Jadwal Pendaftaran Masuk Kampus Swasta di Makassar - INIRUMAHPINTAR.com

Jadwal Pendaftaran Masuk Kampus Swasta di Makassar

INIRUMAHPINTAR - Bagi adik-adik di kota Makassar, Sulawesi Selatan dan sekitarnya yang baru saja tamat di Sekolah Menengah Atas (SMA), Madrasah Aliyah (MA), atau di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) tahun 2016/2017, tentu saat ini sedang mencari-cari informasi tentang tempat kuliah. Sebagai pilihan pertama, kebanyakan adik-adik calon mahasiswa memilih kampus negeri. Sayangnya, tidak semua dapat lulus dan diterima di kampus tersebut. Pertama, selain karena kuota kampus negeri tidak sebanding dengan jumlah lulusan yang kian meningkat tiap tahun. Kedua, karena tidak lulus tes masuk. Ketiga, karena terlambat melakukan pendaftaran. 

Adik-adik yang kurang beruntung masuk kampus negeri baiknya tidak sampai kecewa dan putus asa. Hal itu dikarenakan, di kota Makassar dan di beberapa kota/kabupaten di Sulawesi Selatan telah memiliki sejumlah kampus-kampus swasta yang tidak kalah kualitas dan akreditasinya. Bahkan, tidak sedikit dari alumni kampus swasta yang lebih kompetitif dan lebih mudah memperoleh pekerjaan dibandingkan lulusan universitas negeri. Lagipula, tempat kuliah sangat relatif dalam menentukan masa depan seseorang. Di manapun Anda kuliah, jika tidak serius maka hasilnya pun tidak memuaskan. Jadi, mumpung masih ada kesempatan, silahkan perbanyak informasi tentang jadwal pendaftaran masuk di berbagai kampus swasta yang tersebar di kota Makassar dan kota-kota/kabupaten lain di Sulawesi Selatan. 

Untuk itu, melalui tulisan ini, saya berusaha mengumpulkan sejumlah informasi jadwal pendaftaran masuk sejumlah perguruan tinggi swasta populer di kota Makassar, Sulawesi Selatan. Silahkan catat baik-baik dan siapkan diri Anda untuk mendaftar di salah satunya. Jangan sia-siakan kesempatan emas ini dan pilihlah tempat kuliah yang cocok dengan cita-cita Anda. Berikut informasi selengkapnya:


1. Jadwal Pendaftaran Masuk Universitas Muhammadiyah Makassar (Unismuh) 2017

Berdasarkan informasi di situs resmi Unismuh Makassar, jadwal pendaftaran masuk untuk kategori umum yaitu 17 April sampai dengan 19 Agustus 2017 sedangkan untuk jalur undangan dan konversi yaitu 17 April hingga 16 Juli 2017. Tempat pendaftaran berlokasi di Kantor UPT-PMB Unismuh Makassar. Biaya pendaftaran untuk calon mahasiswa S1 yaitu 250 ribu rupiah (jurusan umum), kedokteran (750 ribu rupiah), dan untuk calon maba pascasarjana sebanyak 500 ribu rupiah. 

Bagi adik-adik yang berminat mendaftar di kampus ini, silahkan perhatikan syarat-syarat dan siapkan berkas-berkas di bawah ini!
  • Fotocopy Ijazah yang telah dilegalisir atau SKHU, serta Kartu Keluarga/KTP
  • Calon Maba yang  boleh mendaftar di Kedokteran hanya dari jurusan IPA SMA/MA
  • Usia ijazah 4 tahun (kecuali yang sudah bekerja) membawa Keterangan Kerja dari instansinya
  • Pas Foto 3x4=2 Lembar (pas foto resmi terbaru)
  • Membayar biaya pendaftaran Rp.750.000,- untuk Calon Maba Kedokteran, Non Kedokteran Rp.250.000,-, dan untuk Pascasarjana Rp.500.000,- (Bank Mitra Unismuh)
  • Bagi Jalur Undangan, membawa Rekomendasi dari PDM, PMW, Kepala Sekolah, dengan melampirkan fotocopy raport 3 semester terakhir (dilegalisisr) & bukti prestasi
 (sumber: pmb.unismuh.ac.id/)

Jika masih bingung dan butuh informasi lebih detail, jangan ragu-ragu untuk menghubungi Call Center PMB Unismuh Makassar di nomor 085 823 367 079 atau bertanya melalui layanan Email di: info@unismuh.ac.id. Begitupun dengan informasi adanya jadwal penerimaan gelombang ke-2 atau perubahan lain, silahkan konsultasikan dengan panitia penerimaan mahasiswa baru Universitas Muhammadiyah Makassar. 

