Manfaat Terusan Panama bagi Dunia Transportasi dan Perdagangan - INIRUMAHPINTAR.com

Manfaat Terusan Panama bagi Dunia Transportasi dan Perdagangan

INIRUMAHPINTAR.COM - Pernahkah Anda mendengar nama "Terusan Panama" atau dalam bahasa Inggris dikenal dengan istilah "Panama Canal"? Dan Manfaat Terusan Panama bagi Dunia Transportasi? Ternyata, keberadaan Terusan Panama sungguh menakjubkan.

Transit melalui Terusan Panama memungkinkan wisatawan untuk merasakan sensasi berlayar penuh keajaiban teknik secara langsung. Motto Canal - "Tanah terbagi, dunia bersatu" - mengisyaratkan pentingnya sejarah sekaligus jeniusnya desain Terusan Panama. 

Ribuan kapal berlayar menggunakan kanal setiap tahun dan, menurut Otoritas Terusan Panama, "kegiatan transportasi komersial melalui kanal ini mewakili sekitar 5 persen perdagangan dunia." Terusan tidak hanya berguna dalam pengiriman dan aplikasi militer, namun juga tujuan pelayaran.

Manfaatnya adalah Menghemat waktu

Memanfaatkan Terusan Panama untuk pergi dari Atlantik ke Samudera Pasifik sangat menghemat waktu. Hingga saat ini Terusan Panama menjadi pilihan untuk melewati rute ini sejak dibuka pada tahun 1914. Tanpa Terusan Panama, kapal harus berlayar jauh-jauh ke Amerika Selatan. 

Keberadaan jalur memotong ini memungkinkan kapal angkatan laut untuk lebih cepat melintasi satu samudra ke samudera yang lain. Kemampuan untuk menggunakan kanal juga menambah keamanan Amerika Serikat dan negara-negara lain. Selain itu, Terusan Panama juga mendukung arus perdagangan dan barang bebas di belahan bumi Barat.
Manfaat Terusan Panama bagi Dunia Transportasi dan Perdagangan

Manfaatnya adalah Mengalami Sensasi Hukum Fisika

Penumpang kapal pesiar saat melewati Terusan Panama dapat mengalami penguncian secara langsung setiap kali melewati ports. Otoritas Kanal Panama memastikan bahwa tidak ada pompa yang digunakan di Terusan Panama, air melakukan pekerjaannya dengan kekuatan gravitasi saja. Curah hujan tinggi yang terjadi secara alami di Panama menyediakan semua air yang dibutuhkan untuk mengoperasikan kunci kanal. 

Kapal pesiar Anda akan mengangkut kunci dan Anda dapat menyaksikan kapal naik saat air ditambahkan dan mengangkat kapal (dari bawah). Anda kemudian akan melihat kapal lebih rendah lagi saat air dikeluarkan dari kunci dan kapal turun satu tingkat. Terusan Panama adalah fisika yang beraksi dalam skala monumental yang bisa dinikmati seluruh keluarga dalam perjalanan melalui terusan tersebut. 

Sejarah Singkat Terusan Panama

Terusan Panama (bahasa Spanyol: Canal de Panamá) adalah jalur air 77 km (48 mil) buatan di Panama yang menghubungkan Samudra Atlantik dengan Samudera Pasifik. Terusan tersebut melintasi daerah Isthmus Panama dan merupakan saluran utama untuk perdagangan maritim internasional. 

Ada kunci di setiap ujungnya untuk mengangkat kapal ke Danau Gatun, danau buatan yang dibuat untuk mengurangi jumlah pekerjaan penggalian yang dibutuhkan untuk kanal, 26 m (85 kaki) di atas permukaan laut, dan kemudian menurunkan kapal di ujung yang lain. Kunci aslinya adalah 34 m (110 kaki) lebar. 

Jalur kunci ketiga yang lebih luas dibangun antara bulan September 2007 dan Mei 2016. Kanal yang diperluas mulai beroperasi secara komersial pada tanggal 26 Juni 2016. Kunci baru memungkinkan transit kapal Post-Panamax yang lebih besar, yang mampu menangani lebih banyak muatan.

Prancis mulai bekerja di kanal pada tahun 1881 namun berhenti karena masalah teknik dan tingkat kematian pekerja yang tinggi. Amerika Serikat mengambil alih proyek tersebut pada tahun 1904 dan membuka kanal tersebut pada tanggal 15 Agustus 1914. 

Salah satu proyek teknik terbesar dan paling sulit yang pernah dilakukan, jalan pintas Terusan Panama sangat mengurangi waktu bagi kapal untuk melakukan perjalanan antara Samudra Atlantik dan Pasifik, memungkinkan mereka menghindari rute Cape Horn yang panjang dan berbahaya di sekitar ujung selatan Amerika Selatan melalui Jalur Drake atau Selat Magellan.

Kolombia, Prancis, dan kemudian Amerika Serikat menguasai wilayah yang mengelilingi kanal selama konstruksi. A.S. terus mengendalikan kanal dan Zona Terusan Panama di sekitarnya sampai Perjanjian Torrijos-Carter 1977 diberikan untuk diserahkan ke Panama. 

Setelah masa kontrol gabungan Amerika-Panama, pada tahun 1999 kanal tersebut diambil alih oleh pemerintah Panama dan sekarang dikelola dan dioperasikan oleh Otoritas Terusan Panama milik pemerintah.

Lalu lintas tahunan mengalami peningkatan dari sekitar 1.000 kapal pada tahun 1914, ketika kanal dibuka, menjadi 14.702 kapal pada tahun 2008, dengan total 333,7 juta terusan Panama / Universal Measurement System (PC / UMS) ton. Pada tahun 2012, lebih dari 815.000 kapal telah melalui kanal tersebut.  Dibutuhkan waktu enam sampai delapan jam untuk melewati Terusan Panama. American Society of Civil Engineers menyebut Terusan Panama salah satu dari tujuh keajaiban dunia modern, terutama di bidang pelayaran dan kemaritiman.

Demikianlah informasi tentang Manfaat Terusan Panama bagi Dunia Transportasi dan Perdagangan berikut sejarah singkatnya. Semoga menginspirasi!

No comments:

Post a Comment

Terimakasih atas kepatuhannya melakukan komentar yang sopan, tidak menyinggung S4R4 dan p0rnografi, serta tidak mengandung link aktif, sp4m, iklan n4rk0ba, senj4t4 ap1, promosi produk, dan hal-hal lainnya yang tidak terkait dengan postingan. Jika ada pelanggaran, maaf jika kami melakukan penghapusan sepihak. Terimakasih dan Salam blogger!