5 Contoh Pengamalan dari Iman kepada Malaikat Allah - INIRUMAHPINTAR.com

5 Contoh Pengamalan dari Iman kepada Malaikat Allah

INIRUMAHPINTAR.COM - Jika kalian diminta untuk menyebutkan minimal 5 contoh aktivitas sehari-sehari yang tergolong pengamalan dari iman kepada Malaikat Allah, apa jawaban kalian? Jika belum tahu dan belum punya pengalaman menjawab pertanyaan ini, kali ini inirumahpintar.com mengajak kalian untuk menyimak tulisan ini dengan baik dan seksama. Yuk, mari kita cari tahu jawabannya.

Pertama, perlu kita ketahui dulu bahwa iman kepada Malaikat-Malaikat Allah adalah bagian dari rukun iman, tepatnya rukun imam yang ke-2. Iman kepada Malaikat-Malaikat Allah artinya meyakini adanya Malaikat-Malaikat yang selalu beribadah dan melaksanakan tugas-tugasnya sesuai perintah Allah SWT. Adanya keyakinan yang terpatri dalam diri manusia melalui rukun iman ke-2 ini lalu tercermin dalam bentuk pengamalan hidup sehari-hari.

Inilah 5 Contoh Pengamalan dari Iman kepada Malaikat Allah?


1. Rajin Shalat 5 Waktu

Bagi umat Islam, shalat 5 kali sehari semalam adalah kewajiban bagi yang telah baligh, baik laki-laki maupun perempuan. Oleh karena itu, hanya kematian atau hilangnya akal sehat yang memutus kewajiban itu. Bahkan orang sakit sekalipun wajib mendirikan shalat 5 waktu sesuai syarat-syarat yang ditetapkan dalam syariat agama.

Allah SWT Maha Melihat, jadi walau tanpa malaikat sekalipun ia bisa mengetahui hambaNya yang melaksanakan atau meninggalkan shalat 5 waktu. Namun, ada malaikat yang ditugaskan untuk mencatat amal kebaikan, ibadah, dan perbuatan baik umat manusia. Dan ketika seseorang meyakini adanya malaikat tersebut, lalu ia termotivasi untuk tidak pernah sekalipun meninggalkan shalat 5 waktu. Bahkan berusaha menegakkan shalat penuh khusyuk agar Allah semakin ridho dan cinta kepada-Nya. Maka itu termasuk bagian dari pengamalan dari Iman kepada Malaikat Allah.

2. Berbuat Baik kepada Sesama

Meyakini adanya malaikat yang terus mencatat interaksi atau hubungan kita dengan manusia lain selama hidup di dunia, yang kemudian tercermin dalam perbuatan yang baik, misalnya membantu orang lain yang membutuhkan, bersedekah, dsb dan menjaga hubungan tersebut dengan upaya-upaya terbaik merupakan bagian dari pengamalan iman kepada Malaikat Allah.

3. Berbakti dan Patuh kepada Orang Tua

Tanpa orang tua kita tidak mungkin bisa hadir di dunia ini. Mereka diberikan amanah oleh Allah untuk melahirkan kita di dunia. Oleh karena itu, merupakan sebuah kewajiban bagi kita untuk berbakti dan patuh kepada orang tua. Bentuk bakti dan penghormatan kepada orang tua ini tentu saja kita wujudkan dalam banyak hal, misalnya tidak membantah kata-kata mereka, membantunya melakukan sesuatu, hingga merawatnya ketika sudah tua. Ketika itu kita lakukan dengan niat mengharap ridho Allah, malaikat pencatata kebaikan pun merekam jejak perlakuan kita terhadap orang tua. Dan adanya iman kepada Malaikat membuat kita untuk selalu berbakti dan patuh kepada orang tua kita.

4. Menghindari Perbuatan Dosa

Selain melakukan kebaikan, manusia yang meyakini adanya Allah dan Malaikat Allah yang setiap saat mengawasi setiap jengkal sepak terjang manusia di dunia ini, juga selalu menghindari perbuatan dosa. Bentuk pengamalan ini akan tercermin dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya, perbuatan zina, berjudi, minum minuman keras, mencuri, menyakiti orang lain, dsb akan dihindari dan dijauhi oleh orang-orang yang telah meyakini keberadaan Allah dan Malaikat.

5. Memanfaatkan Waktu dengan Sebaik-baiknya 

Orang-orang yang beriman, termasuk yang mengimani rukun iman yang kedua, yakni iman kepada Malaikat, akan terus memanfaatkan waktunya dengan melakukan aktivitas-aktivitas yang bermanfaat dan berfaedah. Mereka berbuat kebajikan dan memperbanyak ibadah, seperti berzikir, mengaji, bekerja dan belajar demi keluarga dan demi makin kuatnya ibadah. 

Nah, seperti itulah 5 Contoh Pengamalan dari Iman kepada Malaikat Allah. Contoh lainnya bisa dilihat di bawah ini:
  1. Rajin membaca surat Al-Qur'an setiap malam
  2. Rajin berzikir setelah selesai shalat fardhu
  3. Rajin bersedekah
  4. Tidak berbohong
  5. Menghindari penyakit hati yang lain seperti riya, sombong, tamak, dsb
  6. Suka membantu orang lain yang membutuhkan
  7. Berhati-hati dalam berucap agar tidak menyakiti hati orang lain
  8. Bekerja keras demi keluarga
  9. Belajar giat demi menunjang masa depan dan ibadah kepada Allah
  10. Ramah dan murah senyum kepada siapa saja tanpa melihat status sosial

Nah, sebenarnya masih banyak bentuk pengamalan-pengamalan dari Iman kepada Malaikat Allah yang bisa kita praktikkan sehari-hari. Intinya adalah, mulai saat ini, terus perbaiki diri agar menjadi pribadi yang lebih baik. Semoga kita semua dirahmati Allah SWT. 

No comments:

Post a Comment

Terimakasih atas kepatuhannya melakukan komentar yang sopan, tidak menyinggung S4R4 dan p0rnografi, serta tidak mengandung link aktif, sp4m, iklan n4rk0ba, senj4t4 ap1, promosi produk, dan hal-hal lainnya yang tidak terkait dengan postingan. Jika ada pelanggaran, maaf jika kami melakukan penghapusan sepihak. Terimakasih dan Salam blogger!