2. Jadwal Pendaftaran Masuk Universitas Muslim Indonesia (UMI) 2017

Bagi adik-adik calon mahasiswa yang berkeinginan mendaftar di Universitas Muslim Indonesia, salah satu PTS terbaik di luar Jawa dan tertua di Sulawesi Selatan, silahkan mencatat jadwal pendaftaran berikut. Menurut situs resmi UMI Makassar, jadwal pendaftaran dimulai tanggal 3 April sampai dengan 18 Mei 2017. Tempat pendaftaran yaitu di Menara UMI Jl. Urip Sumoharjo KM. 5 Makassar. Jika kesulitan menemukan alamat tersebut atau ada hal-hal yang ingin ditanyakan silahkan menghubungi telp. 0411-455666 atau 445696. 

Sistem pendaftaran di kampus ini menggunakan sistem online. Jadi, silahkan adik-adik perhatikan langkah-langkah dan alur pendaftaran SPMB di UMI Makassar berikut ini:
  • Membuat akun SPMB online di situs http://penerimaan.umi.ac.id dan memperoleh nomor pendaftaran dan password
  • Login ke SPMB Online dengan memasukkan nomor pendaftaran dan password
  • Melengkapi formulir pendaftaran Online seperti Biodata, Pilihan Prodi, Unggah Foto, dan Berkas Ijazah.
  • Verifikasi berkas dengan menunjukkan ijazah asli atau SKHU ke Bagian Verifikasi Berkas.
  • Membayar biaya pendaftaran ke Bank BRI atau BMT Menara UMI Lt. I. Catatan: pembayaran di BRI harus melalui teller (berarti tidak dianjurkan melalui transfer online)
  • Mencetak Kartu Peserta Ujian. Batas waktu pengambilan kartu peserta ujian adalah 3 hari sebelum pelaksanaan ujian SPMB. 
  • Mengikuti ujian SPMB dengan membawa dan menunjukkan Kartu Peserta Ujian.
  • Pengumuman Hasil Ujian. Silahkan login ke SPMB Online dengan melihat hasil seleksi
(sumber resmi: spmb.umi.ac.id) 


Adapun jika ada perubahan jadwal pendaftaran masuk di kampus ini, silahkan dikonfirmasikan dengan panitia resmi penerimaan mahasiswa baru di kampus tersebut atau terus mengecek situs resminya di alamat www.umi.ac.id dan/atau spmb.umi.ac.id dan/atau penerimaan.umi.ac.id

3. Jadwal Pendaftaran Masuk Universitas Islam Makassar (UIM) 2017

Setelah mengecek situs resmi kampus UIM di alamat : http://pmb.uim-makassar.ac.id, ternyata belum ada informasi terbaru tentang jadwal pendaftaran masuk di kampus ini untuk tahun 2017/2018. Namun, jika ingin merujuk pada jadwal pendaftaran tahun lalu, sebagaimana tercantum di situs tersebut, jadwal pendaftaran berlangsung 3 gelombang. Gelombang pertama biasanya di bulan Mei, gelombang ke-2 di bulan Agustus, dan gelombang ke-3 di bulan September. Bagi yang berminat kuliah di kampus ini, silahkan mengirimkan berkas melalui pos (bagi calon maba di luar kota Makassar) atau membawa sendiri ke alamat Panitia Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) Universitas Islam Makassar: Biro Administrasi Akademik & Kemahasiswaan (BAAK), Jl. Perintis Kemerdekaan Km.9 No. 29 Makassar, atau menghubungi kontak resmi di nomor Telp : 0411-588167/590023. (sumber: http://pmb.uim-makassar.ac.id/)

4. Jadwal Pendaftaran Masuk Universitas Fajar (Unifa) Makassar 2017

Bagi yang berminat kuliah di Universitas swasta ini, silahkan catat jadwal pendaftaran masuk berikut ini. Menurut situs resmi UNIFA, diperoleh informasi bahwa jadwal pendaftaran dan penerimaan mahasiswa baru dimulai tanggal 2 mei sampai dengan 5 September 2017. Adapun untuk jalur prestasi dimulai tanggal 9 januari hingga 29 April 2017. Sistem pendaftaran di UNIFa dapat dilakukan offline atau online. Silahkan cek situs http://www.spmb.unifa.ac.id/ untuk melakukan e-registrasi. Untuk informasi selengkapnya silahkan hubungi nomor kontak UNIFA (0411) - 447508 atau langsung ke alamatnya di Jalan Prof. Dr. H. Abdurrahman Basalamah (Ex. Jalan Racing Center) No. 101. Atau boleh juga melakukan konsultasi melalui email info@unifa.ac.id. 

