Jelaskan Pengertian Budaya? Ini Penjelasannya! - INIRUMAHPINTAR.com

Jelaskan Pengertian Budaya? Ini Penjelasannya!

 


INIRUMAHPINTAR.COM - Jelaskan pengertian budaya? Dalam bahasa Inggris, budaya kita kenal sebagai culture. Namun, secara etimologis, budaya berasal dari bahasa Latin yaitu cultura, yakni dari kata colere, yang berarti "membudidayakan") umumnya mengacu pada pola aktivitas manusia dan struktur simbolis yang mengandung keterkaitan dengan pola hidup manusia, selalu berubah, dan memiliki keunikan di setiap wilayah.

Budaya atau culture juga berasal dari kata Sansekerta buddhaya, yang merupakan bentuk jamak dari buddhi. Ini didefinisikan sebagai aspek yang terkait dengan budi dan pikiran manusia.

Budaya sangat erat kaitannya dengan peradaban manusia. Artinya, dimana ada manusia disitu ada budaya. 

Pengertian Budaya

Budaya adalah semua hal yang melekat pada manusia, seperti bahasa, agama, masakan, kebiasaan sosial, musik, seni, norma-norma, tata nilai, ritual, pakaian, sistem kepercayaan, yang bersinergi menjadi satu kesatuan yang saling berkait dan menjadi ciri khas setiap wilayah atau kelompok masyarakat.

Budaya juga dapat diartikan sebagai cara menjalani hidup yang berkembang di suatu wilayah, lalu berlanjut menjadi kebiasaan penduduk setempat, turun-temurun, dan menjadi ciri khas penanda wilayah tersebut.

Contoh Budaya

Di Indonesia, ada banyak sekali budaya yang melekat. Misalnya, dalam hal berpakaian, kita mengenal batik. Nah, batik merupakan perwujudan dari cipta, rasa, dan karsa nenek moyang kita di bidang seni dan pakaian. Keduanya melahirkan sebuah perpaduan karya yang hingga kini menjadi ciri khas.

Contoh selanjutnya dalam hal kemasyarakatan. Misalnya, ketika menjelang hari raya, orang-orang Indonesia memiliki budaya turun-temurun yaitu mudik. Semua orang yang tinggal di kota, berduyun-duyun kembali ke kampung halaman untuk berkumpul bersama keluarga besar. 

Tiap tahun, mudik ini menjadi pemandangan yang sering kita temui.

Selain itu, tentu saja, masih banyak contoh-contoh budaya di masyarakat Indonesia. Teman-teman dapat mencari tahu budaya yang ada di wilayah teman-teman sendiri. 

Selama itu masih berkaitan dengan kebiasaan masyarakat, di situlah melekat istilah budaya.

Namun demikian, budaya itu berkembang sesuai lingkungan. Lingkungan yang baik melahirkan budaya yang baik, begitupun sebaliknya, lingkungan buruk dapat menghasilkan budaya yang buruk.

Budaya baik mesti dijaga dan dilestarikan. Sementara budaya buruk mestilah dihapus dan dihilangkan, apalagi jika merugikan banyak orang. 

Kesimpulan dan Penutup

Jelaskan pengertian budaya? Banyak persepsi dan definisi dapat terlahir dari para ahli. Namun, inti dari pengertian budaya itu sendiri adalah kebiasaan yang berkaitan dengan kehidupan manusia, terpengaruh oleh lingkungan dan peradaban, berlangsung turun-temurun, lalu menjadi ciri khas wilayah atau kelompok masyarakat tertentu.

No comments:

Post a Comment

Terimakasih atas kepatuhannya melakukan komentar yang sopan, tidak menyinggung S4R4 dan p0rnografi, serta tidak mengandung link aktif, sp4m, iklan n4rk0ba, senj4t4 ap1, promosi produk, dan hal-hal lainnya yang tidak terkait dengan postingan. Jika ada pelanggaran, maaf jika kami melakukan penghapusan sepihak. Terimakasih dan Salam blogger!