5 Manfaat Google Translate yang Tidak Disadari

INIRUMAHPINTAR - Siapa yang tidak mengenal Google Translate (https://translate.google.com). Bagi mereka yang sering menerjemahkan atau alih bahasa maka tool penerjemah berbasis online ini sangat sering dikunjungi. Lalu, apakah Google Translate hanya berfungsi untuk menerjemahkan dari satu bahasa ke bahasa lain? Ternyata tidak kawan, berdasarkan pengalaman saya sebagai pengguna Google Translate, ternyata ada 5 Manfaat Google Translate yang Tidak Disadari banyak orang. Dan jika kita lebih smart dan kreatif memanfaatkan salah satu fasilitas penerjemah otomatis dan tercepat dari Google tersebut, ada banyak keuntungan yang dapat kita peroleh. 

Dulu, waktu masih zaman jadul, ketika belajar Bahasa Inggris di sekolah, untuk menerjemahkan teks atau paragraf, kita hanya mengandalkan kamus terjemahan yang tebalnya minta ampun. Melihatnya ajah bikin nyesek! Lalu, seiring berjalannya waktu, muncullah translator elektronik mirip kalkulator. Walau belum bisa menerjemahkan satu kalimat/paragraf, keberadaannya dirasakan lebih efektif dibanding kamus yang berbentuk buku. Namun, tetap saja, masih terbatas. 

Lambat laun, peradaban manusia semakin meningkat. Teknologi-teknologi baru ditemukan termasuk kamus online dan software-software penerjemah. Saya tidak ingin menyebutkan semuanya karena saya yakin sobat-sobat pembaca pun sudah tahu (silahkan searching di om Google). Lagipula, saya hanya ingin fokus pada satu produk Google yang saya anggap mumpuni untuk hal "menerjemahkan" atau "alih bahasa", yaitu Google Translate

Terlepas dari banyaknya keluhan tentang kualitas terjemahan Google, misalnya susunan kalimat yang kurang tepat, pilihan kata yang tidak sesuai, hingga tata bahasa (grammar) yang seringkali masih acak-acakan, saya yakin belum ada yang bisa menyaingi performa Google Translate hingga saat ini jika dilihat secara keseluruhan. Mengapa demikian? Ternyata, tanpa kita sadari, ada banyak kemampuan yang dimiliki Google Translate diluar dugaan kita semua. Apakah Anda termasuk? 

Nah, untuk membuktikan apa betul Google Translate memiliki kemampuan mumpuni yang jarang disadari banyak orang? Coba amati dan perhatikan secara seksama 5 manfaat Google Translate yang terangkum di uraian berikut ini!

1. Google Translate mampu menerjemahkan Paragraf ke Sejumlah Bahasa

Jika hanya mengandalkan kamus biasa, baik itu kamus cetak, kamus offline (yang bisa diinstal di ponsel atau di laptop), atau kamus online biasa, maka kita hanya mampu menerjemahkan kata per kata. Padahal, di era yang serba mobile seperti sekarang, kita butuh fasilitas yang bisa menerjemahkan hingga banyak kata (beberapa paragraf). Nah, ternyata Google Translate mampu menerjemahkan paragraf hingga 5000 karakter. 

Hal tersebut tentu saja memudahkan kita melakukan alih bahasa. Hebatnya lagi, hasil terjemahan mencakup beragam bahasa populer di dunia, termasuk bahasa Inggris, bahasa Indonesia, Perancis, Jerman, Arab, Jepang, China, dsb. 

Caranya pun relatif sangat mudah. Paragraf yang tersimpan di Microsoft Word dapat di copy dan paste ke ruang terjemahan bahasa asal (terletak di sebelah kiri) di situs Google Translate. Lalu tentukan jenis bahasa tujuan. Lalu, klik terjemahkan (translate). Jika jaringan internet mendukung, maka tidak terlalu lama setelah itu, hasil terjemahan telah muncul di area sebelah kanan.


2. Memperkaya Informasi Kosakata, Sinonim dan Kelas Kata

Teks (kata) yang telah selesai diterjemahkan di Google Translate akan menampilkan beberapa informasi. Di bagian kiri bawah, Google Translate menyediakan contoh-contoh kalimat. Sedangkan di bagian kanan bawah, user  dimanjakan dengan informasi persamaan (sinonim) kata, lengkap dengan kelas katanya. Jadi, secara tidak langsung, user memperoleh ilmu tambahan. 

Selanjutnya, bagi user yang menerjemahkan paragraf, Google Translate memberikan opsi untuk mengganti kata-kata yang dianggap kurang sesuai/tepat pada tampilan terjemahan (di bahasa tujuan). Caranya, user meng-klik kalimat atau kata tersebut, lalu memilih terjemahan alternatif. Jika masih kurang memuaskan, user bahkan dapat berpartisipasi dengan menambahkan kata yang dianggap lebih tepat. 


