Macam/Jenis dan Contoh Sumber Daya Alam di Indonesia

INIRUMAHPINTAR - Pembahasan kali ini tentang Macam/Jenis dan Contoh Sumber Daya Alam di Indonesia. Penjelasan materi ini untuk menjawab pertanyaan, sebutkan macam-macam atau jenis-jenis sumber daya alam di Indonesia, dan sebutkan contoh sumber daya alam di Indonesia.

Sumber Daya Alam di Indonesia

Indonesia kaya akan sumber daya alam. Sumber daya alam dapat dibedakan menjadi dua, yaitu sumber daya alam yang dapat diperbarui dan yang tidak dapat diperbarui.

A. Sumber Daya Alam yang Dapat Diperbarui

Sumber daya alam yang dapat diperbarui ada dua, yaitu sumber daya alam fisik (non hayati) dan sumber daya alam nonfisik (hayati).
  1. Sumber daya alam fisik (Nonhayati)
    Sumber daya alam fisik adalah sumber daya alam yang berupa benda mati. Yang termasuk sumber daya alam fisik adalah sumber daya tanah, sumber daya udara, sumber daya matahari, sumber daya air, dan sumber daya iklim.

    a. Sumber daya tanah
    Tanah merupakan faktor penting bagi kehidupan yang menyimpan air dan zat-zat makanan yang perlu bagi tumbuhan. Tanah juga merupakan lahan yang penting bagi usaha pertanian, peternakan, perkebunan, dan sebagai tempat permukiman. Di samping itu, tanah juga merupakan habitat penting bagi banyak organisme. Oleh karena itu, tanah perlu diawetkan agar kesuburannya tetap terpelihara. Adapun cara pengawetannya adalah:
    (1). Reboisasi,
    (2). Penyengkedaan tanah (terasering)
    (3). Pencegahan peternakan liar, dan
    (4). Irigasi dan pemupukan.

    b. Sumber daya udara

    Tanpa udara, semua organism akan mati. Udara yang bergerak (angin) sangat penting berbagai keperluan, misalnya kincir angin untuk pembangkit tenaga yang berfungsi menaikkan air tanah. Udara juga merupakan media untuk penerbangan.

    c. Sumber daya matahari

    Matahari merupakan sumber energi terpenting bagi kehidupan. Tanpa matahari tidak akan ada makhluk hidup di dunia. Matahari sangat berpengaruh terhadap iklim, manusia, tumbuhan, dan hewan. Sinar matahari juga dapat diubah menjadi tenaga listrik dengan menggunakan sel matahari atau pembangkit listrik tenaga surya (PLTS). Energi matahari (surya) dimanfaatkan pula untuk alat pemanas air. Alat semacam itu digunakan untuk keperluan rumah tangga di kota-kota besar daerah pegunungan. Pemerintah juga membangun proyek pengadaan air bersih dengan menggunakan tenaga sinar matahari. Proyek tersebut terletak di Tangerang.

    d. Sumber daya air
    Air merupakan komponen penting bagi kehidupan, baik hewan, tumbuhan, maupun manusia. Disamping itu, air dapat memanfaatkan untuk berbagai keperluan, seperti pengairan lahan pertanian, perikanan, air minum, lalu lintas air, dan pembangkit tenaga listrik. Pembangkit listrik tenaga air (PLTA) yang telah dibangun di Indonesia, yaitu:
    PLTA Tes di Bengkulu;
    PLTA Asahan di Sumatra Utara;
    PLTA Maninjau di Sumatra Barat;
    PLTA Jatiluhur di Jawa Barat;
    PLTA Saguling di Jawa Barat;
    PLTA Garung di Jawa tengah;
    PLTA Sempor di Jawa Tengah;
    PLTA Gaja Mungkur Wonongiri di Jawa Tengah:
    PLTA Wilingi di Jawa Timur;
    PLTA Sengguruh di jawa Timur;
    PLTA Lodaya di Jawa Timur;
    PLTA Ayung di Bali;
    PLTA Sadang di Sulawesi Selatan;
    PLTA Tonsea Lama di Sulawesi Utara;
    PLTA Riam Kanan di Kalimantan Selatan.

    e. Sumber Daya Iklim
    Iklim yang baik dapat dimanfaatkan untuk menunjang usaha meningkatkan produksi pertanian, perkebunan, dan para wisata, misalnya :
    • Curah hujan yang tinggi dimanfaatkan untuk pengairan ( irigasi );
    • Iklim pegunungan yang sejuk dimanfaatkan untuk meningkatkan usaha perkebunan teh, kina, dan tanaman pegunungan yang lain;
    • Iklim di daerah pantai dimanfaatkan untuk meningkatkan usaha perkebunan kelapa.
     
  2. Sumber Daya Alam Nonfisik (Hayati)
    Sumber daya alam nonfisik meliputi sumber daya nabati dan sumber daya hewani.

    a). Sumber Daya Nabati
    Tumbuhan termasuk sumber daya hayati yang menempati posisi sangat penting bagi manusia. Keperluan sumber daya nabati, misalnya untuk pangan, sandang, dan obat-obatan. Tumbuhan merupakan sumber daya yang dapat diperbarui karena dapat berproduksi dan berasimilasi, yang dapat diusahakan dalam bentuk pertanian, perkebunan, kehutanan, dan lain-lain.

    b). Sumber Daya hewani
    Hewan juga merupakan sumber daya yang penting bagi manusia. Sumber daya hewan dapat diperoleh dari usaha perikanan dan peternakan.

B. Sumber Daya Alam yang Tidak Dapat Diperbarui

Sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui apabila dipakai secara terus-menerus akan habis. Karena sifat produksinya dapat habis. Pengusahaan sumber daya alam itu sangat perlu memperhatikan waktu dan kondisi. Sekali barang-barang tambang itu diambil habis, akan habis pula persediaan tambang itu. Beberapa contoh barang tambang sebagai sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui dan proses batu bara sebagai sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui dan proses pembentukannya memerlukan waktu yang sangat lama (jutaan tahun) antara lain batu bara, minyak bumi, gas alam, timah, emas, perak, bauksit, besi, mika, nikel, mangan, dan intan.

Referensi: 
  • Kuswanto, dkk. 1997. IPS Geografi untuk Kelas 2 SLTP. Jakarta:Tiga Serangkai. 

Semoga penjelasan materi tentang Macam/Jenis dan Contoh Sumber Daya Alam di Indonesia bermanfaat untuk Anda. Bagi yang berminat dengan tulisan di atas, silahkan cantumkan email di kolom komentar. Janga lupa baca baca terms of service INIRUMAHPINTAR demi kebaikan bersama.

2 Responses to "Macam/Jenis dan Contoh Sumber Daya Alam di Indonesia"

Terimakasih atas kepatuhannya melakukan komentar yang sopan, tidak menyinggung S4R4 dan p0rnografi, serta tidak mengandung link aktif, sp4m, iklan n4rk0ba, senj4t4 ap1, promosi produk, dan hal-hal lainnya yang tidak terkait dengan postingan. Jika ada pelanggaran, maaf jika kami melakukan penghapusan sepihak. Terimakasih dan Salam blogger!