.COM - Apa itu spinner? Pernah tidak terlintas dibenak kalian tentang pertanyaan ini. Jika pernah, berarti Anda sama dengan saya. Saya penasaran dengan permainan satu ini. Entah berawal darimana, mainan spinner atau fidget spinner tiba-tiba menjadi mainan tangan yang populer di tahun 2017. Dan hingga di penghujung tahun ini, spinner masih laris di pasaran. Yang mengherankan, spinner tidak hanya dimainkan anak-anak, tetapi juga dimainkan oleh remaja dan orang dewasa. Apa sih kelebihan dari mainan ini?

Untuk itu, saya mencari tahu tentang spinner, ada banyak pertanyaan yang belum saya temukan jawabannya. Bagaimana sejarah dan asal mula permainan ini bisa tercipta? Idenya darimana? Apa alasan permainan ini dibuat? dan yang paling utama, apa sih manfaatnya? permainan ini kelihatannya sangat sederhana, bisa berputar-putar di tangan, disertai lampu kelap-kelip yang cantik. Apakah cuma itu saja? Spesialnya dimana? Lalu, harganya berapa? Mahal ngga? Terus belinya dimana? &#)%&)%..

Makanya, saya googling dan berikut ini adalah kesimpulan yang saya petik dari sejumlah referensi yang telah saya baca. Semoga sahabat pembaca pun dapat menikmatinya!

Apa itu Spinner?

Spinner adalah sebuah mainan kecil berputar yang menyerupai baling-baling, dimainkan dengan cara memegang bantalan di bagian tengah menggunakan ibu jari dan telunjuk atau ibu jari dan jari-jari yang lain. Spinner memiliki 3 sayap di sekelilingnya. Mirip juga dengan roda atau gir kecil yang bisa berputar. Bentuk spinner yang sederhana tidak disertai lampu-lampu kecil. 

Namun, setelah direformasi oleh perusahaan mainan, bentuknya kini sangat beragam. Yang paling populer dan laris tentu yang dilengkapi lampu kelap-kelip. Gambar berikut adalah salah satu model spinner yang versi sederhana.
Manfaat Mainan Spinner Menurut Penciptanya

Sejarah dan Manfaat Mainan Spinner Menurut Penciptanya

Spinner juga dikenal dengan sebutan fidget spinner, yang berarti pemintal kegelisahan. Jika diartikan secara spesifik, fidget spinner adalah mainan yang bertujuan mengatasi kegelisahan tangan. Jika sobat pernah melihat salah seorang teman atau kenalan kalian yang memiliki tangan sangat aktif, selalu memegang, mengutak-atik, bahkan sampai merusak barang-barang apa saja di sekitarnya, maka itulah fungsi utama dari mainan spinner ini dibuat.

Terkadang, orang yang memiliki tangan aktif melakukan aksinya tanpa disadari. Inilah yang disebut kegelisahan atau kecemasan tangan. Sebuah kecemasan yang diekspresikan menggunakan gerak-gerik tangan di luar kesadarannya.

Awalnya, Catherine Hettinger, sang penemu berpikir keras bagaimana ia beradaptasi dengan Myasthenia gravis yang dideritanya, sebuah penyakit yang menyebabkan terputusnya komunikasi antara saraf dan otot sehingga ia sulit menggenggam bahkan untuk sekedar menemani buah hatinya bermain. 

Singkat cerita, beliau berhasil menciptakan paten spinner. Sayangnya, beliau tidak sanggup memperpanjang izin patennya di tahun 2005. Lagipula, mainan spinner belum juga menjadi tren dan laku di pasaran seperti saat ini. Hingga kemudian, sebuah perusahaan mainan di Amerika Serikat yang pernah menolak produknya, Hasbro, memproduksi massal mainan spinner hingga dikenal dunia seperti sekarang. 

Coba buka YouTube, lihatlah betapa banyak orang yang memainkan spinner! Bahkan telah banyak gaya dan cara bermain spinner yang unik. Jadi, tidak salah jika spinner menjadi mainan paling tren dan digandrungi generasi jaman now hingga detik ini.

Apa Sebenarnya Manfaat Spinner ini?

Sebenarnya belum ada penelitian resmi yang mengeluarkan teori ilmiah tentang manfaat dari spinner ini? Hanya saja, sejumlah sumber menyebutkan sejumlah manfaat spinner ditinjau dari berbagai segi. Entah itu adalah bagian dari promosi atau benar-benar nyata, silahkan buktikan sendiri! hehehe.

