Manfaat Cyanobacteria (Ganggang Hijau-Biru) bagi Kehidupan - INIRUMAHPINTAR.com

Manfaat Cyanobacteria (Ganggang Hijau-Biru) bagi Kehidupan

INIRUMAHPINTAR.COM - Sebutkan dan jelaskan Manfaat Cyanobacteria (Ganggang Hijau-Biru)? Ganggang biru-hijau sering disebut sebagai Cyanobacteria atau Cyanophyta yang merupakan filum bakteri yang memperoleh energi mereka melalui fotosintesis. Nama "cyanobacteria" berasal dari warna bakteri, cyan (biru); bakteri tidak menggunakan atau menghasilkan sianida.

Jejak fosil cyanobacteria yang diduga telah ditemukan dari sekitar 3,8 miliar tahun yang pasti membuktikan bahwa alga biru-hijau adalah salah satu bentuk kehidupan paling primitif di Bumi.

Ganggang hijau-biru hadir di hampir semua ekosistem perairan, termasuk anak sungai, sungai, danau dan lahan basah. Sel-sel individu cukup kecil, sehingga ganggang hijau biru dapat hadir di badan air tanpa terlihat.

Namun, karena kondisi lingkungan menjadi tepat, jumlah alga dapat mulai meningkat dengan cepat dan mekar, sehingga menjadi mudah terlihat di permukaan air. Kisaran warna Cyanobacteria ketika mekar yaitu dari hijau gelap hingga berwarna coklat kekuningan lalu berubah secara konsistensi saat mengering menjadi biru di sekitar tepi air.
http://www.manfaatmewah.xyz/2018/03/manfaat-cyanobacteria-ganggang-hijau-bagi-kehidupan.html

 

Cyanobacteria itu Prokariota

Cyanobacteria sebenarnya adalah prokariota, bukan alga. Namun mereka memiliki kemampuan seperti tanaman, yakni dapat melakukan fotosintesis. Juga, mereka memiliki beberapa fitur bakteri primitif, yang tidak memiliki dinding sel tanaman. Menariknya, mereka juga punya karakteristik kerajaan hewan karena mengandung gula kompleks yang sangat mirip dengan glikogen.

Di antara ganggang biru-hijau para ahli menemukan spesies yang dapat dimakan dan beracun, adaptif terhadap habitat paling ekstrim di Bumi, termasuk laut dalam, mata air panas, dan es Antartika.

Spesies yang dapat dimakan telah digunakan oleh manusia sebagai makanan selama ribuan tahun. Habitat dengan pertumbuhan alga yang cukup meliputi Samudra Pasifik dekat Jepang dan Hawaii, dan danau air tawar besar di Afrika, Amerika Utara dan Selatan serta di Meksiko.

Penghasil Nutrisi

Ganggang hijau biru mengandung sejumlah kecil protein, vitamin (termasuk C, E, dan folat), beta karoten, dan beberapa mineral. Seperti tumbuhan hijau, mereka kaya klorofil, pigmen yang memungkinkan mereka mengubah sinar matahari menjadi energi. Oleh karena itu, Cyanobacteria dapat dijadikan sumber makanan penghasil nutrisi dalam tubuh.

Meningkatkan Kualitas Kesehatan

Ganggang hijau biru telah digunakan untuk menurunkan berat badan dan sebagai suplemen nutrisi. Cyanobacteria juga telah digunakan untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan untuk mengendalikan kadar kolesterol. Para pendukungnya mengklaim manfaat kesehatan dari Cyanobacteria, termasuk peningkatan energi, peningkatan daya ingat, penjernihan mental dan peningkatan fokus yang lebih besar, pencernaan yang lebih baik, kontrol nafsu makan saat mengidam, peningkatan fungsi kekebalan, dan penghilang kelelahan, hipoglikemia, PMS, kecemasan dan depresi.

Bahkan baru-baru ini, Cyanobacteria disebut sebagai obat untuk Attention Deficit Disorder. Walaupun belakangan, manfaat ini masih kontroversial.

Penyubur Tanah

Ganggang biru hijau yang terus menerus tumbuh di beberapa danau tropis adalah sumber makanan yang berharga bagi manusia. Beberapa spesies biru-hijau memberikan kontribusi besar pada pasokan makanan dunia dengan memupuk tanah dan sawah alami.

