Masalah dan Dampak Pemanfaatan Sumber Daya Alam - INIRUMAHPINTAR.com

Masalah dan Dampak Pemanfaatan Sumber Daya Alam

INIRUMAHPINTAR - Inilah Masalah dan Dampak Pemanfaatan Sumber Daya Alam (SDA) yang perlu diketahui. Jika SDA terus menerus dikuras tanpa memperhatikan keseimbangan lingkungan berbagai masalah dan dampak negatif terjadi di masyarakat. Penjelasan berikut ini akan memberikan pencerahan sekaligus menjawab pertanyaan, apa masalah pemanfaatan sumber daya alam dan apa dampak pemanfaatan sumber daya alam. Mari kita lihat pembahasan lengkapnya di bawah ini:

Dampak Pemanfaatan Sumber Daya Alam

Pembangunan  yang tidak terencana dan tidak memperhatikan lingkungan hidup dapat menimbulkan dampak kerusakan pada kemampuan dan fungsi sumber alam dan lingkungan hidup. Dampak tersebut dapat berupa:
  1. Rusaknya  berbagai sistem pendukung perikehidupan yang penting bagi manusia, baik sistem biofisik maupun sosial;
  2. Munculnya bahaya-bahaya baru akibat ciptaan manusia, seperti bahan berbahaya dan beracun;
  3. Pengalihan beban dan resiko kepada generasi berikutnya atau kepada daerah lain.
Dampak-dampak itu terutama merupakan hasil interaksi ( hubungan timbal balik ) dari tiga faktor utama:
  1. Pertumbuhan penduduk,
  2. Pertumbuhan produksi untuk memenuhi kebutuhan penduduk, dan
  3. Lembaga-lembaga masyarakat, termasuk teknologi yang dikembangkan untuk meningkatkan produksi.

Masalah Pemanfaatan Sumber Daya Alam

Hubungan timbal balik antara pertumbuhan penduduk dan lingkungan hidup yang menimbulkan masalah kelestarian sumber daya alam dan lingkungan hidup meliputi:
  1. Meningkatnya pemakaian sumber daya alam untuk menghasilkan bahan pangan, obat-obatan, dan bahan baku industri;
  2. Meningkatnya pemakaian ruangan untuk mempermukiman dan prasarana kehidupan;
  3. Meningkatkannya beban pencemaran pada lingkungan hidup.
sumber ilustrasi : Flickr
Meningkatkan pemakaian tersebut berkaitan erat dengan pertumbuhan penduduk yang tinggi dan tidak sesuai daya dukungan alam dan persebaran penduduk yang kurang merata serta tuntutan akan tingkat kesejahteraan yang lebih tinggi.

Salah satu gejala dari tidak keseimbangan antara pertumbuhan penduduk dengan kemampuan dan fungsi ekosistem adalah meluasnya tanah kritis (tanah yang sangat tandus yang tidak dapat digunakan untuk pertanian) dan menurunnya produktifitasi tanah. 

Menurunnya produktifitas tanah terutama disebabkan oleh erosi dan kerusakan hutan alam tropika. Kerusakan hutan alam tropika terutama disebabkan oleh pertumbuhan jumlah petani peladang berpindah dan menciutnya areal yang dapat dijadikan ladang berpindah. Di samping itu, daerah yang kepadatan penduduknya tinggi mengalami kerusakan lingkungan hidup yang memprihatinkan, seperti pencemaran air, penurunan produktifitas tanah pertanian, dan masalah-masalah sosial.

Referensi: Kuswanto, dkk. 1997. IPS Geografi untuk Kelas 2 SLTP. Jakarta:Tiga Serangkai. 

Demikian pembahasan materi Masalah dan Dampak Pemanfaatan Sumber Daya Alam. Semoga bermanfaat!

1 Response to "Masalah dan Dampak Pemanfaatan Sumber Daya Alam"

Terimakasih atas kepatuhannya melakukan komentar yang sopan, tidak menyinggung S4R4 dan p0rnografi, serta tidak mengandung link aktif, sp4m, iklan n4rk0ba, senj4t4 ap1, promosi produk, dan hal-hal lainnya yang tidak terkait dengan postingan. Jika ada pelanggaran, maaf jika kami melakukan penghapusan sepihak. Terimakasih dan Salam blogger!