5 Manfaat Membandingkan Informasi Sebelum dan Sesudah Membaca - INIRUMAHPINTAR.com

5 Manfaat Membandingkan Informasi Sebelum dan Sesudah Membaca

INIRUMAHPINTAR.COM - Sebutkan dan jelaskan 5 Manfaat Membandingkan Informasi Sebelum dan Sesudah Membaca? Membaca adalah sebuah aktivitas memperoleh informasi dengan memanfaatkan indera penglihatan terhadap sesuatu yang bisa dibaca. Meskipun dalam pengertian lebih luas, membaca tidak mesti dengan melihat bacaan, tetapi mengamati suatu situasi juga bisa disebut sebagai membaca, tepatnya membaca keadaan. Namun, di pembahasan kali ini, kita batasi definisi membaca yakni pada sesuatu yang bisa dibaca.


Nah, terkait dengan pertanyaan di atas mengenai manfaat membandingkan informasi sebelum dan sesudah membaca. Berikut penjelasannya!

1. Memahami suatu informasi lebih detail

Sebelum membaca, informasi yang kita peroleh masih sedikit. Bahkan bisa jadi kita belum tahu apa-apa tentang suatu informasi. Namun, setelah kita membaca topik terkait, informasi yang kita peroleh semakin mendalam detail.

2. Menemukan pembenaran

Sebelum membaca, kita belum tahu apa-apa, atau hanya tahu sedikit dari informasi lain sebelumnya. Setelah membaca, kita baru bisa mengerti tentang hal-hal baru dan tentu saja itu merupakan proses bertambahnya wawasan dan pengetahuan yang menjadi cikal-bakal kita menemukan pembenaran dalam menyikapi suatu informasi.

3. Menambah keyakinan dan rasa bijak

Sebelum membaca, kita mungkin saja masih ragu untuk memastikan suatu informasi, entah itu fakta atau opini. Namun, setelah kita membaca kita bisa semakin yakin terhadap suatu informasi sehingga kita bisa lebih bijak menyikapi sesuatu.

4. Meningkatkan kehati-hatian menerima informasi

Di zaman ini, informasi beredar dengan cepat. Namun, tidak semua informasi yang hadir di tengah-tengah masyarakat itu bisa dipercaya. Terkadang kemasan menipu kita. Oleh karena itu, adanya proses membandingkan informasi sebelum dan sesudah membaca, dapat mengantarkan kita lebih dewasa dan hati-hati untuk menyerap suatu informasi. Melalui filter inilah kita bisa terhindar dari tipuan berita hoax atau berita palsu.

5. Bisa menjadi narasumber terpercaya buat orang lain

Ketika kita terbiasa untuk membandingkan informasi sebelum dan sesudah membaca, kita bisa memahami sesuatu lebih mendalam, menemukan pembenaran, menambah keyakinan, dan meningkatkan kehati-hatian kita menyerap informasi. Dan secara tidak langsung, kita bisa menjadi narasumber positif dan terpercaya buat orang lain yang kurang mengakses informasi. Dalam posisi inilah, kita bisa menerangkan sesuatu yang belum jelas bagi orang lain dengan baik dan secara mendalam.

Nah, itulah 5 Manfaat Membandingkan Informasi Sebelum dan Sesudah Membaca. Semoga menjadi bahan renungan bagi kita untuk selalu berguna bagi siapapun, dan dimanapun kita berada.

No comments:

Post a Comment

Terimakasih atas kepatuhannya melakukan komentar yang sopan, tidak menyinggung S4R4 dan p0rnografi, serta tidak mengandung link aktif, sp4m, iklan n4rk0ba, senj4t4 ap1, promosi produk, dan hal-hal lainnya yang tidak terkait dengan postingan. Jika ada pelanggaran, maaf jika kami melakukan penghapusan sepihak. Terimakasih dan Salam blogger!