10 Hakikat dan Manfaat Senam Irama (Ritmik) - INIRUMAHPINTAR.com

10 Hakikat dan Manfaat Senam Irama (Ritmik)

INIRUMAHPINTAR.COM - Inilah Hakikat dan Manfaat Senam Irama (Ritmik) yang perlu kita ketahui. Sesuai dengan namanya, senam irama menyesuaikan gerakannya dengan suatu irama dan biasanya irama musik. Namun, senam ini bisa juga dilakukan tanpa iringan musik, yakni dengan irama hitungan yang teratur. Senam irama ini pada umumnya dilakukan secara massal atau beregu, tetapi melakukannya sendiri juga tidak apa-apa.

Hakikat Senam Irama (Ritmik)

Senam ritmik adalah kombinasi balet, senam yang menantang, dan tarian modern. Menggunakan bahan yang berbeda seperti bola, tali, lingkaran atau pita, Anda menari dan hasilnya sangat luar biasa untuk ditonton. Menjadi peserta dalam senam ritmik bermanfaat secara fisik, emosional dan mental dan merupakan outlet artistik yang hebat juga.
Senam irama dapat dilakukan tanpa alat maupun dengan alat seperti gada/tongkat, simpai, tongkat, bola, dsb.

Senam ritmik sportif adalah senam yang dikembangkan dari senam irama, sehingga dapat dipertandingkan. Komposisi gerak yang diantarkan melalui tuntunan irama musik dalam menghasilkan gerak-gerak tubuh dan alat yang artistik, menjadi ciri dari senam ritmik sportif ini. Alat-alat yang digunakan, antara lain bola (ball), tali (rope), gada (clubs), pita (ribbon), dan simpai (hoop).

Manfaat Senam Irama (Ritmik)

Manfaat yang diperoleh jika rutin melakukan senam irama adalah sebagai berikut:

1. Manfaat Fisik


Senam adalah kegiatan utama yang paling bermanfaat dalam mengembangkan komponen fisik dan kemampuan gerak (motor ability). Melalui berbagai kegiatannya, siswa yang terlibat senam akan berkembang daya tahan otot, tenaga, kekuatan, kelenturan, kelicahan, koordinasi, dan keseimbangannya.

Singkatnya, kemampuan-kemampuan yang dikembangkan ketika mengikuti kegiatan senam bersifat sangat fundamental terhadap gerak secara umum. Dalam kaitan inilah kegiatan senam dapat membantu siswa untuk mempersiapkan diri mengembangkan pertumbuhan dan perkembangan tubuhnya.

2. Manfaat Mental dan Sosial

Ketika mengikuti program senam, siswa dituntut untuk berpikir sendiri tentang pengembangan keterampilannya. Untuk itu, siswa harus mampu menggunakan kemampuan berpikirnya secara kreatif melalui pemecahan masalah-masalah gerak. Dengan demikian, siswa akan berkembang kemampuan mentalnya.

Terakhir, diyakini terdapat sumbangan yang sangat besar dari program senam dalam meningkatkan self-concept (konsep diri). Ini bisa terjadi karena kegiatan senam menyediakan begitu banyak pengalaman di mana siswa mampu mengontrol tubuhnya dengan keyakinan dan tingkat keberhasilan yang tinggi. Hasilnya, hal ini memungkinkan membantu siswa membentuk konsep yang positif.

Manfaat Senam Irama (Ritmik) Buat Anak-Anak

Senam ritmik adalah olahraga yang membutuhkan partisipasi tubuh penuh, sehingga dapat membangun otot dan tulang yang kuat. Sering dikatakan bahwa anak-anak yang aktif dan sehat tumbuh menjadi orang dewasa yang aktif; berinvestasi dalam kesehatan masa depan anak Anda dan kesejahteraan melalui senam ritmik untuk anak-anak adalah cara yang bagus untuk mendukung dan mendorong anak Anda.

Senam ritmik untuk anak-anak juga akan bermanfaat bagi anak Anda secara sosial. Anak-anak yang belajar dalam pengaturan kelompok harus menghormati satu sama lain serta berpartisipasi dalam dinamika kelompok yang lebih besar. Mereka harus mendengarkan dengan seksama, mendorong satu sama lain, menghormati teman-teman lain dan mengembangkan kekuatan mental jika mereka tertarik dalam persaingan. Melakukan atau bersaing sebagai pesenam ritmik akan membantu anak Anda membangun kepercayaan diri dan mengembangkan keterampilan kepemimpinan yang akan menjadi penting sepanjang hidup mereka.

Banyak Manfaat Senam Ritmik untuk anak-anak, diantaranya adalah sebagai berikut:
  1. Meningkatkan fleksibilitas
  2. Mengajarkan ketekunan
  3. Meningkatkan ketangkasan
  4. Meningkatkan disiplin
  5. Meningkat semangat berkreasi
  6. Mengembangkan kontrol diri
  7. Meningkatkan kepercayaan diri
  8. Meningkatkan keseimbangan
  9. Mengajarkan disiplin diri
  10. Menjaga kebugaran
  11. Membudayakan gaya hidup sehat
  12. Mengajarkan keterampilan dan kerjasama tim
Nah, demikianlah penjelasan lengkap tentang 10 Hakikat dan Manfaat Senam Irama (Ritmik). Semoga bermanfaat!

No comments:

Post a Comment

Terimakasih atas kepatuhannya melakukan komentar yang sopan, tidak menyinggung S4R4 dan p0rnografi, serta tidak mengandung link aktif, sp4m, iklan n4rk0ba, senj4t4 ap1, promosi produk, dan hal-hal lainnya yang tidak terkait dengan postingan. Jika ada pelanggaran, maaf jika kami melakukan penghapusan sepihak. Terimakasih dan Salam blogger!