Manfaat Menggunakan JILBAB Bagi Wanita Muslimah - INIRUMAHPINTAR.com

Manfaat Menggunakan JILBAB Bagi Wanita Muslimah

INIRUMAHPINTAR - Sebutkan Manfaat Menggunakan Jilbab Bagi Wanita Muslimah? Pertanyaan ini sebenarnya sudah sering dipertanyakan dan dibahas lengkap di berbagai pengajian, buku-buku Islami, artikel-artikel religi, dan diskusi-diskusi keagamaan. Akan tetapi, pembahasan tentang Manfaat Menggunakan Jilbab Bagi Wanita Muslimah berikut ini mungkin memiliki gaya penyajian logis yang berbeda sehingga lebih layak untuk dijadikan bahan rujukan diskusi tentang gaya hidup wanita muslimah.

Di era milenial seperti sekarang ini, wanita muslimah yang menggunakan jilbab bukan lagi hal yang tabuh atau hal aneh, terutama di negeri mayoritas Muslim seperti di Arab, Indonesia, Malaysia, dan Brunei Darussalam. Akan tetapi,bagi mereka yang non-Islam seringkali bertanya-tanya, apa sebenarnya Manfaat Menggunakan Jilbab Bagi Wanita Muslimah? Mengapa mereka tidak berpakaian bebas saja, mengikuti mode dunia ala barat atau ala K-Pop? Toh, itu hanya pakaian saja?

Yah, pendapat itu tentu saja tidak elok untuk dipersalahkan, karena mungkin saja mereka belum tahu fakta menarik, manfaat luar biasa yang bisa dirasakan oleh para wanita muslimah yang menggunakan jilbab.

Perlu diketahui bahwa, dalam syariat Islam (hukum Islam), setiap wanita yang telah mencapai akil baligh diwajibkan untuk menutup aurat. Aurat itu batasannya adalah seluruh tubuh, kecuali wajah dan telapak tangan. Nah, karena itu wajib, maka tidak ada alasan untuk membuka aurat di depan mahram. Artinya, hanya orang-orang terdekat saja yang diperbolehkan melihat aurat seorang wanita muslimah, seperti ayahnya, putra-putrinya, suami dan orang-orang terdekat lainnya yang ditetapkan oleh syariat.

Untuk menutup aurat sendiri, dibuatlah hamparan kain penutup yang ideal. Sekarang kita menyebutnya JILBAB. Lalu, apa kegunaan menggunakan jilbab bagi wanita muslimah? apakah hanya untuk menutup aurat? Lebih jelasnya silahkan baca dan renungkan Manfaat Menggunakan Jilbab Bagi Wanita Muslimah berikut ini:

1. Membatasi Pandangan dari Lawan Jenis (Bukan Mahram)

Islam adalah agama yang aturannya dari Allah SWT. Tak ada aturan yang sia-sia. Nah, melalui jilbab, wanita muslimah diangkat derajatnya, dijaga dari pandangan orang-orang yang tidak berhak. Artinya, aurat wanita muslimah hanya dipantaskan untuk mahramnya, salah satunya suaminya.

Maksudnya apa? Terjaganya wanita muslimah dari pandangan lawan jenis yang bukan mahram membuatnya terlindung dari niat-niat jahat atau perlakuan-perlakuan yang berbahaya. Dengan demikian, wanita muslimah terjaga kehormatan dan harga dirinya. Hanya saja, tidak sedikit yang khilaf dan memilih kehormatannya tergadai nafsu duniawi. Semoga kita tidak termasuk di dalamnya.

2. Memotivasinya Menjadi Pribadi yang Islami

Tidak ada manusia yang sempurna, begitupun wanita muslimah. Mungkin hari ini tak ada salah-salah kata, tapi di lain hari terkadang lidah salah bicara. Hadirnya jilbab menutupi aurat, menjadi tameng dan motivasi untuk menjaga lisan, menyempurnakan akhlak berpakaian dan akhlak-akhlak lainnya. Walaupun tidak ada jaminan wanita berjilbab selalu sempurna, tetapi setidaknya dengan berjilbab wanita muslimah telah mengawali hidupnya dengan akhlak yang sesuai syariat Agama.

3. Menjaga Kesehatan Kulit dan Rambut

Wanita muslimah yang berjilbab, ketika ke luar rumah, tentu saja akan terhindar dari sengatan matahari, debu, dan kotoran-kotoran lain yang akan mengganggu kesehatan kulit dan rambut mereka. Hasilnya, kulit dan rambut mereka pun terjaga. Dengan demikian, rambut mereka benar-benar akan terlindungi dan menjadi mahkota wanita yang terjaga, bukanlah mahkota yang tergadai pandangan liar di sana sini. Jadi, tanpa harus menggunakan banyak produk kecantikan, jilbab menjadi tameng alami menjaga kesehatan kulit dan rambut para muslimah yang menggunakan jilbab.

4. Wujud Ketaatan dan Kecintaan Luar Biasa kepada Keluarga

Ketika seorang ibu menggunakan jilbab dengan niat menutup aurat, artinya ia menjadi sosok teladan bagi putri-putri dan saudara perempuannya. Begitupun, terhadap suaminya. Cinta terbaik bukanlah yang berusaha cantik dan buka-bukaan di depan lelaki lain, tetapi yang pandai menjaga aurat ketika ke luar rumah, dan memanjakan suami ketika di rumah. Untuk itu, definisi taat dan cinta terhadap keluarga mestilah dipahami oleh para wanita muslimah, yakni dengan mengawali hidup dengan menjaga aurat dengan jilbab syar'i serta sesuai dengan tempatnya.

5. Sebagai Ladang Dakwah dan Peluang Usaha

Bagi wanita muslimah yang menggunakan jilbab, secara tidak langsung, menjadi ladang dakwah bagi muslimah-muslimah lain yang belum mendapatkan hidayah. Dan bagi mereka yang berbakat menangkap peluang usaha, dapat mengembangkannya menjadi aktivitas bisnis yang menguntungkan, yakni berjualan jilbab dan pernak-perniknya.

_____

Jadi, sebagai catatan akhir di penghujung tulisan ini, menggunakan jilbab bagi wanita muslimah terbukti memiliki banyak manfaat. Lima manfaat yang disebutkan di atas, hanyalah bahagian umum. Jika, ditelusuri lebih mendalam, ada banyak manfaat berkesinambungan yang bisa dirasakan para penggunanya. Untuk itu, mengetahui manfaat menggunakan jilbab menjadi tidak ada gunanya jika tidak dibarengi dengan perbuatan, yakni menggunakannya untuk menutup aurat agar kehidupan menjadi lebih berkah dan diberkahi sang Maha Pencipta alam semesta. Semoga bermanfaat!

0 Response to "Manfaat Menggunakan JILBAB Bagi Wanita Muslimah"

Post a Comment

Terimakasih atas kepatuhannya melakukan komentar yang sopan, tidak menyinggung S4R4 dan p0rnografi, serta tidak mengandung link aktif, sp4m, iklan n4rk0ba, senj4t4 ap1, promosi produk, dan hal-hal lainnya yang tidak terkait dengan postingan. Jika ada pelanggaran, maaf jika kami melakukan penghapusan sepihak. Terimakasih dan Salam blogger!