Strategi Menjadi Guru Profesional

INIRUMAHPINTAR - Bagaimana Strategi Menjadi Guru Profesional? Untuk menjawab pertanyaan tersebut mari mengupas sedikit gambaran tentang guru profesional. Guru profesional adalah guru idaman para peserta didik. Kehadirannya selalu dinantikan dan satu hari saja tidak berjumpa ibarat satu tahun lamanya. Guru profesional lebih banyak diam tetapi karyanya melimpah. Prestasinya bukan hanya di atas kertas tetapi terbukti dalam kenyataan. Refleksi siswa menunjukkan guru tersebut disukai, dinanti, dan diminati. Kepala sekolah dan pengawas pun mengangguk terpana melihat kinerjanya.

Idealnya, semua guru memantaskan diri menjadi guru profesional. Berikut ini adalah strategi-strateginya! Semoga dapat diimplementasikan dalam kehidupan.

sumber ilustrasi : www.flickr.com

[1] Memperbaiki dan Meluruskan Niat

Strategi Menjadi Guru Profesional 1 yaitu memperbaiki dan meluruskan niat - Niat adalah sebuah langkah awal yang menentukan hasil sebuah pekerjaan. Niat yang baik dan ikhlas akan menjanjikan proses dan hasil yang baik pula. Oleh karena itu, seorang guru yang ingin menjadi profesional, strategi pertama dan utama yang harus dicamkan dalam hati yaitu memperbaiki dan meluruskan niat. Bahkan dalam hadist disebutkan bahwa, “Innamal a’maalu bin niyyah” (Sesungguhnya amal itu tergantung dengan niat). Artinya, apapun aktivitas dan pekerjaannya sebaiknya diawali dengan niat yang lurus dan ikhlas. Jika setiap guru berniat secara tulus untuk mengabdikan diri sebaik-baiknya sebagai guru profesional maka seiring dengan berjalannya waktu niat itu akan membuahkan hasil cepat atau lambat.

[2] Menumbuhkan Kedisplinan Diri

Strategi Menjadi Guru Profesional 2 yaitu menumbuhkan kedispilinan diri - Disiplin menjadikan setiap aktivitas menjadi teratur dan terencana dengan baik. Melalui sikap disiplin ini, maka guru yang menerapkannya dipastikan dapat menjalankan setiap aktivitas kependidikannya dengan tepat waktu dan lancar. Selain itu, melalui kedisplinan diri yang tercermin dalam keseharian khususnya di lingkungan sekolah, maka secara tidak langsung dapat menjadi contoh teladan yang baik bagi guru-guru lain dan para peserta didik.

[3] Terus Mempelajari Bidang yang Digeluti

Strategi Menjadi Guru Profesional 3 yaitu terus mempelajari bidang yang digeluti - Guru profesional bukan hanya dilihat dari strata pendidikan dan kualitas IPK saat sebelum menjadi guru, tetapi tampak pada saat telah menjadi guru. Ketika guru tersebut tidak pernah berhenti belajar dan mendalami disiplin ilmu yang dikuasainya, maka guru tersebut memang pantas menjadi guru profesional. Dengan kata lain, guru yang ahli dan terus menambahkan keahlian dan keterampilannya di bidangnya masing-masing akan terus menjadi guru profesional sepanjang masa.

[4] Terus Mengembangkan berbagai Model Pembelajaran

Strategi Menjadi Guru Profesional 4 yaitu terus mengembangkan berbagai model pembelajaran - Adanya perkembangan peserta didik yang berubah-ubah sepanjang waktu menuntut kinerja guru dalam menentukan model pembelajaran yang sesuai untuk kelas yang diajarnya. Guru profesional harus memiliki antusiasme tinggi untuk terus mengembangkan model pembelajaran dengan menggabungkan berbagai metode, pendekatan, dan strategi pembelajaran. Dalam hal ini, guru tentu harus memahami keadaan peserta didik, masalah-masalah yang dihadapi dalam kelas, dan suasana pembelajaran yang mereka sukai.

[5] Membentuk Pribadi Inspiratif dan Edukatif 

Strategi Menjadi Guru Profesional 4 yaitu membentuk pribadi inspiratif dan edukatif - Guru profesional harus memiliki jiwa inspiratif yaitu memiliki daya pikat agar peserta didik mau memacu diri lebih baik seperti yang disampaikan dan dicontohkan oleh gurunya. Selain itu, guru profesional harus edukatif, artinya terus membekali diri dengan pengalaman baik dan ilmu agama agar cerminan dirinya dapat menjadi contoh teladan bagi peserta didik.

Semoga pembahasan tentang Strategi Menjadi Guru Profesional bermanfaat untuk Anda.

0 Response to "Strategi Menjadi Guru Profesional "

Post a Comment

Terimakasih atas kepatuhannya melakukan komentar yang sopan, tidak menyinggung S4R4 dan p0rnografi, serta tidak mengandung link aktif, sp4m, iklan n4rk0ba, senj4t4 ap1, promosi produk, dan hal-hal lainnya yang tidak terkait dengan postingan. Jika ada pelanggaran, maaf jika kami melakukan penghapusan sepihak. Terimakasih dan Salam blogger!