R.N. Singh dari Universitas Banares Hindu di India telah menunjukkan bahwa pengenalan alga biru-hijau ke tanah asin dan alkalin di negara bagian Uttar Pradesh meningkatkan kandungan nitrogen dan bahan organik tanah serta kapasitas mereka untuk menahan air. Perawatan ini telah memungkinkan tanah tandus sebelumnya untuk bercocok tanam.

Sementara itu, Stan Universitas Kansas menunjukkan melalui percobaan di Kansas, Oklahoma dan Texas, bahwa lapisan biru-hijau di tanah padang rumput mampu mengikat partikel tanah ke lapisan lendir mereka, mempertahankan kandungan air yang tinggi dan mengurangi erosi.

Produk Makanan

Beberapa daerah dalam budaya Amerika Utara dan proses komersial Ganggang biru-hijau tertentu dimanfaatkan sebagai produk makanan dan obat-obatan seperti vitamin, senyawa obat, dan faktor pertumbuhan.

Meningkatkan Kecerdasan

"Laporan Anak dan Ganggang" adalah rangkuman informasi Pusat Kesejahteraan Keluarga yang dikumpulkan selama penelitian terhadap 140 anak. Penelitian ini dirancang untuk menyelidiki efek pemberian Super Blue Green Algae kepada anak-anak yang berjuang dengan belajar, masalah sosial dan perilaku.

Tim peneliti mempertanyakan apakah penambahan Algae untuk makanan anak-anak akan membantu meringankan tantangan ini. Analisis statistik dari data yang dikumpulkan selama penelitian menunjukkan bahwa makan Alga jelas memiliki hasil yang sangat positif di daerah-daerah yang menjadi perhatian untuk sebagian besar sampel penelitian.

Laporan itu juga menyebutkan penelitian lain yang melibatkan 1.482 siswa di Nikaragua, negara di mana gizi buruk berdampak sekitar dua pertiga populasi. Hasil positif menambahkan Super Blue Green Algae pada makanan anak-anak dicatat dan memenuhi syarat, seperti peningkatan dalam partisipasi kelas anak-anak, nilai akademik, dan kesehatan secara keseluruhan. Ketika studi berlangsung, banyak anak-anak menunjukkan peningkatan keterampilan berbahasa dan membaca. Orang tua dan guru, sama-sama, mulai melaporkan bahwa anak-anak memiliki keterampilan sosial dan interaktif yang lebih baik, dan lebih banyak kemandirian.

Manfaat Kesehatan Lainnya

Keseimbangan unik dari nutrisi penting yang terkandung dalam Cyanobacteria memberikan manfaat kesehatan bagi setiap pengonsumsinya. Namun, setiap orang bereaksi berbeda terhadap alga, jadi ada banyak manfaat karena ada orang yang mencobanya. Umumnya, beberapa orang melaporkan perasaan umum tentang kesehatan, misalnya mengalami peningkatan energi, lebih sedikit pilek dan flu, lebih sedikit kunjungan ke dokter, lebih sedikit waktu istirahat di tempat kerja, dan suasana hati yang meningkat secara umum, hanya untuk beberapa nama.

Anda mungkin juga ingin membaca bagian penelitian untuk beberapa manfaat yang disebutkan dalam studi. Data klinis menunjukkan bahwa alga hijau biru bermanfaat untuk.
  1. Memudahkan transisi dan transformasi kehidupan
  2. Memahami dan menerima pengalaman hidup
  3. Mendengarkan suara bimbingan batin
  4. Membangun kembali harga diri
  5. Bergizi dan menciptakan sukacita dalam hidup kita
Namun demikian, Cara terbaik untuk benar-benar mengetahui tentang bagaimana Cyanobacteria (Ganggang Hijau-Biru) dapat menguntungkan Anda adalah mencobanya sendiri.

Jadi, setelah mengetahui Manfaat Cyanobacteria (Ganggang Hijau-Biru), apakah Anda tertarik untuk mencobanya buat keluarga?

No comments:

Post a Comment

Terimakasih atas kepatuhannya melakukan komentar yang sopan, tidak menyinggung S4R4 dan p0rnografi, serta tidak mengandung link aktif, sp4m, iklan n4rk0ba, senj4t4 ap1, promosi produk, dan hal-hal lainnya yang tidak terkait dengan postingan. Jika ada pelanggaran, maaf jika kami melakukan penghapusan sepihak. Terimakasih dan Salam blogger!