5. Jadwal Pendaftaran Masuk Universitas Bosowa (Unibos) 2017

Bagi yang tertarik mendaftar di kampus ini, silahkan catat baik-baik informasi pendaftaran berikut ini. Menurut situs resmi Unibos di alamat: https://universitasbosowa.ac.id/, penerimaan mahasiswa baru akan berlangsung mulai bulan Maret 2017 hingga Agustus 2017. Adapun tes gelombang I akan diadakan pada tanggal 29 dan 30 April 2017. Pengumuman resminya direncanakan tanggal 9 Mei 2017. Untuk informasi gelombang ke-2, silahkan update informasi Anda di situs resmi Unibos yang tertera di atas. 

Bagi yang butuh informasi lebih jelas, silahkan mendatangi alamat Unibos di Jalan Urip Sumoharjo Km.4, Kota Makassar, Sulawesi Selatan atau silahkan menghubungi nomor kontak 08114192787 (Ferdi), 081285089728 (Rara), 08513331188 (Nas). Jika kalian ingin gabung dengan fanpage Unibos di Facebook, silahkan search: Universitas Bosowa-Makassar. 

6. Jadwal Pendaftaran Masuk Universitas Muhammadiyah Parepare (Umpar) 2017

Bagi Anda yang tinggal di wilayah Parepare, Sidrap, Soppeng, Bone, Sengkang, Barru, Pinrang, Enrekang, Mamuju dan berminat kuliah di UMPAR, salah satu kampus swasta favorit di Sulawesi Selatan, silahkan catat informasi lengkap jadwal-jadwal penerimaan mahasiswa baru berikut ini.

PENDAFTARAN
Jalur Undangan   : 15 Februari - 01 April 2017
Jalur Tes Gel. I    : 03 April - 30 Juni 2017
Jalur Tes Gel. II  : 12 Juli - 19 Agustus 2017

SELEKSI
Jalur Tes Gel. I   : 05 Juli 2017
Jalur Tes Gel. II : 24 Agustus 2017
PENGUMUMAN LULUS
Jalur Undangan   : 06 April 2017
Jalur Tes Gel. I    : 11 Juli 2017
Jalur Tes Gel. II  : 29 Agustus 2017
PENDAFTARAN ULANG
Jalur Uandangan  : 07 – 15 April 2017
Jalur Tes Gel. I     : 12 - 22 Juli 2017
Jalur Tes Gel. II   : 04 - 09 September 2017 

Adapun jika masih ada hal-hal yang kurang jelas, silahkan datang langsung ke panitia penerimaan mahasiswa baru di kampus UMPAR, tepatnya di alamat  Jl. Jenderal Ahmad Yani Km 6 , Pare-Pare 91111, Sulawesi Selatan atau boleh juga menghubungi nomor Telepon: (0421) 22757-25524, Fax: (0421) 22757. Atau mengunjungi Website resmi penerimaan mahasiswa baru UMPAR di link: www.spmb-umpar.ac.id atau mengirimkan Email ke-umparpare@gmail.com

Tentu masih banyak universitas-universitas swasta lainnya yang belum sempat saya hadirkan di postingan ini. Jadi, adik-adik calon mahasiswa yang ingin mencari informasi pendaftaran lainnya, silahkan rajin searching di Google, atau boleh konsultasikan dengan saya di kolom komentar tulisan ini. Sebagai catatan penutup, saya tidak pernah berafiliasi dengan kampus manapun di atas. Niat saya hanya ingin membantu adik-adik pelajar menyediakan satu paket informasi pendaftaran dan penerimaan mahasiswa baru di kampus swasta terbaik dan populer di kota Makassar dan sekitarnya dalam satu halaman. Share dan like tulisan ini jika bermanfaat dan jangan lupa share ke teman-teman kalian di medsos agar lebih banyak yang memperoleh kebaikan atas informasi ini. Salam Mahasiswa!

No comments:

Post a Comment

Terimakasih atas kepatuhannya melakukan komentar yang sopan, tidak menyinggung S4R4 dan p0rnografi, serta tidak mengandung link aktif, sp4m, iklan n4rk0ba, senj4t4 ap1, promosi produk, dan hal-hal lainnya yang tidak terkait dengan postingan. Jika ada pelanggaran, maaf jika kami melakukan penghapusan sepihak. Terimakasih dan Salam blogger!