10 Manfaat Internet Untuk Siswa dan Mahasiswa - INIRUMAHPINTAR.com

10 Manfaat Internet Untuk Siswa dan Mahasiswa

INIRUMAHPINTAR.COM - Sebutkan Manfaat Internet Untuk Siswa dan Mahasiswa? Internet adalah salah satu pendukung komunikasi dan interaksi antar-manusia di era modern yang berlangsung sangat cepat dan flexible tanpa mengenal batas tempat dan waktu. Dengan internet, orang bisa melakukan banyak hal. Terkhusus untuk siswa atau mahasiswa, internet juga memiliki sejuta manfaat. Terutama dalam mendukung aktivitas sekolah dan perkuliahan. 


Internet menyajikan sejumlah keuntungan dan kemewahan informasi yang bisa dilakukan di hampir semua tempat di muka bumi. Bahkan di kampung-kampung kini, internet pun tidak sulit lagi di akses. Hanya saja, soal kecepatan dan gangguan jaringan masih terkadang menghantui para warganet, terutama di pelosok. 

Disamping mengandung efek negatif, internet juga memiliki sejumlah manfaat yang berlimpah. Bergantung bagaimana kita mengelolanya. Berikut 10 Manfaat Internet Untuk Siswa dan Mahasiswa yang mungkin kita belum sadari:

Manfaat Internet 1. Sumber Referensi Pembelajaran

Setiap materi pelajaran di sekolah biasanya dilengkapi dengan buku panduan atau buku paket. Sebelum datangnya internet, memiliki 1 atau 2 buku penunjang biasanya masih kurang. Terutama untuk pelajaran eksakta seperti matematika dan IPA. 

Namun kini, zaman telah berubah. Kita tidak lagi bergantung pada buku paket atau buku penunjang tambahan. Kita tidak perlu membeli yang baru. Untuk mendapatkan referensi pembelajaran tambahan, asalkan ada kuota internet kita bebas berselancar dan mencari sumber pengetahuan yang ingin kita pelajari baik dalam bentuk tulisan, mp3, atau dalam format video (misalnya dari YouTube).

Manfaat Internet 2. Mempermudah Komunikasi

Kehadiran internet juga beriringan dengan meningkat pesatnya platform penyedia layanan komunikasi berbentuk sosial media seperti Facebook, WhatsApp, BBM, Line, Path, Instagram, Twitter, dll. Kini para siswa atau mahasiswa lebih mudah untuk berdiskusi atau bahkan melakukan video call melalui fasilitas chatting di grup umum/private. 

Mereka tidak perlu lagi saling mengunjungi hanya untuk sekedar mendiskusikan satu nomor soal latihan. Cukup mengaktifkan internet di ponsel masing-masing. Mengunjungi aplikasi sosmed. Kemudian saling berinteraksi, tanya-jawab, hingga bertukar gambar atau video. 

Manfaat Internet 3. Tanya Jawab atau Konsultasi Online

Jika siswa atau mahasiswa mengalami kesulitan mengerjakan suatu soal atau tugas sekolah/kuliah, maka langkah pertama yang perlu dilakukan adalah searching di halaman pencarian Google. Untuk hal-hal umum, sejumlah jawaban dan penjelasan tersedia melimpah. Hanya untuk topik-topik khusus, biasanya dibutuhkan konsultasi tambahan. 

Dalam hal ini, para siswa/mahasiswa dapat memanfaatkan situs tanya-jawab atau forum-forum konsultasi yang kini telah banyak hadir dan tumbuh pesat. Situs tanya jawab pendidikan yang paling populer saat ini yaitu Brainly. Namun, beberapa grup dan halaman terkait juga tersedia di Facebook. 

Manfaat Internet 4. Pelatihan, Bimbingan Belajar atau Kursus Online

Bagi siswa/mahasiswa yang tidak memiliki kesempatan untuk mengikuti kursus, pelatihan, atau bimbingan belajar di kelas nyata, kelas maya adalah solusinya. Dengan mengandalkan jaringan komputer seperti Indihome, layar monitor, laptop standar dengan fitur kamera depan, atau menggunakan smartphone, para siswa/mahasiswa dapat mengikuti kelas online gratis atau berbayar di situs-situs pendidikan terkait. Walaupun agak mahal untuk ukuran banyak orang, pembelajaran online sangat efektif bagi kalangan yang super sibuk, introvert, pemalu, atau mereka yang senang belajar mandiri. 

