Manfaat Sarang Burung Walet untuk Tubuh, Kulit dan Vitalitas - INIRUMAHPINTAR.com

Manfaat Sarang Burung Walet untuk Tubuh, Kulit dan Vitalitas

INIRUMAHPINTAR.COM - Sarang burung walet masih menyimpan tanda tanya, apa sebenarnya Manfaat Sarang Burung Walet untuk tubuh, kulit, dan vitalitas Pria dan Wanita. Apa khasiatnya bagi kesehatan dan kecantikan? ataukah mengonsumsi sarang burung walet hanya menjadi gaya hidup semata? Nah, pada kesempatan ini, pembahasan tentang sarang burung walet moga-moga bisa menambah wawasan dan pengetahuan kita tentang manfaat mewah dari sarang burung walet. Mari kita bahas satu per satu.

Sarang Walet dalam Peradaban Manusia

Sarang burung walet bukan sembarang sarang burung. Sarang ini adalah satu dari delapan harta gizi dan sangat didambakan dalam budaya Asia. Seringkali disebut sebagai "kaviar dari Timur", sarang burung walet termasuk makanan paling mahal yang dikonsumsi manusia.

Sejak 10 abad yang lalu, orang Cina sudah mengenal kualitas khusus dan manfaat sarang burung walet. Mengonsumsi sarang walet dulunya selalu identik dengan makanan raja-raja pada masa lalu. Sejalan dengan perkembangan zaman, kualitas khusus sarang burung walet sudah merakyat, sehingga saat ini tidak hanya keluarga kerajaan yang bisa menikmati nutrisi dan manfaat sarang burung walet, namun juga seluruh masyarakat luas.

Sarang burung walet sangat istimewa, berbeda dengan burung lainnya pada umumnya. Keistimewaannya adalah air liur burung walet yang merupakan bahan utama sarang burung walet berasal dari kelenjar glandula sublingualis. Kelenjar ini terbukti mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Bahkan telah dibuktikan secara ilmiah, kelenjar ini tidak hanya baik untuk kekebalan tubuh, tetapi  kandungan dalam sarang burung walet juga dapat meningkatkan kesehatan tubuh, terutama bagi generasi muda yang masih dalam masa pertumbuhan.

Ilmu pengetahuan modern telah memecahkan kode komponen pada sarang burung walet. Berkat itu, kini kita memahami sarang burung secara ilmiah.

Apa sih Sarang Burung Walet itu?

Sarang burung walet adalah zat seperti lem yang terbuat dari air liur yang disekresikan dari kelenjar sublingual burung walet pada musim kawin, kemudian dipanen untuk konsumsi manusia. Biasanya dibuat sup sarang burung oleh orang Cina sejak dulu.

Sarang Burung walet sangat berharga dalam budaya Tionghoa karena kelangkaannya. Hal itu dikarenakan sarang burung walet memiliki nilai gizi tinggi dan rasa yang sangat lezat. Sarang burung walet kemudian termasuk di antara produk hewani paling mahal yang dikonsumsi manusia, yakni dengan harga  sekitar US $5.000 atau 50 sampai 60 juta rupiah per kilogram, tergantung pada gradasi atau kualitasnya.

Dalam hal ini, tipe atau grading (tingkatan) sarang burung walet sangat bergantung pada jenis burung dan juga pola makan burung yang menghasilkannya. Termasuk warnanya, ada yang putih hingga sedikit memudar atau berwarna coklat tua.

Lalu, Manfaat Sarang Burung Walet Apa Saja?

Sarang Burung Walet mengandung 18 asam amino berbeda dalam jumlah berlimpah, beberapa di antaranya tidak dapat diproduksi oleh tubuh manusia dan harus diperoleh melalui sumber makanan.

Sarang burung walet yang dibuat sup mengandung sejumlah besar asam aspartat (4,69%) dan prolin (5,27%), yang mendorong regenerasi sel; sistein dan fenilalanin (4,50%) yang dapat meningkatkan memori, meningkatkan konduksi impuls saraf dan penyerapan vitamin D dari sinar matahari; asam syal dan tirosin (8,6%) mempercepat pemulihan; glukosamin membantu memulihkan tulang rawan dan bursae dalam kasus osteoarthritis.

Secara khusus, asam syal dan tirosin dimetabolisme dengan cepat selama pengangkatan zat beracun dan merangsang pertumbuhan sel darah merah.

Selain asam amino, sarang burung walet mengandung protein dalam jumlah besar (45-55% berat). Sarang burung walet mengandung glikoprotein, zat energi tinggi yang bisa diserap tubuh dengan mudah. Bahkan  ada 31 elemen yang ditemukan di sarang burung walet. Misalnya, sarang burung kaya akan kalsium (Ca), zat besi (Fe), kalium (K) dan magnesium (Mg).

