5 Manfaat Mentaati Norma Bagi Diri Sendiri - INIRUMAHPINTAR.com

5 Manfaat Mentaati Norma Bagi Diri Sendiri

INIRUMAHPINTAR.COM - Jelaskan dan sebutkan 5 Manfaat Mentaati Norma Bagi Diri Sendiri? Kita awali dengan memahami dulu apa itu norma. Secara garis besar, norma adalah tatanan, aturan, atau pedoman hidup yang disepakati dalam suatu lingkungan atau ruang lingkup tertentu dan mesti dipatuhi oleh para penganut, pemukim, atau masyarakat yang terikat dengan norma tersebut.


Jadi, secara singkat norma itu adalah aturan atau kaidah. Bentuknya macam-macam. Ada norma agama, norma kesusilaan, norma budaya, norma kesopanan, dsb. Sesuai dengan jenisnya, norma tentu saja punya tempat dan ruang lingkup berlakunya.

Tujuan utama norma adalah menghadirkan keteraturan dalam masyarakat. Lalu, apa saja manfaat norma terhadap diri sendiri? Sedikitnya ada 5 manfaat yang bisa diperoleh ketika kita menaati norma!

Manfaat 1. Hidup Menjadi Teratur

Norma dibuat untuk menghadirkan manfaat keteraturan di tengah-tengah masyarakat. Sehingga, bagi pribadi-pribadi yang mematuhinya tentu saja akan memperoleh hidup yang teratur. Dengan kata lain, norma menjadi pedoman, petunjuk, dan sumber referensi untuk membedakan mana hal baik dan mana hal buruk. Patuh untuk melakukan hal-hal yang baik saja membuat hidup teratur, tenteram, dan damai. Namun, sebaliknya, berani melanggar tatanan norma, hidup tak bermanfaat alias menjadi pincang. Itulah sebabnya, hidup dengan menaati norma menjadikan kehidupan kita lebih bahagia dan teratur.

Manfaat 2. Hidup Lebih Disiplin

Menaati norma pun menjadikan diri sendiri lebih disiplin. Sebut saja norma agama bagi umat muslim. Ketika ia menaati salah satu norma yakni sholat 5 kali sehari tepat waktu, maka manfaatnya ia akan merasakan tatanan kehidupan yang rapi. Tatanan ini pun membuatnya disiplin bangun subuh, sehingga ia pun disiplin masuk sekolah. Pun, ia memilih disiplin untuk tidur tidak larut malam, agar bisa menjaga kesehatan dan bisa bangun tepat waktu di subuh hari. Itu baru satu norma, belum lagi norma-norma lain.

Manfaat 3. Tidak Ada Beban

Ketika hidup sesuai pedoman, maka tidak ada beban pikiran. Itulah pentingnya menaati norma. Banyak manfaat yang bisa dirasakan. Berbeda ketika melanggar norma. Rasa takut selalu menghantui, rasa bersalah membayangi, dan rasa khawatir semakin menumpuk. Singkatnya, masalah-masalah kejiwaan sangat mudah datang. Oleh karena itu, jika mau hidup legowo, lega, tanpa beban, cukup taati aturan dan norma-norma berlaku. Hidup gak bakal susah!

Manfaat 4. Disukai Orang

Jika kita mampu hidup sesuai aturan dan norma, manfaat tidak langsungnya adalah orang-orang akan senang bergaul dengan kita. Orang-orang pun suka berinteraksi dengan kita, meski itu hal-hal kecil. Dengan begitu, kita pun akan dihargai dan punya nama di mata masyarakat. Sebaliknya, jika suka melanggar aturan dan norma, orang akan mudah menyepelakan atau bahkan merendahkan. Gak enak kan jika demikian. Jadi, ya...hidup yang aman-aman saja, taati norma, dan tidak usah campuri kehidupan orang lain.

Manfaat 5. Dapat Menjadi Panutan

Ketika di masyarakat, kamu dikenal sebagai warga yang taat norma, maka masyarakat akan menghargai. Orang-orang menjadi segan. Lama-lama akan bermanfaat besar sehingga menjadikanmu sebagai panutan. Bahkan, tidak menutup kemungkinan akan terpilih jadi orang yang dituakan. Kalo ikut pilkada, peluang sangat besar untuk mendapat banyak dukungan. hehehe...

---

Nah, seperti itulah 5 Manfaat Mentaati Norma Bagi Diri Sendiri. Bagaimana menurutmu?

No comments:

Post a Comment

Terimakasih atas kepatuhannya melakukan komentar yang sopan, tidak menyinggung S4R4 dan p0rnografi, serta tidak mengandung link aktif, sp4m, iklan n4rk0ba, senj4t4 ap1, promosi produk, dan hal-hal lainnya yang tidak terkait dengan postingan. Jika ada pelanggaran, maaf jika kami melakukan penghapusan sepihak. Terimakasih dan Salam blogger!