Manfaat Internet 5. Informasi Beasiswa

Pengadaan beasiswa sangat mendukung daya saing dan daya jelajah para siswa/mahasiswa. Dan untuk mencari informasi tentang beasiswa, para siswa/mahasiswa tidak perlu lagi hunting sana-sini di papan pengumuman sekolah atau kampus. Hampir semua penyelenggara beasiswa, terutama untuk pelajar/mahasiswa berprestasi telah bisa diakses dengan mudah melalui situs-situs online. 

Manfaat Internet 6. Informasi Lomba/Kompetisi

Dalam rangka mengembangkan diri, para pelajar/mahasiswa sebaiknya rajin mengikuti lomba-lomba atau kompetisi sesuai bidang yang diminati. Dan untuk mengetahui jadwal pelaksanaan lomba-lomba tersebut, baik di level nasional maupun internasional, para pelajar/mahasiswa dapat mengandalkan akses internet.

Penyelenggara biasanya mempublikasikan informasi lengkap tentang lomba yang diadakan. Jadi, jika kamu tertarik mengikuti lomba-lomba seperti menulis karya ilmiah, puisi, cerpen, atau lomba sains, teknologi terapan, pengembangan robot, olimpiade, debat bahasa Inggris, desain grafis, game competition, dsb, maka sering-seringlah mengecek di Google.

Manfaat Internet 7. Informasi Seminar/Workshop/Forum Pendidikan

Selain mengikuti lomba, para siswa/mahasiswa juga perlu mengasah kemampuan dan keterampilan dengan mengikuti seminar-seminar, workshop, atau forum-forum pendidikan. Dan setiap penyelenggara event seminar dan sejenisnya biasanya juga menyertakan link yang berisi informasi lengkap tentang kapan dan dimana event tersebut diselenggarakan. Jadi, siapapun yang berminat tinggal mengakses link tersebut dengan bantuan jaringan internet

Manfaat Internet 8. Sebagai Wadah Berkarya Zaman Now

Dunia internet bukan hanya untuk tujuan konsumtif. Untuk itu, para siswa/mahasiswa mesti memanfaatkan setiap momentum tersebut untuk berkarya. Misalnya, dengan mempublikasikan karya sastra, seperti puisi, artikel, cerpen, dan rangkuman pembelajaran di blog. 

Selain itu, bagi menyukai video editing bisa menggunakan media YouTube atau Vidio.com sebagai tempat publikasi. Bahkan, jika beruntung, dan ingin fokus, kesempatan untuk meng-uang-kan karya tersebut dengan menjadi Adsense Publisher terbuka lebar.

Manfaat Internet 9. Mengecek Sekolah/Universitas Pilihan

Di masa-masa pendaftaran kuliah, semua perguruan tinggi mempublikasikan hal-hal yang berkaitan dengan registrasi dan pendaftaran di situs mereka. Jadi, para calon mahasiswa dapat mengecek tentang universitas pilihan mereka di internet. Begitupun di tahun ajaran baru, sekolah-sekolah pun menyediakan informasi yang sama kepada calon warga belajarnya. Bahkan, saat ini, sistem registrasi dan seleksi telah tersedia secara online di sejumlah sekolah-sekolah atau perguruan tinggi favorit. Jadi, semua serba praktis karena internet benar-benar memberikan ruang gerak yang lebih cepat dan efesien.

Manfaat Internet 10. Mengecek Harga Tiket Liburan (Penerbangan dan Hotel)

Bagi sekolah atau perguruan tinggi yang akan melakukan karya wisata atau studi banding, tentu membutuhkan informasi tentang tiket penerbangan dan penginapan (hotel). Dan informasi tersebut sangat mudah diperoleh menggunakan internet, baik melalui aplikasi travel seperti traveloka, tiket.com, pegi-pegi, atau aplikasi bayar-bayar serba ada milik Ustad Yusuf Mansur Paytren
***
Saya yakin internet tidak hanya memiliki 10 manfaat saja untuk siswa dan mahasiswa. Namun, 10 manfaat yang saya sebutkan di atas cukup mewakili semua keuntungan yang bisa dipetik jika memanfaatkan internet secara positif. Terima kasih telah membaca artikel 10 Manfaat Internet Untuk Siswa dan Mahasiswa. Semoga bermanfaat!

No comments:

Post a Comment

Terimakasih atas kepatuhannya melakukan komentar yang sopan, tidak menyinggung S4R4 dan p0rnografi, serta tidak mengandung link aktif, sp4m, iklan n4rk0ba, senj4t4 ap1, promosi produk, dan hal-hal lainnya yang tidak terkait dengan postingan. Jika ada pelanggaran, maaf jika kami melakukan penghapusan sepihak. Terimakasih dan Salam blogger!