Pengertian Pancasila Sebagai Kesatuan Yang Bulat dan Utuh - INIRUMAHPINTAR.com

Pengertian Pancasila Sebagai Kesatuan Yang Bulat dan Utuh

INIRUMAHPINTAR.COM - Jelaskan pengertian pancasila sebagai kesatuan yang bulat dan utuh? Nah, sebelum menjawab pertanyaan ini perlu kita pahami bahwa Pancasila adalah dasar negara Indonesia. Pancasila artinya lima sila. Tentu, kita semua telah menghafal kelima sila tersebut, yakni: 1) Ketuhanan yang Maha Esa, 2) Kemanusiaan yang adil dan beradab, 3) Persatuan Indonesia, 4)Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan perwakilan, 5) Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.

Terkait dengan pertanyaan pada judul tulisan ini mengenai pengertian pancasila sebagai kesatuan yang bulat dan utuh ada beberapa pemahaman yang perlu dipahami. Kita awali dengan membahas Bulat dan Utuh. Bulat artinya sempurna. Ketika ada bagian yang terpisah, maka tidak bisa lagi dikatakan bulat. Begitupun dengan utuh. Ketika ada bagian yang dilepaskan atau tidak terambil, maka bukan utuh lagi namanya, melainkan runtuh.

Terkait dengan pengertian pancasila sebagai kesatuan yang bulat dan utuh, maka ini makna sesungguhnya:

1. Satu Kesatuan Yang Tak Boleh Dipisahkan

Pengertian ini mengisyarakatkan bahwa Pancasila yang terdiri 5 sila, mulai dari sila ke-1, ke-2, ke-3, ke-4, hingga sila ke-5 adalah satu paket yang tak boleh dipisah-pisahkan. Jika ada satu sila yang dilepas artinya Pancasila bukan lagi satu kesatuan, dan menyalahi definisi dari pancasila sebagai kesatuan yang bulat dan utuh. 

2. Pengamalan dan Pelaksanaan Pancasila Mesti Bulat dan Utuh

Bukan hanya sebagai teks tertulis, Pancasila wajib menjadi pedoman masyarakat Indonesia yang beragam dalam hidup berbangsa dan bernegara. Tidak hanya itu, pedoman itu mesti direalisasikan dalam bentuk pengamalan dan pelaksanaan yang sempurna. Tak boleh hanya mengamalkan sebagian dan melupakan sebagian yang lain.

Salah satu contohnya, sila 1 yakni Ketuhanan yang Maha Esa. Artinya, masyarakat Indonesia wajib hidup di bumi Indonesia di bawah nilai-nilai Ketuhanan. Ketika ada oknum atau kaum-kaum yang melenceng dari sila-1 ini, maka itu adalah bagian proses makar dan musuh negara. Begitupun pengamalan dan pelaksanaan sila-sila lainnya. Indonesia menjunjung tinggi persatuan dalam keberagaman, hidup saling memanusiakan, membangun bangsa dalam kesepakatan mufakat, demi hadirnya kesejahteraan dan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.

3. Sila-Sila Pancasila Terpadu dan Tidak ada Yang Lebih Menonjol dari yang lain

Pengertian ini dimaksudkan bahwa setiap sila dalam Pancasila memiliki kedudukan yang sama dan terpadu. Artinya, tak boleh menganggap ada salah satu atau dua sila yang lebih unggul dan menonjol dari sila yang lain. Karena jika ada yang terlupa, keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia menjadi taruhannya. Inilah yang mesti direnungi oleh para generasi-generasi bangsa agar tidak serta-merta ikut-ikutan salah jalur, melupakan dasar negara Indonesia, yakni Pancasila.

Catatan Penulis

Hari ini atau mungkin esok hari pembahasan tentang Pengertian Pancasila Sebagai Kesatuan Yang Bulat dan Utuh akan terus menjadi perbincangan baik di lingkup privat maupun umum. Karena suatu negara yang berdaulat, yang punya potensi yang melimpah, akan terus dironrong ancaman. Tujuannya adalah ingin memecah belah nilai-nilai Pancasila dalam sanubari masyakarat Indonesia.

Oleh karena itu, agar Pancasila tetap utuh dan mengakar pada setiap langkah peradaban NKRI, setiap insan wajib mengandalkan akal sehat dalam menyikapi setiap serbuan, serangan, atau apapun namanya yang membahayakan keutuhan negara ini. Apalagi hari ini, terkadang lawan mengaku kawan, terkadang ada musuh dalam selimut, terkadang pagar makan tanaman, terkadang singa berbulu domba, dan terkadang benar jadi salah, salah jadi benar. Semoga Pengertian Pancasila Sebagai Kesatuan Yang Bulat dan Utuh bukan hanya kita pahami sebagai teori tetapi siap sedia untuk kita amalkan dalam kehidupan sehari-hari. Salam Pancasila!

No comments:

Post a Comment

Terimakasih atas kepatuhannya melakukan komentar yang sopan, tidak menyinggung S4R4 dan p0rnografi, serta tidak mengandung link aktif, sp4m, iklan n4rk0ba, senj4t4 ap1, promosi produk, dan hal-hal lainnya yang tidak terkait dengan postingan. Jika ada pelanggaran, maaf jika kami melakukan penghapusan sepihak. Terimakasih dan Salam blogger!