Mineral ini sangat penting untuk menjaga fungsi tubuh berjalan dengan normal. Elemen yang berguna untuk fungsi memori dan saraf seperti Mn, Br, Cu, dan Zn juga ditemukan dalam sarang burung walet dengan kadar tinggi. Unsur langka lainnya seperti Cr, yang dapat meningkatkan penyerapan nutrisi melalui membran intestinal, sementar Se, yang merupakan agen anti penuaan ditemukan di sarang burung walet dalam jumlah kecil.

Mengingat kelangkaan dan nilai nutrisinya, tidak mengherankan bahwa sarang burung walet sangat didambakan. Sup Sarang Burung Walet sendiri juga bisa digunakan untuk merangsang nafsu makan, memperbaiki pencernaan dan merangsang buang air besar.

Konsumsi sarang burung walet secara teratur dapat membantu mencegah flu dan memperbaiki fungsi paru-paru dan ginjal. Saat dikonsumsi secukupnya, bentuk protein dan nutrisi unik dari burung walet diyakini dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, meningkatkan ketahanan terhadap faktor lingkungan eksternal sekaligus membantu pemulihan penyakit kronis.

Sarang burung walet juga mengandung galaktosa tanpa lemak. Threonine yang ditemukan di sarang burung mendukung pembentukan kolagen dan elastin, kedua zat ini penting dalam rekonstruksi struktur sel kulit dan bila dikombinasikan dengan glisin dapat mencegah keriput dan anti penuaan, anti jerawat, mengurangi pembentukan bintik pigmentasi, serta menjaga vitalitas pria dan wanita.

Dalam pengobatan tradisional Tiongkok, sarang burung walet diklasifikasikan sebagai tonik. Hal ini dapat membantu meningkatkan kesehatan fisik dan mental lansia. Misalnya, memperbaiki ingatan (fenilalanin), masalah hati (threonine), usus (histidin), mengatur gula darah (leusin), meningkatkan kemampuan menyerap kalsium, anti penuaan tulang belakang (lysine), anti arthritis (metionin). Secara khusus, tirosin dapat membantu mempercepat pemulihan dari terapi radiasi dan kemoterapi pada pasien kanker dan pasien setelah operasi.

Saat ini sarang burung walet sedang diselidiki sebagai pengobatan HIV-AIDS karena telah ditemukan dapat merangsang pertumbuhan sel darah putih.

Selain itu, sarang burung walet mengandung kadar kalsium tinggi (65% nilai harian), zat besi, potassium dan magnesium. Tingkat mineral yang seimbang membantu meningkatkan kekuatan tulang, meningkatkan sirkulasi yang mengurangi risiko penyakit kardiovaskular, meningkatkan metabolisme yang sehat, dan melindungi terhadap infeksi dengan merangsang produksi sel darah putih.

Selain itu, sarang burung mengandung komponen mirip EGF yang merangsang pertumbuhan dan regenerasi jaringan. Ini bisa menjadi salah satu alasan bahwa sarang burung meremajakan properti. Sarang burung walet juga memberikan perlindungan yang signifikan terhadap infeksi virus, terutama influenza.

Konsumsi jangka panjang dari sarang burung walet juga telah terbukti memiliki efek dan manfaat terbaik, serta bebas efek samping.

Manfaat Sarang Burung secara rinci menurut analisis ilmiah:

Sarang Burung Walet mengandung hingga 18 asam amino esensial (***) yang  tidak dapat diproduksi oleh tubuh manusia dan harus diperoleh melalui sumber makanan. Beberapa manfaat kesehatan sarang burung walet adalah sebagai berikut:

*** Lysine terlibat dalam produksi antibodi untuk sistem kekebalan tubuh yang kuat dan sehat. Hal ini dikenal dengan sifat antiviral dan membantu mencegah wabah herpes dan cold sores. Selain itu, lisin berperan dalam pembentukan kolagen dan protein otot, dan dapat membantu mempercepat pemulihan dari operasi dan luka-luka. Hal ini juga diperlukan untuk produksi hormon dan pertumbuhan dan pemeliharaan tulang pada anak-anak dan orang dewasa.

*** Metionin membantu mencegah akumulasi lemak di hati untuk memastikan fungsi hati normal, yang penting untuk menghilangkan racun dari dalam tubuh. Metionin juga mendukung fungsi hati dengan mengatur glutathione, antioksidan yang dibutuhkan untuk membantu menetralkan racun di hati.