Lagipula, tidak ada salahnya, kita mengetahui manfaat bermain spinner sebagaimana yang saya rangkum dari sejumlah artikel di internet berikut ini. Itung-itung menambah wawasan!

1. Mengurangi Kebiasaan Buruk Merusak Barang-Barang

Orang yang memiliki kebiasaan memegang dan mengutak-atik barang kadang-kadang sangat menjengkelkan dan merugikan. Apalagi jika barang yang ia pegang adalah barang favorit dan mahal. Ia baru menyadari kefatalan tangannya setelah benar-benar merusak barang. Coba perhatikan di sekitar kalian! Orang yang punya kebiasaan ini tanpa sadar bisa menggoyang-goyangkan pulpen atau pensil di tangannya, tak terkecuali barang-barang lain seperti asbak, handphone, gunting, penggaris, dan barang-barang kecil lain yang ada dihadapannya. 

Entah benar-benar kebiasaan seperti ini adalah efek kecemasan, yang terpenting adalah bagaimana mengurangi kemungkinan terburuk dari kebiasaan tersebut. Untuk itu, hadirlah spinner. Orang dengan tangan-tangan aktif bisa bercengkarama, nongkrong, sembari memainkan spinner di tangannya. 

2. Terapi untuk Pengidap Autis atau Gangguan Motorik Lainnya

Orang yang mengidap autis atau gangguan motorik benar-benar sulit dikendalikan. Terutama yang masih anak-anak. Mereka bisa melempar semua barang di sekitarnya. Mereka merasa senang dan tertawa dengan mengutak-atik semua barang di hadapannya. Bagi sebagian orang tua, tentu kejadian ini sangat merepotkan dan melelahkan. Bagaimana mengatasinya? Salah satunya yaitu menggunakan terapi spinner. Mengenalkan mainan ini kepada anak autis memungkinkan si anak melatih saraf motoriknya lebih aktif pada hal-hal yang tidak merusak. Sekaligus menghibur tentunya. 

3. Terapi Anti-Rokok dan Kebosanan 

Salah satu alasan orang merokok adalah karena merasa bosan. Terutama di saat sendiri atau menunggu seseorang. Agar tidak mengalami kesuntukan, ia mencari teman setia yang menyenangkan, yaitu rokok. Walaupun alasan ini tidak sepenuhnya bisa diterima, tetapi jika dipikir-dipikir sepertinya masuk akal. 

Untuk itu, kehadiran spinner sebagai media permainan tangan yang unik memungkinkan penggunanya mengurangi ketergantungan merokok sebagai penghilang kebosanan. Dengan kata lain, bermain spinner dapat dijadikan sebagai terapi alternatif anti-rokok yang aman sekaligus menyenangkan. Sekaligus mengubur dalam-dalam kebosanan yang bisa muncul kapan saja, di kala suntuk atau sendiri di rumah. 

Berapa Harga dan Belinya Dimana?

Saya cek di Bukalapak. Ternyata spinner dihargai bervariasi. Yang paling murah di kisaran 4000 hingga 10 ribuan rupiah. Yang premium bisa mencapai seratusan. Jadi, kesimpulannya adalah, bagi sobat yang ingin membeli spinner, silahkan beli sesuai budget ajah. Jangan lupa mempertimbangkan biaya ongkos kirim (ongkir) jika membelinya online, termasuk melalui Bukalapak. 

Kalau tidak mau repot, silahkan temukan mainan spinner ini di toko mainan atau di pasar terdekat. Atau jika sobat ingin lebih kreatif, buatlah spinner sendiri menggunakan barang-barang bekas yang ada di sekitar kalian, siapa tahu bisa menjadi peluang bisnis. Lumayan kan!

No comments:

Post a Comment

Terimakasih atas kepatuhannya melakukan komentar yang sopan, tidak menyinggung S4R4 dan p0rnografi, serta tidak mengandung link aktif, sp4m, iklan n4rk0ba, senj4t4 ap1, promosi produk, dan hal-hal lainnya yang tidak terkait dengan postingan. Jika ada pelanggaran, maaf jika kami melakukan penghapusan sepihak. Terimakasih dan Salam blogger!