Mengapa Kita Harus Melaksanakan Tugas dengan Penuh Tanggung Jawab - INIRUMAHPINTAR.com

Mengapa Kita Harus Melaksanakan Tugas dengan Penuh Tanggung Jawab

 


INIRUMAHPINTAR.COM - Mengapa kita harus melaksanakan tugas dengan penuh tanggung jawab? Setiap orang akan memiliki tanggung jawab sesuai dengan keadaannya masing-masing. Secara alami, sejak lahir manusia, sebagai ciptaan Tuhan telah memiliki tanggung jawab sebagai khalifah di muka bumi. Jika dikhususkan dalam lingkup lebih kecil, misalnya para siswa atau mahasiswa yang sedang menimba ilmu, mengapa mereka harus melaksanakan tugas dengan penuh tanggung jawab?

Jawabannya mudah sekali kawan. 

Semakin disiplin dirimu melaksanakan tanggung jawab, entah itu berupa tugas di sekolah, atau membantu orang tuamu di rumah, maka semakin cepat prosesmu menuju pendewasaan diri. 

Proses inilah yang akan memberikan "privilage" pada dirimu sendiri.

Bahkan, orang yang bertanggung jawab secara otomatis akan tumbuh bersama kewibawaannya.

Lalu, dengan kewibawaan itu ia akan lebih mudah diberkahi dengan kemuliaan.

Jadi, sudahi mengeluh ketika mendapatkan tugas dari sekolah, kuliah, atau dari tempat kerja.

Nikmati proses itu dan jadikan sebagai langkah dalam menyempurnakan segala kekurangan yang kamu miliki.

Bukankah kamu ingin sukses.

Dan perlu kamu ketahui, sukses itu tidak hanya butuh kepintaran.

Tetapi masih banyak hal-hal lain yang perlu kamu siapkan, salah satunya adalah rasa tanggung jawab.

Jika kamu bertanggung jawab, maka kamu tidak akan menunda-nunda pekerjaan.

Jika kamu bertanggung jawab, maka kamu selalu menyelesaikan tugasmu dengan sebaik-baiknya dan penuh kejujuran.

Jika kamu bertanggung jawab, maka kamu tidak mudah putus asa ketika menghadapi kesulitan, melainkan terus mencoba hingga kamu menemukan solusi atau jalan keluar.

Usaha Harus Tumbuh Berkali-kali Lipat

Tanggung jawab itu perlu dilatih, dibiasakan, aga ia dapat menjadi sebuah kepribadian baik. Kelak, ketika telah menjadi seorang pengusaha, misalnya, kamu bertanggung jawab untuk mengelola usahamu dengan cara-cara yang baik.

Perbaiki kualitas produk dan pelayananmu kepada konsumen. Bayar gaji karyawanmu tepat waktu. Dan terus belajar agar usahamu mengalami kemajuan dan terus adaptif dengan perubahan zaman.

Namun, jika kamu ditakdirkan sebagai karyawan atau pegawai biasa, bertanggung jawablah dengan pekerjaanmu. Kuasai bidangmu dan gunakan pengetahuan serta keterampilanmu sebaik-baiknya untuk memajukan diri dan tempat kerjamu. 

Berdedikasilah dan pegang erat integritasmu. 

Jika kamu sudah berkeluarga, baik sebagai suami atau istri, jadilah pribadi yang bertanggung jawab terhadap pasangan masing-masing.

Jangan lupa untuk saling mengingatkan dan menjaga dalam keharmonisan. 

Ingat, tujuan kalian bukan untuk hidup satu dua hari.

Ada banyak tanggung jawab yang harus kalian penuhi. 

Intinya adalah, apapun peranmu di masa depan, entah sebagai pekerja biasa, ibu rumah tangga, buruh harian, pedagang di pasar, guru, pegawai, karyawan, pengusaha, wakil rakyat, hingga pejabat tinggi, tetaplah mendahulukan prinsip tanggung jawab agar hidupmu penuh keberkahan.

No comments:

Post a Comment

Terimakasih atas kepatuhannya melakukan komentar yang sopan, tidak menyinggung S4R4 dan p0rnografi, serta tidak mengandung link aktif, sp4m, iklan n4rk0ba, senj4t4 ap1, promosi produk, dan hal-hal lainnya yang tidak terkait dengan postingan. Jika ada pelanggaran, maaf jika kami melakukan penghapusan sepihak. Terimakasih dan Salam blogger!