Tubuh kita juga membutuhkan metionin untuk menghasilkan sistein dan taurin, yang membantu tubuh menghilangkan racun, membangun jaringan yang kuat, sehat, dan meningkatkan kesehatan kardiovaskular. Metionin diperlukan untuk membuat creatine, yang diperlukan untuk semua fungsi otot, dan dengan demikian mendukung berfungsinya sistem jantung dan peredaran darah secara normal. Metionin sangat penting untuk pembentukan kolagen yang sehat. Suplemen metionin dapat meningkatkan daya ingat penderita AIDS.

*** Fenilalanin dibutuhkan agar sistem saraf pusat berfungsi normal. Fenilalanin sangat efektif untuk mengobati gangguan otak seperti depresi dan nyeri kronis. Suplementasi fenilalanin dapat meningkatkan daya ingat dan konsentrasi. Ini juga bisa membantu Anda merasa lebih bahagia, kurang lapar dan lebih waspada.

*** Threonine mendukung kardiovaskular, hati, saraf pusat, dan fungsi sistem kekebalan tubuh. Threonine juga mendukung sistem kekebalan tubuh dengan membantu produksi antibodi.

Threonine meningkatkan pertumbuhan normal dengan membantu menjaga keseimbangan protein dalam tubuh. Threonine membantu menjaga jaringan ikat dan otot di seluruh tubuh kuat dan elastis, termasuk jantung, di mana ia ditemukan dalam jumlah yang signifikan. Ini juga membantu membangun tulang dan enamel gigi yang kuat.

Alanine membantu mengatur gula darah dengan membantu tubuh mengubah glukosa gula sederhana menjadi energi dan menghilangkan racun berlebih dari hati. Hal ini penting untuk menjaga keseimbangan kadar nitrogen dan glukosa dalam tubuh.

Arginine memainkan peran penting dalam kesehatan jaringan ikat seperti sendi dan otot. Dengan meningkatkan sirkulasi, arginine bisa membantu mengurangi risiko penyakit jantung. Manfaat arginin lainnya termasuk promosi kesuburan pria, peningkatan sistem kekebalan tubuh, regulasi hormon dan gula darah. Selain itu, arginin dapat membantu mengurangi lemak tubuh dan mempercepat penurunan berat badan.

Asam aspartat membuat pikiran Anda tetap tajam dan terkadang digunakan untuk mengatasi kelelahan dan depresi. Ini juga dapat meningkatkan metabolisme yang sehat.

Sistein membantu menjaga penampilan sehat dan awet muda dengan mendorong produksi kolagen dan elastisitas kulit. Efek detoksifikasi sistein juga dapat melindungi tubuh dari stres oksidatif. Selain itu, sistein merangsang produksi sel darah putih dan memberikan beberapa perlindungan terhadap Influenza

Asam glutamat penting dalam metabolisme gula dan lemak. Hal ini digunakan dalam pengobatan gangguan perilaku masa kanak-kanak, epilepsi, keterbelakangan mental, distrofi otot, bisul, dan koma hipoglikemik.

Glycine membantu mengatur kadar gula darah dengan menyediakan tubuh dengan glukosa yang dibutuhkan untuk energi. Suplementasi glisin mungkin berguna untuk mengobati hipoglikemia, anemia, dan energi rendah kronis dan kelelahan. Selain itu, glisin dapat melindungi dari pengembangan tumor kanker dan melanoma.

Zat ini juga membantu melindungi jaringan melawan sinar UV, oksidasi dan radikal bebas. Glisin sangat penting untuk sistem pencernaan yang sehat dan berfungsi normal. Ini membantu mengatur sintesis asam empedu yang digunakan untuk mencerna lemak.

Selain itu, glisin diperlukan untuk fungsi sistem saraf pusat. Ini membantu untuk memperbaiki pengambilan memori. Terakhir, glisin juga nampaknya berperan menjaga kesehatan prostat dan mengurangi gejala hiperplasia prostat pada pria.

Tingkat histamin dalam tubuh harus seimbang untuk memastikan kesehatan mental dan fisik yang baik. Tingkat histidin yang rendah dapat menyebabkan perkembangan rheumatoid arthritis dan jenis tuli tertentu.

Histidin juga penting untuk fungsi seksual normal, karena diubah menjadi histamin, bahan kimia yang dibutuhkan untuk merangsang gairah seksual. Ini kadang-kadang digunakan untuk mengobati beberapa jenis disfungsi seksual. Selain itu, histidin penting dalam pengembangan dan pemeliharaan jaringan sehat.

Zat ini bertindak sebagai detoksifikasi alami, melindungi dari kerusakan radiasi, dan menghilangkan logam berat dari sistem. Histine bahkan dapat membantu mencegah timbulnya AIDS karena sangat penting untuk produksi sel darah merah dan putih.

