Kelebihan dan Kelemahan Google Drive yang Perlu Diketahui - INIRUMAHPINTAR.com

Kelebihan dan Kelemahan Google Drive yang Perlu Diketahui

INIRUMAHPINTAR.COM - Google drive tidak hanya memungkinkan Anda menyimpan data Anda dengan aman namun aktivitas bersifat millenial sehari-hari seperti berbagi file, mengedit, dll juga mudah dilakukan. Layanan ini benar-benar membebaskan pengguna dari ketergantungan berbagai perangkat lunak. Pasalnya, user bisa membuka format file yang berbeda tanpa harus menginstalnya terlebih dahulu di laptop atau PC. Dalam hal ini, Google Drive mendukung sekitar 20 format file yang berbeda, sehingga berbagai format file bisa dibuka langsung ke browser.

Perlu diketahui bahwa, layanan drive hadir dalam dua versi, yaitu:
  1. Gratis: yang memberikan penyimpanan data hingga 5GB
  2. Premium: yang memberikan penyimpanan data sebesar 25GB sampai 16TB secara bulanan.
Berikut ini adalah kelebihan Google drive:

Kelebihan 1. Pengeditan Langsung Secara Online

Pengguna dapat membuat dokumen, spreadsheet, presentasi dll sekaligus bisa mengedit dalam waktu bersamaan melalui internet. Hal ini memberikan pengalaman kerja real-time dalam pengolahan dokumen, seolah-olah mengedit dokumen di program PC. Dan tentu saja, hal ini dapat menghemat waktu, apalagi jika proses pengerjaannya mendadak dan dilakukan dalam perjalanan.

http://www.manfaatmewah.xyz/2018/02/kelebihan-dan-kelemahan-google-drive.html
Kelebihan 2. Mudah Diakses Kapan Saja

File dan dokumen yang tersimpan di pusat data Google dapat diakses oleh pengguna sambil duduk atau tidur-tiduran di belahan dunia manapun.Caranya, silahkan masuk ke akun drive Google Anda dan nikmati seluruh fitur-fiturnya. Entah mau melakukan pengeditan, penyimpanan file, atau pengiriman data ke kontak Anda.

Kelebihan 3. Kemandirian perangkat

Tidak ada platform spesifik yang ditentukan untuk menggunakan file yang diunggah di drive Google. Perangkat apapun, yang terhubung ke jaringan, bisa digunakan untuk mengakses file yang tersimpan di drive.

Kelebihan 3. Integrasi

Dokumen yang tersimpan di Google drive dapat dibuka dengan mudah di aplikasi Google lainnya. Hal ini memberikan integrasi yang lebih baik jika dibandingkan dengan aplikasi serupa lainnya, sehingga memberikan pengalaman tanpa kerumitan kepada pengguna.

Kelebihan 4. Kemudahan Pencarian

Dokumen dapat dengan mudah dicari, menggunakan layanan Google Drive. Teks juga bisa dicari, termasuk gambar yang bisa dicari menggunakan teknologi OCR (Optical Character Recognition). Tentu saja ini adalah fitur cerdas untuk mencari teks bahkan di file gambar sekalipun.

Kelebihan 5. Pembagian Ukuran File Tanpa Batas

Berbagi telah dibuat mudah di antara sekelompok orang tertentu karena izin pengeditan khusus dapat diberikan kepada mereka. Selain itu, batas penyimpanan juga telah meningkat dari beberapa MB ke beberapa GBs. Pengguna dapat berbagi ukuran file apapun tanpa batas ukuran file tertentu.

Kelebihan 6. Backup Data Online

Google Drive juga memberikan solusi mudah untuk backup data secara online ke pengguna. Dalam situasi darurat seperti kerusakan hard drive atau korupsi data, Google drive memberikan bantuan besar kepada pengguna karena ketersediaan backup data sepanjang waktu bagi pengguna.
***

Namun demikian, dengan sejumlah keuntungan, kelebihan, dan mewahnya fitur-fitur dari Google Drive, masalah keamanan dan privasi tertentu telah disorot. Dalam hal ini, Google Drive dianggap memiliki kelemahan sebagai berikut:

Kelemahan 1. Keamanan Privasi dan Data

Google memegang otoritas untuk mengindeks data Anda ketika file disimpan di Google drive. Jadi, jika beberapa kata kunci cocok dengan judul foto Anda, beberapa teks dalam dokumen Anda, maka secara otomatis dapat tampil di hasil pencarian orang lain.

Kelemahan 2. Ketergantungan pada Jaringan Internet

Google Drive termasuk layanan berbasis internet yang berarti adanya ketergantungan penuh pada internet untuk mengakses data. Dengan kata lain, data disimpan dari jarak jauh sehingga diperlukan  koneksi internet untuk mengakses data. Jika suatu saat Anda berada di mana Internet tidak berfungsi, akses ke data Anda menjadi tidak mungkin.
***
Nah, seperti itulah Kelebihan dan Kelemahan Google Drive yang Perlu Diketahui. Semoga bermanfaat!

No comments:

Post a Comment

Terimakasih atas kepatuhannya melakukan komentar yang sopan, tidak menyinggung S4R4 dan p0rnografi, serta tidak mengandung link aktif, sp4m, iklan n4rk0ba, senj4t4 ap1, promosi produk, dan hal-hal lainnya yang tidak terkait dengan postingan. Jika ada pelanggaran, maaf jika kami melakukan penghapusan sepihak. Terimakasih dan Salam blogger!