Mengapa Setiap Tim Sepak Bola Disebut Kesebelasan - Ini Jawabannya - INIRUMAHPINTAR.com

Mengapa Setiap Tim Sepak Bola Disebut Kesebelasan - Ini Jawabannya

INIRUMAHPINTAR.COM - Mengapa setiap tim sepak bola disebut kesebelasan? Pertanyaan cukup sering ditanyakan oleh anak-anak. Bagaimana cara menjawabnya. Mudah sekali. Tim sepakbola disebut kesebelasan karena tiap-tiap tim sepakbola ketika berlaga di lapangan terdiri sebelas pemain utama. Meskipun jumlah pemain keseluruhan dapat lebih dari sebelas, tetapi sebagian pemain berperan sebagai pemain cadangan. Pemain utama berjumlah 11 orang. Satu orang memiliki posisi sebagai penjaga gawang atau kiper. Selanjutnya di depan kiper, 3, 4 atau 5 pemain dapat berperan sebagai bek atau pemain bertahan, bergantung formasi atau susunan pemain yang ditentukan oleh pelatih.

Selain itu, ada juga pemain sayap atau gelandang serang yang bergerak di sisi kanan dan kiri. Terkadang juga dibantu oleh gelandang serang atau midfielder yang bertugas mengatur tempo permainan. Posisi ini tentu saja bervariasi karena di area tengah lapangan pelatih dapat saja menempatkan posisi lain yaitu gelandang bertahan, yang cenderung bergerak mundur membantu pertahanan. 


 

Di bagian depan, posisi pemain di dalam tim sepakbola yaitu striker atau penyerang. 

Formasi yang biasa digunakan dalam tim sepakbola yaitu, 4-3-3, 5-3-2-1, 3-4-3, 3-5-2. Intinya jumlah keseluruhan dari pemain adalah sebelas orang. Dalam formasi di atas, jumlah yang terhitung hanya sepuluh, dikarenakan dalam istilah formasi posisi kiper tidak masuk hitungan.

Kesimpulannya adalah, mengapa setiap tim sepakbola disebut kesebelasan? Karena setiap tim sepak bola yang berhadapan dalam sebuah lapangan baik dalam laga resmi atau laga hiburan, jumlah pemain yaitu masing-masing sebelas orang. 

Semoga penjelasan ini dapat memberikan pencerahan.

No comments:

Post a Comment

Terimakasih atas kepatuhannya melakukan komentar yang sopan, tidak menyinggung S4R4 dan p0rnografi, serta tidak mengandung link aktif, sp4m, iklan n4rk0ba, senj4t4 ap1, promosi produk, dan hal-hal lainnya yang tidak terkait dengan postingan. Jika ada pelanggaran, maaf jika kami melakukan penghapusan sepihak. Terimakasih dan Salam blogger!