Isoleusin sangat dikenal karena kemampuannya memperbaiki otot, menjaga tingkat energi tetap stabil dengan membantu mengatur gula darah. Kekurangan isoleusin menghasilkan gejala yang mirip dengan hipoglikemia, dan mungkin termasuk sakit kepala, pusing, kelelahan, depresi, kebingungan, dan mudah tersinggung.

Leucine baik untuk penyembuhan tulang, kulit, dan jaringan otot setelah cedera traumatis, dan sering direkomendasikan bagi mereka yang baru pulih dari operasi. Leusin bekerja dengan isoleusin dan valin untuk meningkatkan produksi hormon pertumbuhan, dan membantu membakar lemak viseral, yang terletak di lapisan terdalam tubuh dan paling tidak responsif terhadap diet dan olahraga.

Serine sangat penting untuk berfungsinya otak dan sistem saraf pusat. Serine juga terlibat dalam metabolisme lemak dan asam lemak, pembentukan otot, dan pemeliharaan sistem kekebalan tubuh yang sehat. Serine membantu menghasilkan imunoglobulin dan antibodi untuk sistem kekebalan tubuh yang kuat.

Valine membantu mencegah kerusakan otot dengan menyediakan otot dengan glukosa ekstra untuk produksi energi selama aktivitas fisik yang hebat. Valine juga membantu menghilangkan kelebihan nitrogen yang berpotensi beracun dari hati, dan mampu mengangkut nitrogen ke jaringan lain di tubuh sesuai kebutuhan. Valine dapat membantu mengobati penyakit hati dan kandung empedu, serta kerusakan organ-organ ini yang disebabkan oleh alkoholisme dan penyalahgunaan obat-obatan.

Manfaat Lain dari Sarang Burung Walet

Berikut adalah beberapa manfaat sarang burung walet:

1. Kalsium Tinggi: Kandungan kalsium tinggi pada sarang burung walet terbukti mampu menjaga kestabilan tubuh kita dan terlindungi dari keropos tulang.

2. Ph Alkaline: Mineral yang terkandung dalam sarang burung walet menyebabkan sarang burung walet memiliki sifat alkali, sehingga membuat kondisi tubuh kita memiliki sifat alkali dan membantu proses detoksifikasi dalam tubuh kita.

3. Asam Sialic: Kehadiran asam sialat pada sarang burung walet terbukti mampu membantu mempercepat regenerasi sel di tubuh kita, sehingga tidak hanya mampu memotivasi pertumbuhan dan perbaikan jaringan tubuh kita namun juga mencegah penuaan dini pada kulit.

Pastinya manfaat sarang burung walet lebih dari itu. Sarang burung walet terbukti bisa membuat sistem reproduksi lebih sehat, mempercantik dan menjaga kesehatan kulit, menguatkan paru-paru, mencegah kita terkena kanker, dan bahkan bisa menjadi pengobatan AIDS.

Kualitas khusus dan manfaat sarang burung walet sangat mengagumkan, bukan? Yang lebih istimewa adalah sarang burung walet banyak ditemukan di Indonesia. Karena itu, saat ini, ada begitu banyak jenis makanan olahan dan minuman dari sarang burung walet, dan salah satunya adalah "Realfit". Realfit adalah minuman yang terbuat dari sarang burung walet dengan kalori rendah, karena gula yang digunakan adalah gula stevia. Meski memiliki kalori rendah, stevia memiliki rasa manis 300 kali lebih banyak dari rasa gula.

Cara Mengonsumsi Sarang Burung Walet Secara Alami

Metode terbaik untuk memasak sarang burung adalah dengan menempatkannya di mangkuk keramik lalu letakkan mangkuk di panci yang lebih besar. Setelah itu, isi panci dengan air ke atas mangkuk. Satu sarang per minggu sudah cukup. Anda bisa membaginya menjadi 3 bagian dan makan 1 porsi setiap hari.
Demikian penjelasan lengkap tentang Manfaat Sarang Burung Walet untuk Tubuh, Kulit dan Vitalitas. Semoga menginspirasi dan menambah wawasan kita.

No comments:

Post a Comment

Terimakasih atas kepatuhannya melakukan komentar yang sopan, tidak menyinggung S4R4 dan p0rnografi, serta tidak mengandung link aktif, sp4m, iklan n4rk0ba, senj4t4 ap1, promosi produk, dan hal-hal lainnya yang tidak terkait dengan postingan. Jika ada pelanggaran, maaf jika kami melakukan penghapusan sepihak. Terimakasih dan Salam blogger!