3. Mengajarkan Pronunciation sesuai Penutur Asli

Setelah melakukan proses alih bahasa, pada umumnya user hanya melakukan copy paste dan meninggalkan Google Translate begitu cepat. Padahal, ada fasilitas yang sayang sekali jika diabaikan dan tidak dimanfaatkan. Dan jika aktivitas ini dijadikan kebiasaan, maka user memiliki kesempatan untuk menaikkan level kompetensinya dalam berbahasa asing.  

Dalam hal ini, Google Translate menyediakan fasilitas berupa "listen" atau "mendengarkan" kata, kalimat, atau paragraf hanya dengan meng-klik icon "speaker/audio" di bagian bawah box terjemahan.

Fasilitas ini sangat bermanfaat bagi mereka yang ingin berlatih mengucapkan kata-kata bahasa Asing dengan benar, sesuai kaidah dan style penutur asli (native speaker). Atau barangkali, ada adik-adik pelajar/mahasiswa yang memiliki tugas dari dosen untuk membaca teks berbahasa Asing (misalnya bahasa Inggris). Manfaatkanlah fasilitas ini! Dengarkan berulang-ulang bagaimana penutur asli membaca teks tersebut, lalu ikuti sampai benar-benar fasih. 

Begitu pun mereka yang sedang mengikuti lomba pidato bahasa Inggris, atau akan presentase di depan kelas menggunakan bahasa asing, silahkan input teks-teks pidato atau presentasenya di google Translate, lalu dengarkan bagaimana teks tersebut dituturkan sesuai karakteristik penutur asli. Coba renungkan! betapa mudahnya belajar mengucapkan kata demi kata bahasa Asing berkat kehadiran Google Translate. Dan semua bisa melakukannya, asal ada perangkat (laptop, ponsel, PC) dan jaringan internet!


4. Mengajarkan Membaca Teks Bahasa dengan Intonasi yang Baik

Sobat pembaca yang budiman, manfaat ke-4 dari Google Translate yang terkadang kita tidak sadari yaitu adanya kemampuan untuk membaca teks dengan intonasi yang baik, menyerupai pembaca berita atau presenter TV. Kalau tidak percaya atau belum pernah mencoba sama sekali, saya pikir tidak ada salahnya saat ini bukalah link Google Translate dan buktikan sendiri! Silahkan masukkan teks ber-bahasa Indonesia dan klik icon "audio"!

Jika kalian pernah mendengarkan video-video berita amatiran di YouTube dengan suara narator yang sedikit kaku, maka cobalah dengarkan baik-baik! Bandingkan dengan suara narator di Google Translate! Sama bukan? 

Meskipun saya pikir kegiatan merekam suara narator Google Translate lalu menjadikannya sebagai narator video berita di YouTube kurang profesional (entah itu diizinkan Google atau tidak), tidak sedikit yang memanfaatkan celah ini. Dan menurut saya pribadi, suara narator Google Translate sebaiknya cukup dijadikan sebagai permodelan. 

Terlepas dari hal tersebut, setidaknya sobat pembaca newbie dapat lebih tahu tentang manfaat Google Translate yang tidak pernah kita sadari. 

5. Menginspirasi Programmer dan Pengembang Aplikasi Terjemahan

Terakhir, keberadaan Google Translate dapat juga memberikan manfaat sampingan bagi mereka yang berprofesi sebagai programmer dan pengembang aplikasi. Ide-ide untuk membuat aplikasi serupa dengan fasilitas lebih baik terbuka lebar. Siapa tahu, kelak di masa depan, Google tertarik untuk membeli aplikasi tersebut dan memasangnya sebagai pengganti atau penyempurna Google Translate. Siapa tahu!

Apalagi bagi adik-adik pelajar atau mahasiswa yang sedang menimba ilmu di ilmu programming, silahkan terus berinovasi dan mengembangkan diri. Jadikan, aplikasi-aplikasi dan fitur-fitur canggih di internet, seperti Google Translate sebagai inspirasi dalam menghasilkan temuan-temuan baru yang bermanfaat bagi umat manusia. 

Jika berhasil mewujudkan ide tersebut, dan butuh valunteer untuk mengujicobanya, saya membuka diri dengan senang hati. Selamat berkarya!

0 Response to "5 Manfaat Google Translate yang Tidak Disadari"

Post a Comment

Terimakasih atas kepatuhannya melakukan komentar yang sopan, tidak menyinggung S4R4 dan p0rnografi, serta tidak mengandung link aktif, sp4m, iklan n4rk0ba, senj4t4 ap1, promosi produk, dan hal-hal lainnya yang tidak terkait dengan postingan. Jika ada pelanggaran, maaf jika kami melakukan penghapusan sepihak. Terimakasih dan Salam blogger!

Note: Only a member of this blog may post a comment.